Granit lantai- update harga

Hari sabtu dengan terpaksa tapi senang hati dijadwalkan ke jalan percetakan negara ato rawasari -orang bilang begitu- untuk beli granit dan keramik. Daftar belanja tentu perlu dicatat dan dihitung dulu di rumah..

Untuk lantai, hitung  .pake software saja Sweet home 3D..dari denah layout ruangan rumah…bisa dihitung langsung berapa meter persegi kebutuhan granit. Untuk plint lantai ..tinggal dihitung manual panjang temboknya…dapat panjang dalam meter..lalu dibagi 60cm (kan ukuran granit 60×60) ..lalu dapat deh total keping granit yg diperlukan. Gw  hitung denah rumah..perlu sekitar 50 keping. per keping nanti dipotong 6 ..masing masing 10 cm. Satu lagi untuk tangga. Hitung berapa anak tangga yang ada..umumnya 17.  Injak anak tangga itu biasanya 30 cm..tinggi antar anak tangga 20 cm. lebar anak tangganya kalo rumah kecil 90 cm, kalo besar bisa 100 cm. Dengan granit  ukurang 60×60 maka harus dipotong ukuran 30×60 dan 30×30 lalu (tinggi tangga) 20×60 dan 20×30..semua 17 set. gampang aja kan…

Kalo sudah dapat berapa meter persegi..ini perlu dikonversi nanti karena ada merk granit yagn ukurang 60×60 nya 4 pieces per dus..ato  1.44 m ada juga yg  3 pieces aja..ato 1.08 meter.. Jadi bagusnya hitung meter persegi aja. .

Terakhir ke rawasari itu sudah 3 tahun yang lalu (2012)..waktu itu pakai granit indogress (lokal) seri yg paling murah Topaz..harganya 135 ribu/meter kalo gak salah. Padahal tahun 2011 pake Indogress yg lebih mahal serinya… namanya Zirconium..harganya 135 ribu per meter..Kayaknya makin tahun..serinya jadi downgrade nih..soalnya menjaga budget supaya tidak melenting jauh. Tahun lalu di pamulang pakai Eurogress-orang bilang granit china- cuma 98 ribu per meter..lalu 6 bulan kemudian naik jadi 104 ribu per meter.

Penampakan sekilas sih pasti gak beda lah..apalagi seri seri termurah begini kan biasanya warna krem..alias agak kecoklatan. Nah kalo makin putih warnanya ato  sekalian warna hitam bisa dipastikan harganya lebih mahal. Dijamin. Mungkin beberapa tahun lagi baru keliatan bedanya.

Karena dah rada siang, mending makan siang dulu. Eh taunya ada Mitra 10 di depan. Ya sudah, habis makan muter muter dulu disana..Beli Tanki Air yg 275 liter Merk Alco 505 ribu aja. Lalu ada wastafel American Standard 219 ribu. Karena dah lebih dari 1 juta, semua itu dianter ke rumah. cihuy, selesai urusan 2 toren dan 4 wastafelnya.

Eh ada juga granit lokal…Niro Granit dan discount banyak..yg termurah 150 ribu per meter. Elda serie nya. Tapi disini susahnya gak bisa motong buat plint dan anak tangga. Kemarin di Pamulang juga begitu..habis beli di Dunia Bangunan..nyari lagi tukang potong. Diambil ke lokasi 4500 per pemotongan plus transport 100 ribu. Ribet dah.

Di Rawa sari ini kalo memotong  2,500 rupiah sekali jalan pisaunya. Jadi kalau satu keping dipotong 6 plint, maka biaya potong 6×2500= 15 ribu. Yang enak lagi,bisa juga bikin pinggul dan step nosing seharga 12 ribu saja per keping. Jadi kalo bikin tangga 17 anak tangga, perlu 17 stepnosing dan pinggul yg ukurang 60 plus yg ukurang 30 cm. 12 ribu untuk yg 60 cm, 8 ribu utk yang 30 cm.  Biaya potong tidak lagi dikenakan.

ini dia yang disebut step nosing dan pinggul

Tangga Pinggul tanggal nosing

Keliatannya Granito sedang agresif.  Banyak sign boardnya di hampir semua toko. Seri yg paling ekonomis namanya Salsa. Tapi gw gak pernah pake Granito..jadi rada ragu. Mulai dulu dengan Topaz Indogress. Ternyata sudah 175 ribu per meter, satu box isi 1.44 meter. jadi harga per dus sudah 252 ribu. Mengingat anggaran..maka ditetapkan granit lokal dengan harga di kisaran 150 ribu per meter ato sekitar 210 ribuan per dus karena Niro itu 1.44 meter.  Akhirnya pakai Niro Granit seri Elda diberi harganya 145 ribu per meter. ya warnanya sih sama aja tuh..Zirconium, Topaz, Eurogress Marmo ato Marble…sekilas ya. Tapi pasti sih ada bedanya..entah apa ..gw duga sih kilapnya..intinya, granit ini secara pasti naik terus harganya.

Tapi rada kecele juga nih..ternyata waktu box dibuka ada print ato cetakan mesin pabrik di badannya niro granite yang bilang kalo ini Made in China…weh, ternyata ini buatan china toh..dan ini grupnya Sanji Mas rupanya..ya sudahlah..terlanjur..

