Bangun Rumah 2018 (1)

Setelah gak ada acara bangun membangun rumah hampir 1,5 tahun dan atas permintaan para tukang bangunan.tukang listrik..tukang kusen..tukang plafon dan atap..meskipun pasar rumah sedang amat sangat lesu lemah..dicoba deh bangun rumah baru. Kali ini lokasinya agak nyentrik. Di sudut jalan..kalo di tebet artinya gak boleh dibikin sudutnya 90 derajat..bisa susah orang nikung nantinya..maklum jalan pas satu mobil..jadi harus dibuat oval..supaya nikung lebih masuk akal…kedua nyentrik..ukuran nya gak standar. kalo biasanya kan 90 meter luas tanah itu ukuran nya 6×15 meter. jadi lebarnya 6 meter..artinya secara garis besar ada dua bagian..yang sebelah ruang tamu..yang sebelah lagi kamar..kita bisa tarik garis lurus di 3 meternya..ini tanahnya lebar 7,4 meter panjagn hanya 12. total 89meter persegi. kalo lebar dibagi dua.artinya 3.7 meter..padahal ke belakangnya bukan 15 meter..cuma 12 meter aja. kan jadi susah nih. tambah lagi ditengah depan itu…ada tiang listrik..jadi harus pas nih menaruh peletakan carport. kesulitan lain..karena ini agak jauh dari tempat parkir umum..maka carport harus muat 2 mobil. bayangkan ditengah tiang listrik..di hoek..tapi harus muat 2 mobil.

permintaan lain..seperti biasa..kamar harus 4 dimana salah satu ada kamar mandi di dalam..dah gitu ada lantai jemur, ruang tamu dan dapur dengan ventilasi baik..plus ada ruang terbuka di belakang.

sudah beberapa kali dicoba rancang denah ruangannya. tapi memang rumah di hoek itu tantangannya agak unik. dia tidak boleh melanggar sempadan bangunan..jadi salah satu sudut gak boleh dihabisin tembok seperti yg sering kita lihat. dah gitu ukurannya yang rada gepeng bikin susah juga. ya sudahlah..gambar layout ruang yg biasa dipakai untuk 6×15 kayaknya gak bisa dipakai nih..call aja deh mas hery indograha…arsitek yg dulu pernah bbrp kali diminta tolong…seperti biasa dibuatin denah ruang dulu..baru kalo sudah sreg..dilanjut dengan pendetailannya.

Seperti biasa juga gak usah tinjau lokasi..cukup WA aja gambar tanahnya..dah gitu sebut permintaannya..berapa kamar dll. seminggu aja tuh..sudah dikirim denahnya. kurang pas dikit..carport terlalu besar..mobil itu kan lebarnya 2.5 meter..panjangnya 5 meter. jadi dari denah yg dikirim rasanya bisa dibuat lebih luas ruangnya dengan memperkecil carport. selesai dikomentarin..gw bilang gak usah pake RAB alias anggaran biaya..gak usah juga pakai gambar untuk IMB..gak usah juga gambar 3 dimensi…..jadi cuma perlu denah sama gambar kerja aja..sederhana banget ya..gw perlu gambar pondasi, gambar listrik..kalo gambar atap,plafon tampak samping  dll. bisa menyesuaikan nanti.  alhasil jadi lah yg diminta..6 juta fee nya. thanks mas…

Ini lokasi tadinya ada rumah tua. tapi sudah rubuh rumahnya,. jadi tinggal tanah kosong. listrik sudah dicabut pln. Ini rencananya dulu kan mo dibangun sekitar 2016 tengah..tapi batal. untung sudah dibikin bedeng tukang..dan lokasi sudah dipagar. tanaman tumbuh di lokasi..tapi gak apa lah toh sudah dipagar seng. Bedeng alias rumah buat tukang sudah dibangun waktu itu..2 lantai. lantai bawah untuk simpan material..yg atas buat tukang tidur dan istirahat.

PEnting ini bangun bedeng ini. Pasang listrik baru dilayani normal..karena sudah ada bangunan yg namanya bedeng. inget dulu di pamulang..waktu pasang listrik tanah kosong ..gak mau PLN nya…mereka minta pasang yang sementara aja..per bulan kalo gak salah. pokoknya ribet urusannya. KArena kali ini sudah ada bedengnya..jadi silakan meteran listriknya pasang di bedeng. gak kena hujan dan panas.

