Bangun Rumah Sendiri – ikut pakem aja

Disain rumah sendiri memang kerjaan yang menyenangkan. sekarang jadi jauh lebih mudah karena banyak aplikasi sederhana, gak ribet yg bisa dipakai untuk disain. Untuk lay-out ruangan gw biasa pakai Sweet home 3D. ini sebenernya software buat interior disain. tapi karena dah kebiasaan, males juga belajar baru..jadi pakai ini aja untuk disain layout ruangan baik lantai 1 dan 2. kalo untuk disain fasad, penampakan luar dan lainnya, biasanya sih gw minta tolong arsitek sekalian gambar kerja.

Selagi disain, muncul deh constraint2 ato batasan yang terasa mengganggu. Ini balik lagi ke rumah temen gw ya..ternyata blum dipikirin juga untuk lantai jemur. Ini butuh area khusus, terbuka dan tidak terlihat dari depan. Belum lagi penempatan mesin cuci yg lumayan besar. Kalo ditambahin lagi, kamar pembantu dimana…kamar mandi pembantu juga perlu dipikir. terakhir suka kelupaan, tempat nyimpan barang alias gudang.

Nah biasanya sebelum memulai disain lay-out ruang yg mengasyikan itu, jangan lupa buat daftar ruangan apa aja yang perlu ada. Jangan juga pikir buat sekarang aja, tapi bbrp tahun ke depan. Garasi mobil ato carport misalnya. pengalaman sih bilang kalo mobil satu itu oke, tapi musti diantisipasi kalo perlu dua kayak apa.  untuk rumah yang lebar tanah 6 meter, bisa dibuat carport untuk 2 mobil sekaligus. Sebelum mobilnya punya 2, gak apa juga kan area carportnya ditanam rumput, ato tempat naruh sepeda motor, sepeda dll. Jadi pakemnya, siapkan carport untuk 2 mobil. kalau bisa….kalau nggak bisa, ya taruh di luar rumah…jadi perlu dipikirkan selokan tertutup dan pagar agak mundur.

Berikutnya ada pakem yg perlu diikuti..pakem itu kayak standar ukuran ato standar2 yang biasa dipakai untuk bangunan rumah. Pakem yang berupa ukuran ukuran standar ini ujung ujungnya bisa bikin ongkos efisien dan operasional normal. Temen gw mo bikin pintu lipat di belakang, menghadap ruang terbuka ukuran 4×2 meter..jadi idenya duduk di meja makan, sambil ngobrol pintu lipat dibuka. Sudah dibuat bukaan 290 meter lebarnya. tinggi hanya 2 meter/ diatas pintu dirancang ada jendela ventilasi tinggi 30 cm, kiri dan kanan. Alhasil, menurut tukang alumunium yang bikin pintu biayanya fantastis. gw biasa bikin pintu lipat ini dengan lebar 260cm saja..supaya pas 4 daun pintu saja..muat deh tuh lebar kaca, kusen dan rangka..tingginya bisa 240. ringkas bikinnya, standar ukuran daun pintunya..dan ujungnya efisien harganya. karena temen gw disain bukaan 290 cm, ditawarkan 5 daun pintu. satu swing, 4 lipat ke satu arah. gw bilang 4 daun dilipat ke satu arah pada kenyataannya tidak mudah. kita jadi malas buka pintu ato buka malas nutup. yg enak sih 2 kanan, 2 kiri..enteng buka/tutupnya. jendela ventilasi atas? gak perlu..cuma nambah urusan, mending buat pintu tinggi aja. bisa 240cm kok..jadi bersih keliatan disainnya.

