Category Archives: BANGUN RUMAH

proses bangun rumah Tebet

Kaca untuk Kamar Mandi dan Efisiensi Ruang

Kali ini mo coba kamar mandi dikasih kaca..sekat ruang mandi. Ternyata ditemukan potensi efisiensi ruang yang lumayan besar dengan penggunaan kaca. Efisiensi ruang kamar mandi bisa terjadi dengan penggunaan kaca untuk sekat area mandi. Biasanya denah kamar mandi ukuran nya 2 meter x 1,70 meter. Area shower mandi (area 90 cm x 1.70 cm), closet 60 cm x 80 cm  dan wastafel 45 cm x 50 cm plus minus ..kira kira termasuk area kerjanya.

Tetapi dengan penggunaan kaca plus pintu buka keluar..ternyata ukuran ruang bisa menyusut jadi cuma 1,50 m x 1,7 m saja..alias hemat 0,5 meter x 1,7 m. Buat rumah kecil rasanya signifikan nih. Nanti deh bisa dicoba kamar mandi ukuran kecil ini. Area mandi yang dihemat. Cukup ukuran 90 cm x 1 meter saja. Bandingkan sebelumnya area mandi ini 90 cm x 170 cm. Pintu bukaan keluar juga menghemat hampir 70 cm x 70 cm.

ini denah perbandingannya

kamar mandi kecil kamar mandi biasa
Continue reading

Advertisements

Memasang Wastafel dan Water Heater

Iseng iseng mo pasang wastafel rumah. Gak ada susahnya sama sekali..alat-alat yang diperlukan juga gak banyak. Jadi kalo wastafel sudah buram, diganti sendiri aja. Kali ini gw beli wastafel American Standard di Mitra 10 …dan dipasang di 4 kamar mandi !! Kali ini gak salah lagi..wastafel nya sudah dilengkapi jepitan. Waktu itu pernah beli TOTO dan lupa gak dikasih plat besi jepitannya..alhasil seharian nyoba pasang..susah banget..dan gagal. Akhirnya ke tukang las dulu..minta bikin plat besi bengkok..lalu dibor buat tempat dynabolt nya…

Paket dari wastafelnya (cuma 200 ribuan harganya nih..) selain wastafel ada paku fisher 6 ..plat besi 2 dengan 3 lubang. itu aja. Jadi perlu kita beli juga kran wastafel..gw beli Wasser aja..140 ribu kalo gak salah. alat alat kerjanya ini aja kok…

wastafel 1

Bor nya pakai mata 8. Gw pake mata bor Bosch aja..daripada pake yg abal abal.biar aja harganya 2-3 kali lipat tapi kerjanya lebih efisien..gak perlu sering sering ganti. Ah..kali ini gw pake waterpas..biar gak miring..sekalian buat penggaris. Plus spidol buat menggaris…
Continue reading

Kolam ikan bocor (lagi)- sembuh tuh…

Sudah dua minggu ini air kolam kurang banyak. tiap pagi harus ditambah kira kira 10 menit air keran. Kalo lupa..bunyi pompa kolamnya. karena level airnya dibawah ketinggian sedotnya. jadi lama kelamaan pasti rusak nih. Disamping itu air kolamnya juga sudah rendah banget..6 cm saja. jadi ikannya kesian juga..mana musim panas gini. Tadinya gw pikir penguapan..tapi sudah kelewatan nih. Dua minggu lalu kolam dibersihin..super semangat ngebersihinnya..jadi semua lumut disikat..ujung ujung kolam juga dikerok bersih. memang hasilnya oke banget..air kolam bening banget..tapi ikannya keliatan jadi bingung..saking bersihnya gak ada lagi makanan lumut dinding kolam. Jadi diduga karena dibersihkan super bersih inilah ..nat nati batu alamnya tergerus.

98

nah airnya keluar deh..merembes ..masuk tanah. ya pasti cepat habis deh airnya. Betulinnya harus segera nih. beli dulu deh cementaid..dulu pernah pake n sukses. Continue reading

Tangga Rumah Tingkat

Rumah dua lantai atau pakai dak di belakang perlu dibuatkan tangga. Estimasi besarnya ruang yang diperlukan dan standar tinggi anak tangga harus dihitung detail supaya enak dilihat, nyaman diinjak..dan tentu saja efisien ruangannya.