gambar6gambar 2

gambar3

Ini gw curiga jangan jangan ada tunggakan nih..jadi masangnya gak lewat pln 123..langsung aja ke kantor regionalnya..di jatinegara…bayar dulu tunggakan yg lama..baru pasang baru dan model nya pasti yg prabayar. Biayanya resmi..2 jutaan. dibayar di jatinegara..plus ..nah ini yg nyebelin. kalo listrik di rumah baru..harus ada sertifikat konsil..semacam sertifikat dari persatuan instalatur resmi pln..nah padahal instalasi listrik akan kita pasang sendiri ..tapi ini syarat…PLN gak mau pasang baru kalo gak ada sertifikatnya….dan meteran baru itu instalatur yg pasang..wedeh..gak seragam nih prakteknya. di pamulang dulu bisa..gak pake sertifikat konsil..di bekasi..harus pakai. tapi intinya kalo kita pasang instalasi listrik tanpa sertifikat konsil bisa aja ..artinya tukang kita yang pasang instalasi di rumah..pln pasang dari tiang ke meteran..bisa diproses dengan beli aja sertifikatnya..nego. hari itu kena 400 ribu. oke lah..diproses deh semua..dan 2 hari langsung kepasang. Sambil mikir ..kalo gitu apa ya guna sertifikatnya…

Persiapan berikut air bersih..jadi kalo dah ada listrik..bisa dimulai bor sumber air. Sebelum pak Mat cs dateng..tentu air harus sudah dibor. jadi beli pompa air dulu baru janjian dengan ‘pak boss’ tukang pompa andalan (belakangan pak boss alias pak uban..narik grab..mungkin sepi kali ya order bor ato service pompa-tapi tetap melayani sih pemasangan baru..)  Beli pompa airnya shimizu yg putih tipe PC 250 BIT..sekarang harganya 2.3 juta. beli dari buka lapak aja..kirim pake grab instant… langsung dateng sore. Tanki air gak usah beli..ambil aja sisa dari pamulang…

Terakhir ..jangan lupa IMB dan dipasang plang kuningnya. Ini sudah dapet IMB nya dari 2015 akhir. jadi entah sudah dimana spanduk kuningnya. sekarang ini kan boleh ngeprint sendiri spanduk kuningnya. Ini para tukang anggap enteng dengan spanduk kuning. Gak dipasang..2x ditelfon sama orang pemda. pertama kali gw bilang ada IMB nya..masa gw berani gak pakai IMB. tapi gw balik tanya..dari mana pak. dia bilang dari walikota..ah ngapain dari walikota jauh jauh..ini kan otoritas kecamatan. mungkin dia merasa gw ngerti soal IMB..jadi dia cuma nasihatin aja..supaya spanduk kuningnya dipasang. Berikutnya..sudah dipasang…tapi dipindah karena mo plester temboknya. jadi dilipat..eh ada lagi yg iseng muter muter ngeliat..sudah dikasih tau ada imb nya tapi masih aja mo nelfon. ya sudah gw jawab yang sama..itu sudah ada imb nya..sudah ada spanduknya..sedang dilipat dan ditaruh entah dimana..kalo mau balik lagi besok ..pasti sudah ada tuh semua. ..kebayang kalo gak punya imb..bakal ribet deh urusan. lagian kalo diliat sepintas gak ada yg dilanggar..terutama kayak sempadan jalan yg paling gampang dilihat…ada space cukup dari teras ke jalan….kan buat carport.

Besok paginya..tukang pompa datang..dan siap membor…. meleset dari rencana..ternyata sehari gak keluar air. Kata pak boss rada susah nih lokasi ini. waduh..terpaksa deh ke rumah ambil air..untung ada sisa tanki air yg kapasitas 1000 liter… jadi itu aja diisi buat para tukang mandi. Besok dibor lagi sambil para tukang membersihkan lokasi. Lumayan akhirnya keluar air sudah sore. beres deh urusan air. dan dicari cari ternyata ada bekas WC yg dulu..jadi closetnya masih bisa dipakai.

Temboknya Diputuskan pakai bata merah. soalnya ini ruangnya kecil kecil ..banyak tikungannya..jadi lebih fleksible bata…kalo dibandingin dengan 2 tahun lalu ..bata merah per biji sudah naik dari 400 jadi 500. ya sudahlah..toh gak bisa beli kemana mana lagi..soalnya jalan depan rumah hanya bisa 1 mobil aja..jadi beli material kayak gini dari toko bangunan di sekitar aja…supaya bisa dikirim pakai pick up yang kecil..

gambar1 gambar 13

gambar4 gambar5

 

Oh iya..minggu itu dateng dulu toko bangunan..Efendi..titip 5 juta..nanti pesannya kalo pak Mat telfon minta bahan kasih aja..tiap sabtu WA saya berapa tagihannya..nanti dibayar pake mandiri mobile banking..simpel kan. jadi 5 jutanya kayak jaminan aja..belakangan setelah selesai bangunannya..tinggak kabarin efendi..dibalikin uang 5 jutanya…

