Penggabungan Sertifikat

Sesudah terkesan dengan pelayanan yang oke banget untuk peningkatan hak..dari HGB ke SHM yang hanya sejam ..di hari libur, kali ini dari 2 SHM yang ada mau digabung jadi satu sertifikat saja. Pengalamannya…lumayan menyedihkan..dari kantor yang sama padahal.

Ini tanah aslinya perbatasan..jadi dibeli temen gw dengan posisi satu sertifikat hak milik, satu lagi girik. Nah karena perbatasan jadi satu bidang tanah, sebagian SHM sebagian masih girik. yang girik kemudian ditingkatkan jadi HGB..sudah jadi. Gw tingkatkan lagi yg hgb jadi shm..lalu sekarang keduanya mo digabungkan..karena sudah berdiri rumah diatasnya..kan konyol kalo satu rumah dijual suratnya terdiri dari 2 shm..keduanya atas nama yg sama..nama gw.

Awalnya sih di google kayaknya gampang aja prosesnya..15 hari kerja standarnya. tapi waktu itu gw kasih ke notaris  untuk menggabungnya..eh malah nolak nolak..males ngerjainnya pak katanya..butuh setidaknya 2 bulan..dan 7 juta biayanya. karena dia males malesan juga…ya sudah deh coba aja sendiri. jadilah cuti di awal juni 2016 buat ngurus penggabungan ini.

Proses seperti biasa, ke loket..ajaib pertama, gak suruh beli map dari koperasi yang 10 ribu perak itu….tapi petugas penggabungan sedang tidak ada di tempat..waduh, gimana nih pelayanannya, gw sudah datang 35 kilometer jauhnya.bolak balik 70 km ..kalo gak ada penggantinya gawat nih..gw ngotot minta dicariin petugasnya…ya sudah ditunjuklah nama orang di gedung seberang..gw kesana bawa berkas 2 map..pertama pengukuran, kedua penggabungan. syarat-syaratnya gw  liat di web http:// bpn.go.id. Jadi sudah memenuhi syarat semua.

Gak meyakinkan banget pelayanannya…meja petugasnya dibawah tangga..kita menghadap dia..dengan jarak meja ke tembok hanya 1 meter kali..lalu diperiksa ini itunya dan dibilang akan diukur dulu..Gw mempertanyakan…pak, di web katanya kalau perlu aja diukurnya..oh ngga pak..semua harus diukur..waduh, ngapain juga ya diukur ulang..wong di masing masing sertifikat kan sudah ada hasil ukur..dan keduanya sebidang alias di bidang yang sama..ngapain juga  ya diukur lagi..tapi ya sudahlah. gw oke aja..kapan dan siapa yang akan mengukur..nanti akan ditunjuk..gw harus telfon dia dulu.

Sesudah corat coret 5 menit.disuruh ambil surat bayar ke kas negara..di depan..balik lagi ke depan..ambil suratnya..dan bayar. Kalo punya atm bri..enak banget..bisa langsung bayar..tapi karena mandiri blum aktif..ya sudah, cari mal yang ada atm nya..tapi mbak nya anjurkan lebih mudah ke bank jabar aja…biayanya cuma 230 ribu perak. test dulu atm mandiri..bener si mbak. susah banget..n gak bisa diproses..ya sudah. di mal tadi ada counter bank jabar…antri deh 10 menit, bayar. bukti bayar..kasih ke si mbak lagi..n dikasih deh bukti tanda terima berkas.

Seminggu lagi, gw telfon ke no hp yg dikasih..ini keajaiban ke dua. semua urusan di bpn harus lewat  hp pribadi orang orangnya..gak ada tuh nomor telfon kantor yang bisa dihubungi…di bukti tanda terima dokumen ada no telp kantor..gw hubungi kemudian..bunyi nada fax !! jadi untuk berkomunikasi cuma dua cara..pertama datang langsung..di hari senin-jumat..untuk penggabungan hanya hari ini saja tersedia..sedangkan untuk week end service itu untuk proses yang sehari jadi saja. Cara kedua, call no hp dari petugasnya langsung..kalo dia mo kasih loh…. kalo dia gak mau biasanya dibilang..nanti akan dihubungi pak..kan sudah ada no hp bapak di dokumen. Ini penyakit kita..gak mau repot mencari no hp untuk dihubungi…

Gak diangkat..alias tidak aktif..gw sms..baru deh ada jawabannya..isinya: no hp tukang ukurnya. Gw call tukang ukur..dari awal sih memang petugas di BPNnya  sudah minta bantu uang transport untuk pengukuran..gw bilang gak masalah..berapa besarnya..dia gak mau jawab. ya sudah..nanti saja sama tukang ukurnya.