Tanggal besi melingkar..ini yg paling efisien ruangnya. cukup sediakan ukuran 1.5 x 1.5 meter..pasang tangganya. Gak terlalu nyaman tentunya.karena hanya satu arah yang bisa dipakai..gak bisa ketemu di tangga. Sempit yang jelas dan terjal. Harganya ekonomis sekitar, 1.5 – 2 jutaan. Enaknya dipesan waktu belum jadi rumahnya. kuatirnya gak bisa masuk pintu depan. jadi malah harus dirakit dan dipasang di dalam rumah. Jadi sebaiknya waktu lantai dak atas sudah jadi…segera pasang tangganya.

pusakasari.blogspot pusalasari.blogspot

Tangga beton lebih mantap, kokoh dan dibawahnya bisa dibuat rak atau gudang kecil, bahkan WC. Continue reading

Keramik motif batu alam- interlock

Dinding depan rumah..fasad begitu kadang disebut..biasanya kalau polos semua jadi monoton. Gw coba beberapa kali pakai jendela depan dikasih bingkai tebal 10-15 cm…lalu dicoba juga kombinasi dua warna..intinya sih supaya jangan monoton dinding depannya polos ..

01092013(005)

kali ini mau coba pakai aksen batu alam. Continue reading

Granit lantai- update harga

Hari sabtu dengan terpaksa tapi senang hati dijadwalkan ke jalan percetakan negara ato rawasari -orang bilang begitu- untuk beli granit dan keramik. Daftar belanja tentu perlu dicatat dan dihitung dulu di rumah..

Untuk lantai, hitung  .pake software saja Sweet home 3D..dari denah layout ruangan rumah…bisa dihitung langsung berapa meter persegi kebutuhan granit. Untuk plint lantai ..tinggal dihitung manual panjang temboknya…dapat panjang dalam meter..lalu dibagi 60cm (kan ukuran granit 60×60) ..lalu dapat deh total keping granit yg diperlukan. Gw  hitung denah rumah..perlu sekitar 50 keping. per keping nanti dipotong 6 ..masing masing 10 cm. Satu lagi untuk tangga. Hitung berapa anak tangga yang ada..umumnya 17.  Injak anak tangga itu biasanya 30 cm..tinggi antar anak tangga 20 cm. lebar anak tangganya kalo rumah kecil 90 cm, kalo besar bisa 100 cm. Dengan granit  ukurang 60×60 maka harus dipotong ukuran 30×60 dan 30×30 lalu (tinggi tangga) 20×60 dan 20×30..semua 17 set. gampang aja kan… Continue reading

Call 123 – pasang sambungan listrik baru

Aslinya itu rumah sudah ada sambungan listrik. Model lama, daya 2,200 watt dan pakai langganan. Karena rumahnya dibongkar habis dan dibuat jadi dua rumah, nah yang satu lagi perlu sambungan listrik baru. Tahun lalu di Pamulang sambung listrik baru juga, untuk 3 rumah. Tinggal telfon aja 123. Direspons lumayan cepat. Di Pamulang sekitar 3 minggu, lalu yang berikutnya 2 minggu. Kali ini di Jakarta luar biasa…3 hari direspons dan terpasang.

Call 123 nya PLN ada menu pasang baru. Siapin aja KTP, sama pulpen buat nulis kode. KTP diperluin nanti ditanya nomor KTP nya. Sesudah operatornya minta banyak informasi, termasuk RT/RW Kelurahan Kecamatan alamat yang kita mau pasang listriknya, dia juga minta disiapin copy IMB di lokasi. Padahal kenyataannya gak pernah tuh diminta petugasnya- baik di Pamulang dan di Jakarta. Continue reading

Renovasi Rumah….budgetnya gawat !!

Renovasi rumah sulit diduga biayanya. Semakin banyak renovasinya..semakin sulit juga diduga berapa besar biaya yang akan meleset dari perkiraan. Kali ini renovasi atap dan plafon. Rumah orang tua gw atapnya keliatan miring..dan bocor terus. Dilihat dari luar kayaknya rangka atapnya masih kayu dan dimakan rayap. Bocorlah jadinya karena gentengnya tidak simetris lagi…kena rangka plafon. kayu juga. ya sudah..rangka plafon juga dimakan rayap. miring disana sini.