Beli besi betonnya ..search dulu nomor di hp. untung masih ada nomor toko besi nya. Fredi..toko ACC di jl. Dewi Sartika..kabarnya harga besi beton lagi rada mahal..tapi ya sudahlah..apa mo dikata. beli 100 batang yg sni ukuran 12..dia bilang harnyanya 81 ribu per btg, lalu 100 ukuran 8 buat cincinnya..harganya 31 ribu. beli juga kawat bendrat segulung 400 ribu an. Beli juga 100 batang yg ukuran 10 mili.. Dihitung..di WA hitungannya…transfer ke rekeningnya pakai mandiri mobile..dah gitu besok pagi sudah muncul besinya…

Tukang tukang mulai motong besi 12 nya, lalu tekuk yg 8 buat cincin..baru diikat kawat. Tapi kalo mo cepat sebenernya di toko toko itu tersedia juga pondasi yg sudah jadi..kita tinggal beli pelbagai ukuran.Tapi belum pernah dicoba..lalu dibandingin..yg jelas pasti lebih cepat kalo beli jadi. nanti deh kapan kapan dihitung ulang. kalo nggak lebih ekonomis paling nggak lebih cepat kerjanya.

Standar juga….pesan kusen dulu..paling ngga buat yg lantai bawah. tukangnya sih bilang bisa aja pak disisakan lubang..nanti kusen nyusul. tapi ngga deh..kalo kusen kayu kan perlu anda anchor ato biasa dipakai paku besar yang ditanam di tembok sampingnya..jadi waktu tembok kering, kusen melekat erat. kalo kusen alumunium justru tidak dipasang bareng tembok..ditunggu selesai semua..disediakan lubang seukuran kusen..dipasang kusen alumunium lalu dibor ke tembok pakunya. Tapi mas kusennya sih flexible banget..dua hari aja dah jadi tuh yg kusen bawah..jadi gak terganggu prosesnya. kan cuma kusen pintu..sama beberapa untuk jendela.

Sudah tuh..tenang lah tukang kerja..gambar sudah dibaca, material tersedia..besi ready..semen pasir sih dari toko bangunan efendi aja. Nah kali ini mo coba pakai Bondek buat cor lantainya. Sudah banyak yang bilang bondek lebih cepat ngerjainnya dan lebih murah. Tukang sudah dibilang kalo ini rumah akan pakai bondek. jadi agak beda dikit prosesnya dibanding dengan cor konvensional. Yang paling beda..waktu tembok dibuat..diatas dicor balok..harus dirapihkan biar rata..karena bondek akan ditaruh diatasnya….

Bondeknya sendiri gw beli di daerah durensawit.  dari google aja carinya..bawa aja gambar denah lantai 1 dan 2..nanti dihitungin sama dia..bondeknya ada yg ukuran 2,3,4,5 bahkan 6 meter. jadi dari gambar gw itu dihitung butuh 7 lembar yg 6 meter, 3 lembar yg 2 meter, 4 lembar yg 4 meter sama 1 lembar yg 3 meter. semeter persegi nya ada yg 99 ribu, ada yg 90 ribu. tergantung ketebalannya. 0,75 mili dan 0,7 mili umumnya. jadi gw pake yg 0,75 saja yg lebih tebal. langsung dikirim..bareng wiremesh 8. per lembarnya ukuran 2.1 x 5.4 meter..461 ribu…dari gambar butuh 7 lembar. bondek nya dipakukan ke balok nya..lalu wiremeshnya diikat dengan kawat ke besi balok..yg disisain sedikit. supaya betonnya nanti gak tumpah..dipasang bekisting papan disamping.

Secara umum bener nih cepat banget. materialnya dianter minggu siang..senin siang sudah terpasang sebagian…ada kesalahan hitung..akhirnya selasa pagi sebagian bondek diganti ukurannya dan dipasangn langsung jadi.Jadi perlu hanya 2 hari untuk pasang bondek dan wiremesh… hari  rabu dikabari tukang sudah bisa ngecor. sayang hujan. jadilah ngecor kamis. Jadi untuk luas cor sekitar 60 meter persegi..minggu siang, senin, selasa..selesai. untuk bondek yg bentangnya 3 meter..dibawahnya harus diganjal balok kayu..supaya kalo dicor nanti tidak melengkung ke bawah..keberatan beban cor.

gambar 11 gambar 12

gambar8 gambar10

 

Jadi dari minggu terakhir Januari pasukan dateng…ini sudah minggu ke 6..sudah cor lantai…dengan pasukan kekuatan 7 orang termasuk pak Mat..chief civil engineer merangkap kepala tukang..merangkap mandor….

gambar 11 gambar 12

 

Advertisements

4 Comments

  1. Pak…pernah punya pengalaman rubah layout tangga?
    Saya mau renovasi rumah dimana tangganya akan dirubah dari sebelh kanan menjadi sebelah kiri untuk menghemat ruang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s