Tukang ukurnya call balik dan sangat responsif. akhirnya diukur..dia minta gw ada di lokasi..tapi gw bilang gak bisa tuh kalo hari n jam nya gak jelas..dan ini kan tanah sudah ada rumahnya..sudah gak ada lagi deh masalah tata batas sama tetangga..kan sudah ada surat ukur di kedua sertifikat semula..ya sudah dia bilang transportnya disiapin aja..per bidang. Oke boss…ini pasti pegawai honorer kalo liat gaya nekatnya.

Sesudah diukur katanya seminggu lagi keluar surat ukur..itu juni minggu pertama dapat tanda terima dokumen..minggu kedua diukur. gw tanya apa prosesnya dua kali..pertama keluar dulu surat ukur lalu daftar lagi buat penggabungan ato sekaligus gabung. Dia bilang sekaligus pak..jadi surat ukur itu internal saja..karena isi map nya kan dua..berarti sekali jalan..map pertama ukur..langsung jalan ke map penggabungan. waduh enak juga ya..sekali dateng selesai urusan….

bener bener nih ekspektasi yang kelebihan..bayangin aja sekali dateng..sudah dapat tanda terima dokumen..seminggu kemudian sudah diukur..tinggal tunggu 15 hari kerja..memang bpn ini mantap teorinya. kenyataannya..gw cek di website bppn..gimana status nya..kira kira 2 bulan sesudahnya..masih dalam proses. mo telfon kesana..bunyi fax..telp ke hp petugas yang kemarin..gak aktif..telp ke hp petugas ukur..tunggu aja pak.

jadilah sabtu tengah oktober gw datengin kesana..tidak ada pelayanan  penggabungan pak katanya. iya saya mo cek status surat saya ini..masih dalam proses pak, sesudah lihat web juga..lah kalo yg ini sih gw juga bisa ngecek. gw ngotot minta update dimana surat permohonan gw ..nanti bapak ditelfon senin kalo sudah ada. gw gak mau..akhirnya diajak masuk kedalam..ada ketua tim pelayanan sabtu minggu. gw gak percaya nanti ditelfon..toh sudah ada no hp gw diberkasnya..kan gak pernah juga ditelfon. sekarang gw minta no hp kepala kantor aja..biar gw lapor ini konyol konyol nya…masa penggabungan sudah 4,5 bulan gak jadi. akhirnya dikasih no hp dia sendiri..dan dia janji senin pada kesempatan pertama akan call gw kasih status.

sampai senin malam..tentu aja gak ada telfon dari bpn…gw sms..rada keras: seperti saya duga pak..tidak ada telfon dari bapak..mohon no hp kepala kantor saja dikasih saya.  Rabu sore dia telfon n sms..sertifikat sudah bisa diambil pak..mohon maaf dia perlu waktu untuk telusuri meskipun bukan tugas pokok dan fungsi dia…ya sudahlah. Gw ambil deh tuh sertifikat..seperti biasa bersama sama dengan para pegawai kantor notaris nan akrab itu..Gw sudah taruh tanda terima nya nunggu dipanggil..eh nyelonong pegawai notaris minta petugas nyariin sertifikat klien dia..gw perhatikan..gimana mereka disuruh suruh pegawai notaris..kenapa ya mereka mau aja ‘direndahkan’ orang lain..padahal kalo semua urutan dipenuhi..syarat dijalankan..prosedur dipatuhi..bukannya mereka jadi respected pns ya…tapi karena cuma gw sendiri yang bukan staff notaris..jadi malah dipanggil awal..dikasih sertifikatnya..disuruh cek dulu..dan thanks.

tanda terima 6 juni 2016..bisa diambil alias proses selesai  20 oktober..lumayan deh 4 bulan lebih tuh..dari standar 15 hari kerja. gw liat di tanda stempelnya rupanya memang baru kemarin diselesaikan..jadi nunggu ngomel dulu baru diproses segera.

 

 

 

 

 

Peningkatan HGB jadi SHM di Tangsel

Hampir hampir gak percaya..lihat di web bppn.go.id ..katanya ada pelayanan sabtu dan minggu. Kalo sabtu pernah lihat spanduknya di jakarta selatan. Tapi minggu? bener gak ya. Ada perlu meningkatkan status sertifikat hgb di bpn tangerang selatan. jadi hari minggu 15 mei..dateng deh kesana sekitar jam 9 an. lokasinya di ruko belakang ITC ato BSD junction. Ruko nya luas dan  tempat parkir memadai. jadi kalo mo jalan sedikit aja sih..silakan parkir di mana aja..toh kompleks ruko nya luas.