Ya sudah direnovasi saja..atap diganti dengan rangka baja ringan..lalu gentengnya diganti dengan genteng metal berpasir yang kualitas baik (lebih tebal milimeter metalnya). Plafonnya diganti dengan hollow yang furing (putih) plus gypsum jayaboard dan profil sederhana yg 5 cm.

Dihitung-hitung dari luasan meter plafon..hanya sekitar 100 meter persegi. ..lalu atap kira kira 200 meter (termasuk lengkungan) dan gentengnya. Panggil deh Ari, tukang baja ringan dan plafon..untuk hitung berapa estimasinya..dia bilang sekitar 64 jutaan. Baiklah..estimasi awalnya nih, pak Mat cs tugasnya bongkar atap dan plafon saja…lalu meratakan tembok untuk dudukan baja ringan nya..ah paling juga 3 minggu selesai..plus material sedikit. Jadilah estimasi biaya total sekitar 85 juta. Hitungannya atap, plafon terpasang 64 juta atap, plafon,profil..terima jadi. 20 juta untuk upah dan bahan-bahan sedikit.

Begitu dilaksanakan..ternyata melenting jauh budget nya plus waktu juga. Singkatnya estimasi 3 minggu selesai ternyata jadi 2.5 bulan..dikerjakan 5 orang. Realisasi anggarannya jadi 135 juta !! Bener tuh orang bilang kalo renovasi pasti jadi mahal. Logikanya begini. Untuk bikin dinding saja, kalau bangun baru ..ya tinggal dibikin dindingnya. Kalau renovasi, pertama dinding lama harus dibongkar, butuh waktu buang puingnya. baru bikin dinding baru. Jadi selalu ada step tambahan yang makan waktu. Kali ini kejadian bener..budget atap dan plafon sih on track. yang lain lain tidak pernah diantisipasi apalagi dianggarkan.

Kira kira beberapa item yang perlu diperhatikan kalo renovasi dan ini yg membuat budgetnya melenting.

1. Rencana awal, tembok juga tidak perlu dicat. toh cuma bongkar kering dan pasang atap. Kenyataannya nih, tembok dicat semua. Karena kotor kena bekas bekas semen. Lalu sebelum dicat perlu dikerok lapisannya karena sudah terlalu tebal. Sesudah dikerok perlu diamplas supaya halus. Dan untuk bagian bagian yang lembab perlu dikasih cat alkali dulu. Nah semua ini sama sekali tidak diantisipasi. Menghabiskan kira kira 5 pail cat tembok warna dan 2.5 pail cat putih untuk plafon. Jadi moral ceritanya, kalo bongkar atap, sangat tidak mungkin tembok lama dipelihara.

2. Lantai tidak dibongkar sama sekali. Supaya tidak rusak keramiknya, beli terpal biru ..lalu lantai ditutup. Jadi kalau puing jatuh gak baret baret. Eh..rupaya karena atap lama sudah dibuka, matahari langsung masuk..panas gitu, tiba tiba kena hujan pula..akhirnya popping alias keramiknya naik. Waduh, kalo ganti semua bakal repot nih..terpaksa deh yang popping aja diganti keramik sejenis. Mirip mirip aja. karena gak mungkin cari yg sama setelah 10 tahunan diproduksi. Jadi hati hati kalau atap dibuka. bisa jadi keramik malah bangun kena panas langsung kali ya. alhasil, keramiknya belang sekitar 4 meter persegi. tambal sulam.

3. Waktu bongkar plafon, terlihat saluran air dari pompa air ke tanki air di belakang. lalu dari belakang mengalir berdasar gravitasi. wah..pantesan water heaternya gak ok. Jadi pipa pralon diganti yg ukuran 3/4 dulu. naik tangkinya gak usah tinggi..ditaruh saja dalam plafon, lalu dialirkan kebawah, disini ada pompa dorong yg 125 watt otomatic pakai tabung. Langsung deh airnya deras..dan keluar semua residu alias kotoran yang mengendap di water heater, ujung kran dll. Ada saluran air PAM rupanya. ya sudah dibuat kurang lebih sama. Saluran PAM masuk juga ke pompa dorong, dari sana didistribusikan ke banyak tempat. Ini juga gak diantisipasi didepan.

