Bangun Rumah 2018-lanjut…

Atap dan plafon

Sesudah dicor..lanjut lagi dengan pasang tembok untuk lantai 2. sudah selesai semua..termasuk perapihan balok cor atas..harus pasang atap..dan biasanya sekalian tukang plafon…untung masih ada no hp nya Ari yg dulu pasang atap dan plafon di pamulang. tinggal diWA gambarnya..dan minta dia dateng untuk estimasi bentuk atapnya..soalnya  gambar dari Hery arsitek bentuk atapnya limas..Kelihatannya bakal sulit tuh..lebih mahal ..karena sekeliling rumah harus dicor buat talang air…jadilah dibuat model biasa..pelana. dengan anak di sebelah kiri..biar rada bagus. kalo dibilang megah..iya lah..model limas lebih megah rumahnya. tapi kalo model simpel..ya pelana ini..gak ribet.

Gentengnya kalo dulu pakai flat Excel Monier..harganya kira kira 11 ribu/keping..semeter persegi atap perlu 10 keping..lalu rangka baja ringannya..plus biaya angkut..dan biaya pasang genteng..juga genteng karpus dan verde..plus terakhir biaya untuk genteng ke atas..ditambah lagi biaya pasang karpus..itu bagian atas atap ..yg menyudut. bagian samping dari atap pelana perlu Verde..itu genteng yang nutupin lisplang supaya rapih dan tidak rusak lisplangnya kalo hujan…..itu semua habis 25 juta. ya ada kenaikan sedikit lah..kalo dibongkar bongkar bon yang dulu..Ari biasanya kasih 25 juta itu sudah genteng excel..monier..kali ini genteng flat Cisangkan ..tetap bagus sih..Cisangkan ini harganya 9 ribu per keping.. ini dia model atap pelana bertingkat dengan verde di sepanjang kiri atap.

Atap selesai dipasang..langsung deh selametan. Pesan tumpeng..jajan pasar plus nasi kotak. buat tukang gw..plus tukangnya ari yg pasang atap..pokoknya makan besar..dalam rangka selesai pasang atap.

Plafon itu masih sama..pakai rangka meni hijau..ini yg paling murah. kalo buat rumah sendiri harusnya pakai yang galvanis aja..yg furing alias warna perak putih. tapi gypsum nya pakai ya jayaboard..ini kelas baik..pernah dulu pakai A-plus untuk lebih murah 5 ribu..tapi ngga deh. semeter pasang plafon sekarang 75 ribu..terpasang..sudah dikompon ato sudah didempul sambungannya….plus tambahan profil untuk pinggirannya..pilih yg kecil aja 5 cm..untuk semua ruangan. totalnya habis 13.678.000 untuk plafon dan profil. Tinggal dicat putih aja..kalau untuk cat plafon pernah pakai dulux untuk plafon..lalu juga pernah catylac super putih..rasanya sama aja ya..sama putihnya..sama oke nya.

Plester dan cat dinding

Mulai deh plester dinding..pengalaman sebelumnya..selalu retak retak sesudah diaci. Tukangnya bilang selalu pasir kurang bagus… banyak lumpur..jadi kalo diplester sih oke aja .pas diaci..baru problem. Kadang bunyi aciannya malam malam..retak gitu. muai susut gak tahan. Analisa gw sih adukannya kurang ‘matang’..maklum manual kan aduk nya..jadi asal keliatan sudah rata..ya sudah diantar. Eksperimen baru..beli deh molen kapasitas setengah zak semen..yg listrik. biar gak berisik..dan molen ini cuma buat aduk plesteran aja…supaya lebih mateng. Di Buka lapak ada yg jual 4 juta..baru.. terima di lokasi. oke..dicoba..ini dia molennya.