Jangan lupa..kalo ke bpn, bawa meterai 6000 yang banyak. soalnya perlu dan kadang gak ngerti juga mo nyari kemana. Pulpen? jelas..musti bawa sendiri. Dokumen dokumen mending bawa aja deh..dari pada kurang nanti mending lebih. toh gak berat juga kan dokumennya.

Tanggal 15 ternyata libur..he..he..he…ada pertemuan di jakarta pak, kata satpamnya. enaknya dia minta maaf berkali kali..ok, sial aja gw nih. Minggu depannya, 22 Mei..gw dateng jam 9 lagi..ternyata jam 9-11 siang itu cuma untuk terima berkas aja. Nanti jam 1-2 siang, dokumen kayak sertifikat yg sudah jadi baru dipanggil karena dah selesai. yang penting buka ..padahal hari waisak tuh.

Untuk peningkatan gak perlu banyak kok..ktp/kk..standar deh, lalu sertifikatnya sendiri, pbb tahun terakhir plus bukti bayar..gw sih pake struk atm aja..dan sppt nya belum dapet dari pak rt..tapi diterima tuh Terakhir IMB..

Masuk..ditanyai satpam..mo meningkatkan status sertifikat…ada layar sentuh, nanti keluar nomor antrian. tapi gak berlaku nih..gw dikasih map plus bbrp formulir yang harus diisi. gw bilang berapa harganya..gratis pak. waduh, dulu sih harus beli di koperasi 10 ribu..kemajuan nih bpn. Isi formulir plus nempel meterai..tumpuk deh di meja counternya. Nanti ada petugas yg periksa…kelengkapan dokumen. ini yg paling krusial..kalo dia bilang kurang..ya balik lagi deh. gw kuatir soal pbb..soalnya gak punya sppt..dan cuma punya bukti bayar atm bca aja..ternyata lolos tuh…ditanya tanya..tapi gw jawab dengan sopan..apalagi dia tau gw jauh jauh dateng buat urus ini saja….

Lolos dari pemeriksaan dokumen, nunggu bukti bayar deh. dipanggil dikasih bukti bayar..sambil bawa semua berkas kita ke kasir. nanti sama kasih disuruh bayar pake atm bri sama bni..kalo mandiri blom bisa..bentar lagi kali ya. Gw bayar cash aja..biayanya 50 ribu. Dari jam 9 an..selesai deh jam 11.20. Lama tukang bikin bukti bayar nih..soalnya abis diperiksa kelengkapannya..kita dikasih tanda terima dokumen. Dari tanda terima dokumen ini kita disuruh bayar tarif resmi 50 ribu. Jam 11.30 gw tinggal aja..cari makan siang dulu..jam 1 balik lagi. Ternyata sudah selesai..ajaib banget deh. Ini pelayanan hari minggu, langsung jadi pula. Jangan lupa ..gak ada biaya lain selain 50 ribu nya. fantastis deh…salut ah buat bpn tangsel

Jadi kalo punya bukti kepemilikan tanah masih SHGB..mo ditingkatkan jadi SHM..gak susah dan murah..gw inget tanya notaris dibilang murah kok..cuma 7 juta..gelo dah. ayo ngurus sendiri..jadi gak usah pakai kuasa segala..dan sehari jadi dan ini dihari minggu loh

 

 

IMB melalui Pelayanan Satu Pintu

Kalau dibilang rada mundur mungkin iya juga ya…karena tadinya IMB bisa dimohon online, tinggal upload aja semua dokumen yang diperlukan..Sekarang malah balik lagi harus datang ke kecamatan..tapi lewat kantor Pelayanan Satu Pintu…ya dicoba deh..

Tahapnya sama..dapatkan dulu KRK (Ketetapan Rencana Kota), itu dikeluarkan dari tata ruang pemda. Akan ada pengukuran dulu di lokasi, lalu gambar area tanah kita berdasarkan surat kepemilikan yang kita punya…dan nanti dikasih deh KRK dengan lampiran peta dimana lokasi tanah kita ada tercantum. Yang paling penting dari KRK ini adalah apa ada rencana buat Jalan..kalo ada pasti tidak boleh kita bangun di daerah itu…lalu berapa meter GSB Garis Sempadan Bangunan..jarak dari batas tanah kita ke bangunan..jadi kira kira jarak minimum dari pinggir jalan (Batas tanah kita) ke bangunan atau tembok terluar . Ada lagi KDB (koefisien Dasar bangunan) di daerah gw ini 60%. ARtinya kalau punya tanah 100 meter, cuma boleh dibangun 60 meter persegi..kalau dua lantai..ya 60 x 2 gitu kira kira..Ketinggian bangunan maksimum yg diperbolehkan juga disebut disini..kalau daerah pemukiman..2 lantai saja.  Terakhir, disebut deh apakah diizinkan bersyarat..atau tidak. Selanjutnya KRK ini seharusnya kita kasih ke arsitek yg disain rumah..supaya dia bisa mendisain atas dasar batasan batasan tadi…
Continue reading

Pasang Listrik Baru via 123 -update lagi

Dua bulan lalu ada sebidang tanah yang mo dibangun. Untuk mulai konstruksi kan mobilisasi tukang dulu..dan mereka butuh air plus listrik. Tukang bor pompa air gak bisa juga kerja kalau gak ada air buat memudahkan bor nya. Lalu kalau tukang disana, buat bedeng buat kerja..malam kan butuh listrik ..pompa air butuh listrik juga. Jadi yang pertama harus dipasang, ya listrik.

Seperti biasa, ini sudah ke 5 kalinya pake call 123. Biasanya sih lancar jaya. Sesudah ini itu ditanya petugas call lalu bayar ke ATM. Tinggal tunggu call dari petugas lapangan yg akan pasang nanti.

Hari minggu gw keluar rumah hampir seharian. Pulangnya, ternyata ada telfon..dari seseorang katanya orang PLN. gak bilang minta telfon balik, ato tinggalin no hp. Pokoknya ada telfon ..gitu aja. Gw pikir tukang PLN nya mo pasang, konfirmasi alamat dulu. Ya sudah, gw tunggu telfon berikutnya..sampai seminggu gak ada juga. Lah gimana ini? Gw telfon lagi PLN 123..eh katanya sudah dibatalkan pemasangannya..Hah??? Gw protes keras.
Continue reading

Kaca untuk Kamar Mandi dan Efisiensi Ruang

Kali ini mo coba kamar mandi dikasih kaca..sekat ruang mandi. Ternyata ditemukan potensi efisiensi ruang yang lumayan besar dengan penggunaan kaca. Efisiensi ruang kamar mandi bisa terjadi dengan penggunaan kaca untuk sekat area mandi. Biasanya denah kamar mandi ukuran nya 2 meter x 1,70 meter. Area shower mandi (area 90 cm x 1.70 cm), closet 60 cm x 80 cm  dan wastafel 45 cm x 50 cm plus minus ..kira kira termasuk area kerjanya.

Tetapi dengan penggunaan kaca plus pintu buka keluar..ternyata ukuran ruang bisa menyusut jadi cuma 1,50 m x 1,7 m saja..alias hemat 0,5 meter x 1,7 m. Buat rumah kecil rasanya signifikan nih. Nanti deh bisa dicoba kamar mandi ukuran kecil ini. Area mandi yang dihemat. Cukup ukuran 90 cm x 1 meter saja. Bandingkan sebelumnya area mandi ini 90 cm x 170 cm. Pintu bukaan keluar juga menghemat hampir 70 cm x 70 cm.

ini denah perbandingannya

kamar mandi kecil kamar mandi biasa
Continue reading

Ngecat motor tua- tinggal vernish(4)

Sesudah nongkrong 3 mingguan, si merah dan si biru plus semua parts bodinya sudah penuh debu. Padahal masih belum divernish. Hari ini kambuh angin baiknya, pagi pagi sudah beli vernish plus thinner.
Kali ini catnya jenis lain ,gw pake merah dan biru jenis PU, biasanya pakai NC. PU ini relatif lebih encer…tapi rasanya kok daya tutupnya mantapnya..apa karena gw pake warna solid kali ya…tapi ngga sih, kayaknya memang PU ini lebih bagus daya tutup. Jadi kelihatan rata gitu. Kilap juga..jadi kalo gak divernish aja masih ok kelihatannya.
Sekarang mo divernish..dan biar gak tanggung, pake vernish Blinken yang seliter (175 ribu) dan thinnernya Blinken juga (55 ribu). nantinya keliatan kalo hitungan gw salah. Cat merah 1/4 liter, cat biru 1/4 liter. nah vernish gw pikir pasti habis 1/2 liter kan..eh gw beli yg 1 liter..jadi lebih deh 1/2 liter..disimpan aja. Ditutup dan dikasih selotip kertas buat cat..biar gak kering.
Ini dia thinner dan vernishnya.