4. Plafon dibuka, keliatan juga kabel kabelnya. Tanggung deh, ya sudah panggil Japar minta dia ganti semua kabel rumah..biar aman. Beli kira kira 7 rol kabel 3 ukuran. Eterna aja yang standar. Lapor deh Japar..boss, stop kontak dan saklar juga perlu diganti lah..dah kekuning kuningan..iya ya, tanggung deh. ganti semua saklar dan stop kontak, plus beli downlight untuk lampu-lampu. Sekali lagi, ini gak diantisipasi. padahal Japar sendiri dibayar dah 3 jutaan..lalu alat alat listriknya..kira kira abis 3 juta juga.

5. Plafon lama dianggap terlalu rendah, jadi diputuskan untuk menaikkan tembok 30 cm supaya plafon bisa dinaikkan 30 cm juga. Alhasil ini yg makan waktu lama..pertama harus dibuat tembok tambahan. diplaster. tembok yang lama diaci atasnya 30 cm..lalu didempul supaya batas acian lama dengan baru tidak berbekas. Ini sendiri mungkin sudah makan waktu 1 minggu lebih ya.

6. pernik pernik seperti kran, slang water heater, shower dll..sekalian diganti juga deh.

Jadi memang benar renovasi itu banyak bahaya nya karena kita tidak tau pasti kondisi bangunan lamanya. Lalu ada keinginan untuk memperbaiki yang ada dengan yang lebih baik agar lebih aman, lebih awet. jadilah penggantian ini itu yang tadinya tidak direncanakan. Termasuk bahkan sampai ngecat ulang pagar rumah, cat dinding batu supaya lebih bersih…cat ulang kusen jendela dan plitur ulang pintu pintu karena kotor kena bekas bekas semen.

Selamat merenovasi dan tentu saja, hati hati estimasi budgetnya.

 

pondok jaya11 pondok jaya10 pondok jaya9 pondok jaya8 pondok jaya7 pondok jaya5 pondok jaya4 pondok jaya3 pondok jaya2 pondok jaya 6 pondok jaya 1

 

 

 

memilih cat tembok

Cat tembok yang gw pakai selama ini terbatas hanya beberapa merk aja. Pertama pernah pakai Dulux Pentalite dan Dulux wheather shield-exterior. Lalu pakai Catylac – interior dan exterior dan terakhir pakai Property -interior saja. Beberapa tahun lalu pernah pakai Vinilex juga tapi sekarang rada jarang ditemui di outlet-outlet jakarta.

Hampir semua merk menawarkan dua jenis kemasan. Pertama yang dibrosur sudah ada warna dan kemasan galon (4 liter) atau pail (20 liter) disebut kemasan jadi. Jadi tinggal tunjuk nama warna, langsung bayar dan pulang. Enaknya kalo kurang tinggal cari toko cat apa saja, sebut aja merk dan nama warnanya. Kedua, yang pakai kartu warna dan dioplos alias tinting…jadi gradasi nya banyak banget..tiap warna beda nama. Enaknya kalo mo warna yg khusus..dan pengin pas banget, bisa dilayani disini. Umumnya di toko bangunan besar. Kalo di Mitra 10 ato Depo bisa beberapa merk sekaligus. Dulux dan Catylac satu pabrik. Sekarang di toko bahan bangunan yang ramai di pemukiman juga ada mesin campurnya.

Cat oplosan begini repotnya, kalo kurang harus bawa struk kode warna tadi. Enaknya kalo beli foto dulu kode warnanya. jadi kalo kurang tinggal tunjukin aja code tadi. Pengalaman sih biar sudah pas kode warnanya, untuk warna gelap tetap aja rada beda kalau beda waktu belinya atau beda toko. Jadi mendingan beli lebih ..daripada kurang dan belang nantinya. Gak banyak bener sih bedanya..tapi kalo warna tua pasti bedanya keliatan.

Harga tinting dan kemasan jadi hampir gak beda. Untuk yg oplosan ato tinting, kalo warna tua lebih mahal..mereka bilang pake base color A,B begitu..yg base color gelap lebih mahal. Mereka stock base color aja..di mesinnya tinggal ditambah pigmen cat warnanya..computerized. Lalu digoyang goyang pake mesin untuk mencampur. Segitu aja..serba mesin dan computerized. Fasilitas oplosan ato tinting juga bisa untuk satu galon..apalagi untuk pail.