Belakangan terbukti eksperimen gw berhasil…gak retak lagi temboknya sesudah diplester dan diaci..ada sih sedikit banget..retak rambut..ini gak perlu ditutup filler ato plamir…tinggal dicat tembok aja….selesai sudah. gak ada lagi tuh malam malam bunyi retak…

Cat dindingnya tadinya seperti biasa mau pakai dulux. tapi kok ya konyol banget rasanya hari itu..ke depo bangunan kalimalang..dulux warna apa aja yg dipilih..yang base A..sedang kosong..dah gitu penuh banget..antrian panjang. ya sudah deh..coba mowilex kali ini…antrian pendek..dan harganya malah sedikit lebih mahal dibanding dulux pentalite…untuk interior ya..kalau exterior..yg weathershields ..ya seperti biasa..satu pail 20 liter itu bisa beda 800 ribu. untuk interior satu pail 1.200.000..sesudah discount..satu rumah itu perlu 4 pail interior dan 1 pail exterior plus 1 pail untuk plafon. Mowilex bagus juga tutupannya..artinya kalo 2 kali roll aja dah kelihatan warnanya ..jadi gak musti 4-5 kali bolak balik..ngabisin waktu dan malah boros kan cat nya. ini bedanya dengan cat yg harganya lebih murah..catylac misalnya..ini memang grade nya dibawah dulux..harganya setengah harganya dulux. Bakal terlihat waktu diaplikasi  perlu bolak balik roll nya.

Untuk fasad depan..supaya ada aksennya mo dikasih interlock keramik roman..tapi kalau dilihat bakal ribet karena dari area 2×6 meter..ternyata kan ada jendela-kaca mati.. dengan lebar 50 centimeter..di tengah posisinya. jadi kalau interlock nya roman itu ukurannya 60 cm panjang..bakal repot motong kiri kanan. Jadi kali ini pakai interlock nya Centro aja..lebih kecil ukurannya 45 cm..jadi gak motong banyak. perlu 12 kotak..sekalian untuk dinding pagar.

Kusen Pintu Jendela-kayu

Dari awal sudah pikir bagusnya pakai kusen alumunium kayaknya ya..tapi blum sempat dapet hitungannya…tukang kusen yg biasa juga sudah tanya ada order gak pak..he..he..he..ya sudahlah pakai aja kusen kayu. dia bilang kusen yg ukuran besar aja..biar kelihatan kekar rumahnya. Biasanya dikasih kusen yg nantinya sesudah dinding diplester luar dalam..jadi rata dengan kusennya. 6×15 kalo gak salah ukurannya..Soalnya pernah juga pakai kusen yang lebih kurus..karena dindingnya pakai hebel yang 7 centimeter..jadi kusennya menonjol dibanding dinding dan plesteran luar dalam nya. Serumah kusen pintu jendela..termasuk daun pintu-teakwood aja.. daun jendela..sama pintu depan panel..ditagihkan 23 juta. kayaknya ada kenaikan harga kayu nih..biasanya sekitar 21 juta aja se rumah.

Treatmentnya untuk kusen dari kayu ini panjang…dan makan waktu. pertama sesudah kusen terpasang..harus ada tukang khusus yang pasang pintu dan jendela..ini gak semua tukang kayu bisa. jadi untuk pemasangannya sendiri terpaksa impor tukang nih..ngebon 2 minggu ..2 orang dari jaringan tukang pak Mat..upahnya juga spesial..gak kayak tukang biasa..kalo mo borongan bisa aja..pintu 200 ribu..jendela 100 ribu per buah..kira kira itu borongan untuk pasang pintu dan jendelanya pakai engsel..dah gitu pasang handel pintu..pasang hak angin..itu ganjelan supaya tetap terbuka dan angin bisa masuk..lalu pasang grendel pengaman. se rumah kemarin kira kira  10 hari 2 orang yang kerjain ..dan gw sih pakai upah harian aja  lah..kalo borongan takut malah habis waktu untuk periksa hasil kerjanya ya…

Handle pintunya pakai Dekson..ini beli di depo bangunan aja. Nah kalo engsel,hak angin, grendel..beli online aja..dari buka lapak..pakai grab instan..langsung sampai tuh. kalo milih engsel,hak angin,grendel di Buka lapak..hukum nya sama..ada harga ada rupa.

