Bangun Rumah Sendiri – gambar disain

Teman sedang berkutat dengan pembangunan rumahnya. Rumah tua di tanah 6×17 meter..sudah dibongkar total, tapi atap masih disisakan…Rencana mau dibangun rumah baru 2 lantai jadinya dan sedang berjalan. Lantai satu sudah hampir jadi..tapi lantai 2 baru dicor saja. Ini bangunnya pakai tukang harian 5 orang dan bahan bangunan beli sendiri semuanya. Gak ada gambar disain termasuk gambar kerja. Jadi tiap 3 hari datang ke lokasi untuk bicara dengan tukangnya…
Gw dateng deh ke lokasi..daripada tanya n ngobrol lewat telfon ya. Sekalian liat kayak apa sih rumahnya dan mungkin ada pengalaman yang bisa dibagiin nih..Temen gw sangat awam soal bangunan..tapi lebih penting lagi, dari awal dia pikir gak mampu selesaikan sekaligus 2 lantai, alias bangun bertahap.
Temen gw kuatir kalo ini waktu konstruksi sudah kelamaan. Dia sudah mulai sejak Januari dan ini sudah Juni tengah. Memang dipotong libur lebaran. tapi sekilas sih gw setuju. kelamaan waktunya dibanding apa yg sudah ada sekarang. Untuk tim kerja 5 orang..gw pikir rada lambat ya. Tapi akhirnya gw ngerti deh kenapa jadi gini..

Berikutnya dia rencana mo tunda aja bangunan lantai 2 karena dananya gak cukup. Dah habis 200 juta dan lantai dua masih cor saja..lantai 1 sudah pasang keramik, aci dinding sudah tinggal dicat, tangga sudah jadi tapi belum dikeramik kamar mandi belum diselesaikan, plafon sudah rapi tinggal dicat, listrik dah tersambung, garasi belum ada plafon dan lantai..apalagi pagar dan jembatan ya.

Gw pikir beberapa ‘kesalahan’ ikut berkontribusi bikin lamanya konstruksi dan bahkan inefisiensi alias kemahalan. Yang paling signifikan, gambar kerja gak ada. Gw juga takjub kalo orang gak merasa gambar disain itu penting. Bisa aja gambar disain dari arsitek ato bikin sendiri. Yang paling praktis sih gambar arsitek termasuk gambar kerja. Umumnya dirasa kalo harus ada biaya untuk fee arsitek, maka biaya konstruksi jadi mahal. Tapi ini contoh riil banget gimana kalo konstruksi gak pake gambar kerja bisa malah lebih mahal ..paling ngga jadi lebih lama bangunnya. 

Gambar kerja, sangat memudahkan waktu pesan kusen pintu dan jendela. Tinggal kita kasih aja bagian gambar kerja pintu dan jendela, dah lengkap kuantitas dan dimensinya.  Waktu mau cari jasa pasang baja ringan, atap dan plafon, kita tinggal kasih aja gambar kerjanya dan langsung bisa dihitung luasan dan tentu harganya. Butuh keramik berapa meter pun bisa kita langsung hitung dari gambar kerja. Skema listrik sangat membantu untuk tukang pasang listriknya dan menghindarkan kerjaan bongkar tembok untuk pasang kabel tembok. 

Gambar kerja yang terjemahan gambar disain juga bisa efisien dalam bikin fondasi. untuk rumah 2 lantai kan hampir semua sudut akan ditanam fondasi-cakar ayam kalo dibilang. Jadi kalau efisien disainnya, tidak terlalu banyak sudut termasuk lantai 2, atau jarak fondasi satu ke yang lain tidak terlalu dekat- maka jumlah cakar ayam nya bisa minimum. Belum lagi kalo bicara tangga naik. Disain peletakan tangga untuk rumah kecil sangat penting. Bisa efisien kalau dibawah tangga bisa dibuat kamar mandi tamu atau jadi gudang dengan tambahan pintu nantinya. 

Jalur kabel listrik dan stop kontak/saklar, ini juga akan lebih efisien kalau dari awal sudah didisain ato sudah dipikirin. Biasanya pas sudah jadi ruangannya, dapur misalnya yang terkenal banyak stop kontak nya, baru deh minta tambahan stop kontak. karena dari awal belum kebayang kulkas dimana letaknya, magic jar – yg butuh stop kontak sendiri plus blender misalnya. apalagi kalo kompornya pake lampu oven..kan harus ada tuh stop kontak khususnya. 

Terakhir, kalo gak bergambar kerja nih…disain berubah. Hari ini tukang nanya, ini gimana ruangannya..oke kita bilang seperti ini. minggu depan, baru kepikir..waduh kamar mandi ventilasinya kemana ya..minta tukang bikin jendela atas..ya pasti dia sih mau aja. besok lagi, kepikir setelah lihat rumah orang..bagusnya di depan teras ada kolam ikan. nah ini kan butuh jalur listrik, jalur air buangan..Ato tiba tiba  kepikir kalo di garasi itu ternyata butuh stop kontak dan kran air buat cuci mobil. 

Nah kira kira itu yg keliatan dari rumah temen gw ini..jadi salah satu sebabnya ya karena gak pake gambar kerja itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: