Tangga Rumah Tingkat

Rumah dua lantai atau pakai dak di belakang perlu dibuatkan tangga. Estimasi besarnya ruang yang diperlukan dan standar tinggi anak tangga harus dihitung detail supaya enak dilihat, nyaman diinjak..dan tentu saja efisien ruangannya.

Tanggal besi melingkar..ini yg paling efisien ruangnya. cukup sediakan ukuran 1.5 x 1.5 meter..pasang tangganya. Gak terlalu nyaman tentunya.karena hanya satu arah yang bisa dipakai..gak bisa ketemu di tangga. Sempit yang jelas dan terjal. Harganya ekonomis sekitar, 1.5 – 2 jutaan. Enaknya dipesan waktu belum jadi rumahnya. kuatirnya gak bisa masuk pintu depan. jadi malah harus dirakit dan dipasang di dalam rumah. Jadi sebaiknya waktu lantai dak atas sudah jadi…segera pasang tangganya.

pusakasari.blogspot pusalasari.blogspot

Tangga beton lebih mantap, kokoh dan dibawahnya bisa dibuat rak atau gudang kecil, bahkan WC.

Lebar tangga untuk rumah normal, rumah kecil 90 cm. bisa 16 atau 17 anak tangga. permukaan yang diinjak itu biasanya 30 cm. Tinggi anak tangga gw biasa pakai 19cm-20cm. Plus bordes, area dimana sesudah 8 tangga..lalu istirahat..ada area 90×90 cm..lalu ada lagi dikanan 90 x90 cm..baru naik lagi ke anak tangga ke 9-16..ini paling nyaman buat yg sering naik tangga. Kalau ruangan rumah lebih besar..bisa juga ukuran lebar tangganya dibuat 100 cm atau 1 meter.  Tangga model bolak balik dengan bordes 2 area..butuh 3-3.2 meter x 1.8 meter (kan lebar 1 tangga 90 cm, jadi kalau bolak balik naiknya – 90 cm x 2 = 180 cm).

20150228_105508

Kalaul mau lebih hemat, bordes bisa dibuat melingkar dan beranak tangga juga. kira kira seperti ini :

20150228_105458

lebih hemat ruang..karena bordesnya jadi tangga juga..ruangannya bisa hanya 2,3 meter x 1,8 meter lah. Gak enaknya borders melingkar ini naik tangga harus senantiasa hati hati..anak tangga terus soalnya. Satu lagi, lingkar bordes yg dalam itu tidak bisa dipakai…gak bisa diinjak karena pendek pendek..jadi gak bisa juga ketemu dua orang di area bordes tangga.

Kalau tangga naik mau ditaruh di sudut ruangan..tentu saja tangga model L sangat pas. Hemat ruang juga karena bordes cuma satu saja (kan tidak perlu bolak balik atau melingkar) dan dibawah tangga itu bisa dibuat lemari penyimpanan, rak sepatu, atau WC untuk tamu. Sayangnya rumah kecil itu susah punya ruang sudut yang rada besar..minimum panjang anak tangga paling bawah..naik sampai bordes butuh 3 meter. lalu ancang ancang naik tangga harus ada area kosong dulu kan..kira kira 2 meter..jadi total mo naik tangga butuh area panjang 5 meter. ini yg susah..kalo rumah sedang atau besar sih tentu gak masalah. `

Permukaan tangga dari papan kayu juga enak kalau 90 cm..biasanya panjang papan itu 4 meter…prakteknya 3,80 – 3,90 meter. jadi kalau mau lebar tangga 90 cm..satu bilah papan bisa dipotong jadi 4 anak tangga. Kalau kita mau lebar 100 cm..pasti jadi lebih mahal..satu bilah papan kayu hanya jadi 3 anak tangga plus sisa dibuang. kalau 16 tangga tadinya perlu hanya 4 bilah papan kayu..sekarang jadi 6 bilah…kacau ya, cuma nambah 10 cm tapi efeknya 50 persen lebih banyak kayunya.

Dari bentuk bentuk ini yg moderat, agak nyaman dan aman..ya model bordes dan bolak balik..lebar 90 cm sudah ok karena nanti kalau ditutup dengan bahan granit..gak tanggung motongnya…kan ukuran granit 60×60..buat permukaan yang diinjak 30×60 plus 30×30…lalu buat tinggi anak tangga…butuh 20 x60 cm plus 20 x30 cm…Ini potongan bisa dipesan langsung. Sangat dianjurkan karena kalau tukang kita yang potong pakai mesin..selain gak bisa halus..makan waktu..boros listrik juga..Jadi dianjurkan cari sekaligus dengan jasa potong.

Kemarin potong granti, bikin step nosing 3 garis, lalu pinggul (bull nosing) itu dikenakan 12 ribu per keping granit. Kalau beli di toko daerah rawasari..mereka pasti sediakan jasa ini..kalo di mitra ato depo mereka gak terima potong..tapi boleh juga tanya penjaganya..suka kasih nomor hp tukang potong. Di dunia bangunan serpong, tidak terima potong tapi petugas penjualnya bisa ditanya nomor hp tukang potong…relatif lebih mahal..kalau potong saja di rawasari masih 2500 sekali jalan..di serpong terakhir gw bayar 4000 sekali potong.diantar jemput plus 100 ribu transport.

Anak tangga dikasih step nosing (dipahat garis 3) dan dikasih pinggul (bull nosing) supaya enak dilihat dan lebih aman karena tidak licin. Pilihan lain bisa saja ujungnya beli step nosing yang sudah jadi..biasanya lebar 8 cm..Kelemahannya warnanya standar saja..hitam atau krem saja. Jadi kalau tidak persis sama dengan granit lantainya …bisa kelihatan 2 warna. Disamping itu, lebih mahal dibanding kalau granit yang kita beli langsung dibuatkan stepnosing dan bullnosingnya.

step nosing lagi lagi step nosing lagi step nosing

Alternatif lain buat keamanan ya pake anti slip tape..kayak selotip..lebar 2.5 cm  – 3 cm..warna hitam…ada kayak pasir diatasnya. Yang jual agak jarang..tapi di depo ato mitra ada tuh..panjang 15 meter lebar 3 cm.merk Tesa..harganya250 ribuan. jadi tinggal ditempel aja diujung anak tangga. ini ada yg jual di  http://www.perkakasku.com/pita-anti-slip-lantai-tesa-60950-black-sm409.html

stair nosing tape

Satu lagi yg gak rekomen..bullnosing dari plastik/karet..yg ditempel pakai lem aica aibon..pernah beli untuk anak tangga 16 untuk dua rumah..jadi kira kira 32 anak tangga. Gulungan..kalo gak salah di harco beli nya 1 Juta perak. Pas dipasang.gak bisa ..gagal total. Rupanya lem itu ke granit baru gak nempel..licin dan berminyak. Jadi melengkung, gak nempel..pokoknya kacau lah. Rupanya ini bahan bisa nempel di lantai yang kasar..mungkin keramik yg tidak licin..atau kayu..tapi yg jelas gak di keramik ato granit yg glazuur nya mengkilap.

nosing karet

Ini tangga pakai granit, lebar 90 dan bolak balik..tapi gak pake stepnosing n bull nosing..polos.

20140831_105121 ????tangga

 

 

Advertisements

4 Comments

  1. iya..aku ditawarin yg bekas..dihitung ngecat lagi..plus angkutnya..blom lagi kalo gak bisa masuk rumah..lebih ribet..kalo bikin khusus sekarang 2-3 juta…bisa bikin di lokasi

    On Fri, Jul 31, 2015 at 6:55 AM, To Give….To Share…. wrote:

    >

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s