Tadinya mo beli juga batu alam buat dinding luar..aksen saja. Tapi akhirnya pake Roman yg interlock. Cukup natural..keliatannya dan relatif lebih mudah pasangnya. Ini baru coba dulu..dbrick. Dibanding pemasangan batu alam yang butuh skill tukang kategori ahli dan memang tukang halus. Biasanya sih tukang biasa itu 100 ribu per hari, tukang halus biasanya 130 ribu plus musti dijadwal datangnya. Dengan pertimbangan ini mending pake Roman interlock aja lah. Skill tukangnya gak perlu ahli banget..yg penting rapih aja. Interlock nya Roman ini semeter 155 ribu….

tangga dbrick tangga jadinya

Terakhir buat teras dan balkon…gak banyak..sekitar 17 meter saja ato 12 dus.  Mo coba granit hitam bermotif..toh juga sedikit perlunya jadi bermotif gak apa lah. Karena warna hitam selalu lebih mahal..ini merk granit Cina..Vinsenza kalo ga salah merknya..12 dus itu 4 juta..ato  sekitar 230 ribu per meter.

Sudah jam 3 an…..selesai deh perjalanan beli granit, keramik sedikit untuk lantai jemur dan granit untuk teras, balkon; Toren alias tanki air dan wastafel. Enaknya beli di rawasari ini..(a) Bisa sekalian potong..setiap toko pasti mau terima potong..dan potongnya jauh lebih bagus dari potongan tukang manual. Gw dah pernah coba, pakai mesin potong Makita, mata potong Bosch…tetap aja masih terlihat gerigi bekas potongnya. Kalau di toko ini menurut mereka dipotong pakai fasilitas pabrik.. Yg gw bayangin sih mesin potong besar..putaran tinggi..makanya hasil potongnya bisa licin…(2) pasti diantar ke rumah…kecuali sedikit kuantitasnya. (3) pilihan merk dan harga tersedia lebar…dibanding Mitra 10 ato Depo Bangunan misalnya. Mau kelas keramik untuk kos kos an..ato granit yg slab alias mentah ada semua disini..Yang ini bisa bikin gawat juga. kalo mau beli mending ditentukan saja pagu ato budget nya..jangan dibiarkan melihat lihat brosur..karena hukum alam berlaku..umumnya yang makin mahal makin bagus….jadi harus teguh hati…he.he..he..

Gak enaknya…puanasss apalagi kalo pindah dari satu toko ke yang lain…wuiih…parkir juga aduhai..mesti tega dikit..parkir di pinggir jalan…sama yang terakhir kalo cari makan susyah…maklum daerah yang biasa didatengin mandor kali ya…Tapi di ujung dari arah Salemba ada Raden Mas Sederhana…di depan Mitra 10. Kalo dari arah Pramuka…ada Resto apa gitu namanya..makanan indonesia..besaar resto nya….lupa namanya. di kiri jalan..dan tidak jauh dari lampu merah..

Advertisements

13 thoughts on “Granit lantai- update harga

  1. Ganda

    Bang, sy favorit banget dg blo abang, terutam tulisan ttg bangun/renovasi rumah, numpang tanya. Tukang bangunan yg biasa abang gunakan ut membangun rumah apa bs sy pinjam ut bangun rumah jg bang? Terima kasih

  2. pahalanainggolan Post author

    waduh..susah boss..soalnya ini tukang satu grup-se kampung…lalu kerjaannya gak abis abis.alias selesai dari sini biasanya sudah ada kerjaan lain..dan ini sudah hampir 5 tahun jalan terus…maaf ya.

  3. pahalanainggolan Post author

    aku lupa nama toko nya.kalo dari arah rawasari..masuknya..ada di kiri jalan….kira kira 100 meter dari ujung jalan..dekat banget dari mulut jalan rawasarinya. telp nya. 081257848720 mbak lusia namanya.

    On Wed, Dec 2, 2015 at 12:33 PM, To Give….To Share…. wrote:

    >

  4. jonathan

    om numpang minta sarannya karena senang baca2 isi di blog om buat jadi inspirasi saya hehe.

    saat ini saya sedang renovasi rumah total, rencana juga mau pasang aksen di dinding luar yang pastinya terjemur matahari dan kehujanan.

    menurut hemat si om kalau dari segi daya tahan dan minim perawatan, mana yang lebih baik digunakan sebagai aksen dinding dari batu alam candi yang dicoating (ini yang ada di rab pemborong), granit atau keramik interlock?

    thanks untuk jawabannya om

  5. pahalanainggolan Post author

    kalo batu alam candi yg dicoating ini yg paling murah dari antara batu…pori besar..dan cepat suram plus tekstur gak macam macam..kalo mo batu pakai yg lebih mahal dari candi mas..yg bertekstur..seperti napoli gitu..batu lebih natural kelihatannnya… granit lebih sulit masangnya..dan kalau kena hujan tamat deh..pasti buram. kalo interlock rapih..bahkan sangat rapih dan jadi kurang natural..kecuali pilih motif yg natural…perawatan minimum sih..

    2016-03-13 3:02 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

  6. jonathan

    terima kasih masukannya om…

    kalau untuk candi maksudnya suram itu apa ya om? hehe

    oke2 saya coba search juga batu napoli

  7. liguna sopian

    klw mau potong granit..bikin bullnose dan stepnosing kami ready boss
    082217351745 (goen)

  8. IHSAN

    just info ,kantor saya bergerak di bidang importir granite tile china brand leter. selalu order ke distributor. jika ada yang berminat, bisa saya berikan harga order an ke distributor. silahkan hubungi saya ke 083808655656.alamat showroom, rukan grand orchard square blok f 09,jalan terusan kelapa hybrida, kelapa gading

  9. Bowo

    Mas tukangnya sekarang masih ada proyek atau gak ya? sedang butuh tukang juga di deket2 sini.. renov sebagian (gak total) sebelum ditinggali mei 2017 mendatang. makasih ya,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s