Si kuning ganti velg alumunium..

Tadinya si kuning ini pake dop kaleng nya corona. Ganteng sudah, meskipun dop nya gak kilap lagi stainless steel nya. tapi cocok sudah. Belinya gw inget dah lama banget..waktu otobursa tahun 2015 an..beli 4 pieces 450 ribu. Nah pas mau ke arah sawangan, gw ke tukang tambal ban dulu. cuma nambah angin ban  belakang aja.... Continue Reading →

Mereka berbuat….tidak hanya omdo (2)

Ini kisah orang orang yang patut diteladani. Mereka berbuat, tidak hanya omong doang, apalagi sibuk berdebat dan berwacana. Namanya ibu Aisyah dari Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan. Kepala desa perempuan yang yang tentu saja salah satu tanggungjawabnya adalah mengayomi warga desanya. Sedemikian ketika muncul konflik lahan antara warganya dengan perusahaan tambang batubara. Segera ia turun... Continue Reading →

Mereka berbuat..tidak hanya omdo (1)

Namanya pak Achmad Nasution pegawai pemerintah daerah  Kabupaten Boyolali, jateng. Di masyarakat PNS itu dianggap sebagai kelompok yang produktifitasnya rendah alias magabut..kalo punya wewenang pelayanan publik pasti menggunakannya untuk menghasilkan keuntungan pribadi. Sebagian benar..tapi khusus buat beliau salah total. Beliau buktikan langsung, tidak pakai berwacana panjang pendek..apalagi diskusi-diskusi. Ini buktinya... Di lingkungan pemerintah daerah umumnya tersedia... Continue Reading →

Namanya Khaeruloh…sikapnya jempolan

Namanya Khaeruloh..staff administrasi SD negeri di Kota Tangerang. Karena SD itu gak dilengkapi dengan tenaga administrasi, jadi belio ini tentu saja statusnya honorer..alias nerima honor setiap bulan saja, bukan PNS sama sekali. Tapi tetap berusaha kuliah..sekarang semester 7. Istri beliau guru juga..sudah S1 jadi lagi berusaha ikutan tes masuk P3K alias PNS berbasis kontrak tahunan.... Continue Reading →

jangan jangan kita memaafkan korupsi kok…

Jangan jangan bangsa ini memang tidak menganggap kalo korupsi ini memang sangat dahsyat dampaknya…ini pertanyaan kontemplatif yang rasanya perlu dijawab dengan memakai fakta fakta dan yang jelas sih realita yang ada di sekeliling kita. Jadi kalo selama ini disebut sebut kalo korupsi itu extra ordinary crime..yang harus ditangani dengan extra ordinary juga...perlu kita cek lagi... Continue Reading →

Digitalisasi ternyata bisa cegah korupsi

Teknologi makin maju..makin murah dan ternyata bisa bikin korupsi dicegah. JAdi dengan teknologi tidak perlu lagi menghimbau atau memohon agar aparat pemerintah berintegritas, tidak usah lagi memohon agar pelayanan publik diperbaiki, tidak usah juga bingung bagaimana merealisasikan yang namanya peran serta masyarakat mengawasi pemerintah. Seketika..sim salabim..bisa terjadi dengan penggunaan teknologi. Gampangnya gw bilang digitalisasi aja...... Continue Reading →

Perempuan bisa banget cegah korupsi…

Kayaknya jarang banget yang ngebahas perempuan dan perannya dalam kasus korupsi. Kalo di media  kita lihat perempuan yang terekspose ke publik tentang korupsi.. gak jauh jauh dari peran 'tambahan'. Yang cuma bikin kasus korupsinya jadi lebih dramatis. Gak lebih dari itu. Misalnya, uang hasil korupsi ternyata dipakai untuk bayar penyanyi top..Di media kita pasti dengar... Continue Reading →

Pengampunan Dosa…pohon nangka berbuah duren

Habis nulis judul ini tulisan..gw pikir pasti orang bingung bacanya...Tiga urusan yang gak nyambung...pengampunan dosa, nangka dan duren...tapi nantilah..ada kok sambungannya. Ini hanya gw coba pake analogi biar lebih dekat dengan hidup sehari hari. semoga. Gw ngajak kita sedikit perhatiin di televisi. Coba perhatiin kepala badan ato instansi pemerintah sekarang..bisa menteri, bisa juga kepala badan... Continue Reading →

Korupsi, kerugian negara dan jembatan rubuh..