Yang ideal sih, aplikasi cat ke tembok baru, mulus, kering dan siap dicat. Pakai dulu cat primer, kalo Dulux berwarna primernya bening. Ini alkali resistant. Sederhananya bisa mengurangi kalo tembok lembab hingga 30% kata labelnya. Yang penting juga bisa bikin cat lebih senyawa. Sayangnya jarang dipakai..primernya kebanyakan cat warna langsung aja diaplikasi selapis demi selapis.

Penggunaan dempul ato wall filler ato Plamir gak pernah sama sekali untuk tembok baru.Kecuali aplikasi ke tembok lama/bekas. Ini teknologi lama kata tukang tukang..ngerepotin karena Plamir cuma ada warna putih, jadi lapisan cat warna harus kerja keras berlapis lapis supaya warna plamir tidak berbayang, apalagi untuk warna muda. Plamir yg jelek malah bikin warna menguning..

Tukang gw pernah pakai cat murah Qluc kalo gak salah. Dia campur catnya dengan lem Fox yang putih. Dia bilang supaya lebih lekat cat nya. tapi logikanya kalo catnya kena air atau basah gawat tuh..lem nya bisa cair ato meleleh ya. Selanjutnya gak pernah lagi gw pake plamir dan campuran lem Fox.

Tembok bekas yang sudah berwarna tua mau dicat ganti warna yang lebih muda. Ini yg paling ngerepotin. Jangan berharap bisa mulus dan halus. Biar sudah dikerok habis…pakai air dulu dibasahin lalu di kerok pake kape, tetap aja gak bisa mulus. Dah gitu prosesnya lama banget. . Amplas aja dulu pakai amplas 100 – kasar banget. baru dicoba aplikasikan langsung ke cat lama. Bila ternyata hasilnya  brutusan ato benjol benjol, artinya cat lama harus dikerok.  Kalo ngga ada apa apa ..ya terusin aja.

Cara lain, lapis dulu dengan cat putih..anggap aja itu primer..baru dicat warna. Yang jelas sih tembok lama dengan warna muda diganti ke warna gelap jauh lebih mudah dibanding sebaliknya. Apalagi kalo temboknya sudah pernah dicat berkali kali..alias catnya sudah tebal. alamat harus dikerok dulu.

Cat tembok catylac Cat tembok catylac ext cat tembok property cat tembok dulux pentalite cat tembok luar no drop cat tembok aquaproof

Jadi pakai cat apa yang bagus dan murah? itu sering banget gw denger ditanya ke penjaga toko. Dia sih kasih yg lagi komisi besar ato lagi agresif pemasarannya. Padahal dia gak pernah ngecat tuh..tapi banyak banget yg percaya.

Pengalaman selama ini, cat exterior pasti lebih mahal dibanding interior bisa 30-40%. karena cat exterior didisain untuk tahan paparan matahari dan hujan. Kalo interior dipakai exterior bisa?  ya jelas bisa aja, tapi pasti cepat pudar warnanya..belum lagi bisa ngelotok..karena udara luar lebih kejam dibanding dalam ruangan.

Cat harga mahal dengan yang murah itu sebenarnya bedanya apa yang paling signifikan?

Pertama menurut tukang… cat itu semakin mahal semakin enak ngecatnya. apalagi kalo tembok atau plafon baru. Jadi cat tembok sekelas Jotun,Mowilex, Dulux memang lebih mudah ditangani. Misalnya untuk ngecat plafon baru…dengan Dulux interior putih dua kali lapis aja dah putih bersih. Lah kalo Catylac..sudah pakai yg paling putih pun setidaknya 4 kali lapis..Property sama juga..bahkan kadang lebih. Supaya lebih cepat tertutup warna, tukang nya gak sabar..dipakai lebih kental cat nya. Semakin banyak lapisannya semakin banyak juga tenaga dan waktu yg dibutuhkan. Tembok juga begitu. Cat mahal cepat tutupannya..termasuk kalau ganti warna. Hasilnya cepat kelihatan rata, apalagi kalau warna warna-warna gelap. Mantap terlihatnya.