20150813_16555820150813_142740
Continue reading

Memasang Wastafel dan Water Heater

Iseng iseng mo pasang wastafel rumah. Gak ada susahnya sama sekali..alat-alat yang diperlukan juga gak banyak. Jadi kalo wastafel sudah buram, diganti sendiri aja. Kali ini gw beli wastafel American Standard di Mitra 10 …dan dipasang di 4 kamar mandi !! Kali ini gak salah lagi..wastafel nya sudah dilengkapi jepitan. Waktu itu pernah beli TOTO dan lupa gak dikasih plat besi jepitannya..alhasil seharian nyoba pasang..susah banget..dan gagal. Akhirnya ke tukang las dulu..minta bikin plat besi bengkok..lalu dibor buat tempat dynabolt nya…

Paket dari wastafelnya (cuma 200 ribuan harganya nih..) selain wastafel ada paku fisher 6 ..plat besi 2 dengan 3 lubang. itu aja. Jadi perlu kita beli juga kran wastafel..gw beli Wasser aja..140 ribu kalo gak salah. alat alat kerjanya ini aja kok…

wastafel 1

Bor nya pakai mata 8. Gw pake mata bor Bosch aja..daripada pake yg abal abal.biar aja harganya 2-3 kali lipat tapi kerjanya lebih efisien..gak perlu sering sering ganti. Ah..kali ini gw pake waterpas..biar gak miring..sekalian buat penggaris. Plus spidol buat menggaris…
Continue reading

Ngecat motor tua- pritilan yang perlu diperhatikan (5)

Kalo berhitung soal waktu yang dihabiskan buat ngecat saja..artinya mulai dari spray gun disemprotkan sampai selesai..ngecat motor itu gak lebih dari 2 jam. sudah termasuk bersih bersih… Pagi ini gw mulai ngecat si merah..mulai jam 10 pagi, jam 12 siang dah selesai..termasuk beres beres..bersih bersih dan simpan simpan.  Yang lama itu pekerjaan persiapannya..bersihin cat lama-bikin ngelotok sampai bersih..lalu amplas dulu biar halus, dempul yg penyok-penyok..ngelas yg kropos..dempul lagi supaya lebih baik kelihatannya..amplas lagi bekas dempulnya..eh pasti didempul lagi..pake gerinda besi yg gak rata besinya..baru deh amplas lagi..kalo dah ok, baru diepoxy..pasti ada yg bocel,gak rata, kelupaan..maka dempul lagi dan temannya dempul nih..amplas .20150726_110506
Continue reading

Ngecat motor tua , sudah waras (4)

Hari ini diniatin mo ngecat yg buntung ekornya. Warnanya biru muda aja..tutup aki nya putih. Sambil juga mo epoxy yang ketinggalan kemarin. Cat biru muda nya beli cuma 1/4..cukup gak ya..nyesal.20150725_17243920150725_161756

Ok, pertama yang kemarin diepoxy dilihat lagi..n ternyata masih banyak yang boncel boncel sama gak rata. Didempul lagi..pake ISAMU aja..soalnya kalo San Polac nyampur hardenernya selalu gagal…kebanyakan..jadi batu. kurang gak bakal kering..jadi nyampur dan ngedempulnya gak nikmat dah..stress..mo buru buru aja. Padahal kalo liat tukang cat..enak banget nyampur hardener dan dempulnya ..selalu pas rasanya. Continue reading

Kolam ikan bocor (lagi)- sembuh tuh…

Sudah dua minggu ini air kolam kurang banyak. tiap pagi harus ditambah kira kira 10 menit air keran. Kalo lupa..bunyi pompa kolamnya. karena level airnya dibawah ketinggian sedotnya. jadi lama kelamaan pasti rusak nih. Disamping itu air kolamnya juga sudah rendah banget..6 cm saja. jadi ikannya kesian juga..mana musim panas gini. Tadinya gw pikir penguapan..tapi sudah kelewatan nih. Dua minggu lalu kolam dibersihin..super semangat ngebersihinnya..jadi semua lumut disikat..ujung ujung kolam juga dikerok bersih. memang hasilnya oke banget..air kolam bening banget..tapi ikannya keliatan jadi bingung..saking bersihnya gak ada lagi makanan lumut dinding kolam. Jadi diduga karena dibersihkan super bersih inilah ..nat nati batu alamnya tergerus.

98

nah airnya keluar deh..merembes ..masuk tanah. ya pasti cepat habis deh airnya. Betulinnya harus segera nih. beli dulu deh cementaid..dulu pernah pake n sukses. Continue reading