Kalo ada kasus korupsi ..yg terpikir pasti orang ambil uang negara..dalam pelbagai bentuk dan cara ngambil ya. Makanya korupsi selalu dibayangkan pasti negara menderita rugi karena uangnya dicuri. Bagian ini bener banget..negara menderita kerugian. Tapi yang musti ditanya selanjutnya, buat kita ini masyarakat apa yg bisa kita rasakan dari korupsi yang merajalela misalnya. Kalo banyak... Continue Reading →

Lapor lalu rampas hartanya..kalo dari korupsi.

Buat para penyelenggara negara-rata rata pejaba hingga eselon 2- dan orang yang memegang jabatan strategis, beresiko seperti hakim, penyidik,pemeriksa pajak dll...UU minta untuk menyampaikan laporan  harta ke KPK. Ini amanat reformasi..menjabarkan Tap MPR yang bilang anti KKN kalo gak salah. Jadi UU LHKPN - laporan harta kekayaan penyelenggara negara, disahkan..lalu UU KPK diterbitkan-untuk mengelola laporan... Continue Reading →

jual beli jabatan..lumayan sih dapetnya

Ada aja kelakuan kepala daerah sekarang ini...Baru kena OTT ibu bupati Probolinggo dan suaminya yg anggota DPR. Ini menarik soalnya suaminya itu sebelum anggota DPR ternyata menjabat bupati probolinggo 10 tahun alias 2 periode..jadi ini jabatan yang diwariskan ke istrinya. Ada yang lapor lalu disadap...kena deh.  Pasangan ini dan kaki tangannya tentunya  mungut 20 juta... Continue Reading →

Mental Miskin…Bansos dan Vaksin

Menteri Sosial penasaran sama kabar kalo ada orang kaya di Jakarta nerima bansos tunai-BST. Dia datengin sore-sore ke daerah Menteng!! Asli Menteng dan Jalan utama nih...Rumahnya lebih gede dibanding rumah dinas bu menteri...mobilnya 3 dan bahkan ketua RT. Biar tambah seru nih....dia nerima bantuan sosial tunai..bu mensos minta balikin deh..kan gak pantes..kalo memang sayang duitnya,... Continue Reading →

Family in crime: keluarga dan korupsi

Suami istri yang jadi pasien KPK sampai akhir 2020 ada 13 pasangan. Eh tahun 2021 nambah satu lagi. Jadi sejak 2012, dimulai dari kasus ex bendahara demokrat dan istri..hingga 2021 sudah 14 pasangan. Salah satu kasus itu ternyata lebih fantastis lagi.., sekeluarga tersangkut !  Pemberi suap adalah perusahaan swasta, dimana suami istri menjadi direksinya. Kedua... Continue Reading →

Gak ada peta…bisa jadi korupsi

apa ya urusannya peta suatu daerah dengan korupsi. kalo juga ada hubungannya, gimana bisa kok gak ada peta korupsi bisa terjadi.. Presiden sudah perintahkan supaya setiap provinsi ada peta terpadu-one map policy. Jadi kalau investor mau bisnis tambang misalnya, tinggal lihat itu peta, keliatan di area mana masih tersedia untuk penambangan. Juga kalo investor perkebunan... Continue Reading →

Korupsi kepala daerah

Kalo dekat acara pemilihan kepala daerah, pasti banyak kasus suap yang terungkap. Ini berulang terus dan polanya sudah sangat jelas. KPK coba memverifikasi dugaan pola korupsi di daerah dekat dekat pilkada lewat survey. Surveynya agak unik karena yang dijadiin responden justru calon kepala daerah yang gagal alias gak kepilih. Diharapkan kalau responden seperti ini akan... Continue Reading →

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