Kedua, ketahanan warna setelah beberapa tahun. Cat yang mahal itu bisa stabil warnanya. sewaktu baru dicat gak ngejreng banget..tapi sesudah 3-4 tahun masih gitu aja. cat yang rada murah, waktu baru menyala banget, terlihat bersih cemerlang..tapi cepat suram sesudahnya. Apalagi kalo warna warna gelap..beda ini makin jelas. Untuk bidang yang diluar rumah kalau pakai cat interior mirip begini kasusnya. awalnya saja bagus..sesudahnya suram.

Ketiga, koleksi warna. Gw pakai dulux warna Frost. PAda kesempatan lain, budget terbatas..jadi cari yang lebih murah. Kartu warna dulux  gw cocokkan dengan kartu warna catylac..cari  yg paling mirip dan beli yg catylac aja..yg cocok waktu itu namanya white swan. Jadi penampakannya gak beda jauh…

Kesempatan lain lagi…karena catylac naik  harganya menjadi sekitar 480 ribu satu pail, padahal budget cuma 400 ribu per pail..gw coba cat Property. Caranya sama..kartu warna dulux dicocokkan ke kartu warna Property. Semakin sulit cari yg lebih pas..Koleksi warna Dulux dibandingkan sama Catylac..lebih sedikit Catylac..bisa hanya 50%nya ..ke Property..lebih sedikit lagi..jadi jelas aja makin susah cari yang pas.

Nah jadi cat mana yang bagus? Tergantung kebutuhan dan kemampuan. Yang jelas gak ada cat yang super mengalahkan semua..Rumusnya sih sederhana aja…kualitas baik harga baik. Untuk mencat rumah baru 2 lantai penuh. Untuk semua plafon perlu sekitar 3 pail cat putih. Lalu sekitar  5 pail lagi untuk temboknya. Lah kalau untuk ganti cat kamar saja..paling perlu 2 galon. Apalagi untuk bikin aksen saja di salah satu bidang tembok. Paling perlu satu galon..dan cat tinting ato oplosan yang pas karena kaya warna.

Dulux exterior sudah 1.7 Juta per pail, interior pentalite 1 juta lebih dikit, catylac 500 ribu, propery 400 ribuan. untuk aquaproof ato no drop sekitar 700 ribuan. Silakan dihitung keperluan dan kemampuan….

Dinding luar yang kena hujan sebaiknya pakai aquaproof atau no drop atau merk lain. Manjur dan pilihan warnanya sudah banyak. Kalau perlu hanya sedikit..hitungan galon begitu..mungkin pakai cat yang bagus gak rugi juga. apalagi untuk kamar tidur, dapur..ruang ruang yg tiap hari kita lihat…

Kalo mo coba seperti apa tembok kita kalo warna diganti..ada apps nya dulux..namanya Dulux visualizer ..donlot gratis di play store. Salah satu fasilitasnya…arahkan hape berkamera ke ruangan..tinggal pilih warna ini dan itu..lalu keliatan kira kira itu ruang jadinya dengan warna baru. Gak sesuai? tinggal ganti warna aja..sentuh aja warna lain..eksperimen di hape sangat membantu.

IMB online: ngurus di kecamatan (1)

Ngurus IMB di kecamatan DKI sekarang sudah harus online. Tetapi tahapan awal masih sama.

Pertama, dapatkan dulu yang namanya KRK alias Ketetapan Rencana Kota. KRK ini selembar kertas yang menyatakan tanah kita boleh atau tidak dibangun sebagaimana kita mohon. gw mohon untuk dibangun sebagai rumah tinggal. KRK sendiri bikinnya ada tahapan nya juga…meskipun lebih mudah. Datang aja ke counter pelayanan di kantor kecamatan..bawa (1) copy sertifikat, (2) pbb dan bukti bayar (3) copy KTP…dan isi formulir. Isi no hp yang bisa dihubungi..karena proses selanjutnya adalah ukur tanah kita. Mereka akan call hp ..biasanya mendadak, pagi call mo ngukur siang ini…he.he.he..jadi pastikan juga ada orang di lokasi. Ngukurnya rada serius..perlu masuk ke dalam lokasi untuk ukur lebar dan panjang tanah…