Dah kepasang semua pintu jendela ..berikutnya finishing. Ini juga repot. Diamplas dulu..bersih bersih dari bekas semen,dihalusin…dah gitu dikasih dulu filler alias dempul untuk yang bolong bekas paku ato serat yang besar..dah gitu kasih wood stain..supaya warna kayunya jadi agak standar..ato agak sama..baru deh pakai plitur..gw pakai plitur yang sudah jadi aja..namanya Lasur. Habis itu kasih clear coat yang semi gloss..jadi ada yg glossy,lalu doff dan ada yang ditengahnya..semi gloss. ini supaya kayunya kelihatan natural. Semua pakai kuas dan lap kain..kain majun. Kali ini kayunya agak bagus..jadi treatment politur ini pas lah.

Kalo jelek kayunya..serat besar misalnya ato tidak halus dan rata..mungkin lebih baik dicat aja..cat duco lebih bagus..disemprot gitu. kalo ngga ada..cat kuas juga bisa..warna putih lebih bagus untuk cat..sekarang bahkan ada yang putih doff.

Lantai dan keramik

Mungkin hanya ‘granit’ ini yg harganya lebih murah dari tahun ke tahun. Untuk lantai rumah kali ini pakai granit merk KIA..yang ternyata diimpor juga dari China…78 ribu per meter. Biasanya paling murah granit ini tahun lalu masih di 92 ribu… Beli di depo bangunan yang di serpong-alam sutera..Rasanya kalo buat cari keramik ato granit  lantai tempat ini boleh lah.. recommended. Rasanya oke banget ini granit..karena dapat yg  warna krem polos ..tanpa motif apapun. Buat rumah kecil pas banget. Kalo ada motif kayak asap ato motif lain malah jadi penuh rasanya lantainya.

Karena 2 kamar mandi ukurannya kecil..jadi granit KIA ini dipakai juga untuk pelapis dinding kamar mandi. caranya potong belah dua…ukurang 60×60..dibelah jadi 30×60. Belahnya ke tukang potong keramik khusus…3.000 perak sekali jalan..sekaligus juga untuk potong granit tangga..sekaligus juga bikin nosing..garis garis di ujung anak tangga itu dan sekaligus potong untuk plint ukurang 10×60. ..jadi praktis juga sih. Beli dari depo..sebagian minta diantar ke tukang potong ..dipotong sampai 40 dus gitu…untuk didinding kamar mandi..untuk tangga..plint .hasil potongannya tentu beda dengan kalo potong manual pakai mesin potong. jauh lebih rata dan tajam. jadi untuk kamar mandi ini kayak keramik yg rectified …lantai kamar mandinya pakai Roman serie Digital..ini seri yg sepasang antara keramik dindingnya 30×60 dengan dengan lantai 30×30. Tapi gw beli yang lantai aja..Cirinya ada tekstur pasir ..jadi bagus supaya gak licin. tekstur ini yg rada susah dicari di merk lain.

Untuk tempat jemur pakai Habitat yang ukuran 50×50 cm..spark bronze..supaya gak licin dan gak monoton. Dah gitu untuk carport biar gak monoton dikasih keramik motif batu…diselang seling aja keramik 50×50 nya centro…dikombinasi dengan cat lapangan tenis Tenkote yang warna dark grey..lumayan sih. Untuk teras..karena cuma sedikit pakai granit yg lebih bagus..250 ribu per meter..dan memang beda ya..lebih kilap..lebih halus.

Kitchen set

Seperti biasa, rumah ini pakai kitchen set..sederhana aja. Ada kompor tanamnya..Rinnai, beli on-line juga dari Buka Lapak. Lalu tempat cuci..plus kran -kali ini pakai Wasser..Nah untuk kitchen set..top nya beli terpisah..beli yg sederhana aja..2,5 juta untuk 3 meter lari..dah gitu kitchen setnya 9 juta. Mas Nugroho dari Jatibening nih yg diminta lagi..ngerjainnya profesional banget.

 

 

Advertisements

1 Comment

  1. ga pernah bosen baca pengalaman bangun rumah nya pak pahala..selalu detail dan informatif, thanks pak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s