Biaya gak ada di counter..nanti ditelfon tukang ukur..sekitar 2-3 hari.  gw sih kasih ganti bensin mereka..dateng berdua..siang siang panas…rela 10000% gw. jangan lupa minta no hp tukang ukurnya.

dah gitu tunggu lagi…proses 2 minggu janjinya…yang ada dah 2 minggu gak ada kabar. Gw telfon aja tukang ukur yg waktu itu. Eh disampaikan ke temannya..dan 5 menit kemudian temannya telfon..sudah jadi !! ajaib deh..untung aja gw minta telp tukang ukurnya..kalo nggak kan terpaksa harus ke kecamatan lagi ya..untuk nanya aja.

Besoknya gw ambil..bukan di counter umum tapi langsung ke ruangan bagian Tata Ruang kantor kecamatan. disana diberi wejangan..kalo tanah gw hampir gak diijinkan..(kenapa ya? perasaan gw sih baik baik aja..semua syarat dipenuhi..) untung aja boss nya baik..he.he.he..coba kalo kayak ini pak ..dia kasih liat KRK yang isi nya DITOLAK..gw sih segera bilang terima kasih pak sudah membantu..pesan sudah dimengerti dan diterima dengan baik…untung gw dah bawa duit di amplop. diserahkan KRK nya..gw serahkan amplopnya…rela juga..tapi kenapa harus mengirim pesan yak..he.he.he…

Jadi bikin KRK itu seharusnya gratis, makan waktu 2-3 minggu aja. syarat mudah..tapi kalo gak sertifikat petugasnya bilang gak dikasih ngurus IMB. Dua tahun lalu SK dari kepala BPN sudah bisa buat ngurus imb….sekarang tidak bisa lagi. harus sertifikat HGB ato HM.

Kedua, urus imb online.

syarat dan tata cara bisa diliat di link ini :

http://dppb.jakarta.go.id/beranda/files/Panduan%20Pengguna%20IMB%20Online.pdf

lengkap, step by step dan sangat jelas buat gw. Pas buka aplikasinya..wedeh..inggris semua istilahnya..pake Oracle business process segala…rada gak jelas sih stepnya..dan gak user friendly.  tentu kita harus daftar jadi user dulu…kalo dah daftar baru bisa daftar imb online nya. tengah malam juga uploadnya gak masalah. secara umum websitenya lancar..hanya gak jelas aja di dalam kita suruh ngapain abis itu gimana..intinya mo upload dokumen dokumen yang disyaratkan..

Gambar rumah versi IMB..nah ini yg selalu problem. Gw sih call aja tukang gambar yg dulu..kasih KRK nya..lalu dia gambarin. Supaya gak beda jauh, gw kasih juga gambar arsitek untuk rumah gw..jadi dia yg sesuaikan dengan peraturan KRK dan kebiasaan yang berlaku. Terutama untuk koefisien yg boleh dibangun..cuma 60%..lalu jarak dari jalan…gak boleh terlalu maju. ada batasnya tuh. Gambar skrg harus format digital..jadi autocad plus dikasih pdf juga. Tukang gambarnya bilang sekarang harganya naik..he.he..tahun lalu masih 800 ribu ..sekarang 1.5 Juta. ya sudahlah..yg penting jadi dan memenuhi syarat.

setelah upload..besoknya dapat notifikasi di e-mail..kalo dokumen gak lengkap. Kurang dokumennya. Yang kurang dokumen Surat Permohonan IMB lalu Surat Pernyataaan Tidak Sengketa nya tidak standar…harus ikut format mereka. Masalahnya di web itu gak tersedia ini formulir..ada contoh tapi dah diisi..masa harus nyalin lagi ya?

Browsing dikit..ada ternyata di website dinas nya:

http://dppb.jakarta.go.id/beranda/semua-download.html

Ya sudah..tinggal diisi..scan..lalu upload lagi. Sudah canggih sih mekanisme kerjanya..keliatan di log nya..siapa yang meriksa dokumen..lalu komentarnya apa..dan otomatis diimel ke kita…sudah gw upload perbaikan yg diminta..dan sekarang tinggal menunggu…berapa lama realisasinya dari janji yg kurang dari satu bulan itu…semoga lancar.

krk nomor 6

KRK dari tata ruang