Pakem satu lagi nih..minta kaca pintu lipat dibevel..kacanya dibikin tebalnya beda pinggir dan tengah..jadi keliatan ada kaca kotak di kaca jendela..keren sih (liat aja di google kayak apa kaca dibevel).. Padahal rangka alumunium nih..menurut gw, agak jarang pakai bevel..biasanya jendela alumunium dikasih kaca polos 5mm aja. kalo rangka jendela nya dari kayu diplitur..nah ini kalo kaca nya dibevel..baru tambah mewah. karena ini alumunium minta dibevel, sama tukang alumunium dibilang gak bisa kaca 5mm. perlu kaca 8-9mm..kebayang nambah mahalnya.

kaca bevel

Area shower dengan closet. pakemnya perlu dikasih pembatas karena shower pasti airnya kemana mana. pakai curtain aja..kayak tirai plastik gitu. boleh aja, tapi nanti air yg dibawah tetap keluar ke area closet. lantai WC nya gak bisa kering sepenuhnya. Karena itu, gw saranin pisahin pakai kaca sliding aja…dua lebar kaca ditaruh di rangka alumunium..tinggi standar 2 meter cukup…lebarnya? tergantung lebar kamar mandinya.

kaca pemisah kamar mandi

Nah ini lagi pakem luasan kamar mandi untuk rumah kecil. Gw sih bilang 2×1.5 meter cukup..ato 2×2 bagus banget..mungkin sudah bisa masuk wastafel didalam kamar mandi tuh. Jadi pake untuk area shower itu lebarnya 90 cm saja. panjangnya..ini ngikut lebar kamar mandi ya..Closet itu untuk enaknya sediakan area lebar 90 meter..supaya kalo duduk kaki nya bebas..Wastafel untuk cuci tangan dan sikat gigi itu lebarnya 45 cm dan tidak butuh area tambahan..jadi bisa ditaruh di sudut.

Kalau mau taruh kamar mandi kamar utama dekat tangga naik..bisa juga. closet ditaruh dibawah tangga. jadi tinggal sediakan 90 cm untuk area shower aja. bisa deh kamar lebih besar jadinya..krn hanya makan 90cm saja, dengan closet dibawah tangga. cukup pastikan tingginya minimum 2 meter supaya yg pake closet gak terantuk kepalanya. Pintu kamar mandi jangan lupa..minimum lebar 70cm dengan tinggi standar ikut tinggi kusen rumah. Gw pernah pakai pintu jadi..memang lebih praktis, lebih murah, tapi ketinggian beda, modelnya juga beda dengan keseluruhan jendela dan pintu rumah. Kalo mepet banget..pintu sliding alias pintu geser gpp juga. apalagi kalo cuma kamar mandi di dalam kamar tidur. gak ada yg liat juga kan..dan menghemat banyak ruang.

Satu lagi, bikin garasi ato carport itu  panjangnya supaya enak 5 meter. kalo tanah ukuran 6×15 meter..pasti gak mungkin bikin garasi untuk 2 mobil memanjang. karena akan makan area 5×2 m = 10 meter..padahal panjang tanah hanya 15 meter..itu lah makanya carport ato garasi mobil di depan dan sejajar saja. Umumnya lebar 3 meter. tapi gerbang masuknya jangan pas  3 meter. Apalagi pintu gerbang swing 2 lembar arah keluar..pasti nyusahin nanti manuver mobil ke garasi itu butuh gerbang lebih lebar dari lebar garasinya sendiri. jadi bikin aja 4 meter gak apa. pintu gerbangnya kalo tanah kecil ya pintu lipat kiri kanan 3 daun pintu ato pintu dorong kombinasi dengan pintu lipat. jadi manuver mobil lebih mudah kan.

Nah serangkaian pakem ukuran ukuran ini perlu dipahami dulu sebelum disain. supaya begitu kamar mandi jadi, gak bingung nambahin wastafel..padahal mo gosok gigi malam kan ke wastafel. nambah wastafel itu dahsyat upaya nya. wastafel itu butuh pipa buang untuk air kotor. butuh pipa masuk air. lebih rumit lagi kalo wastafel mau ada air panasnya. perlu slang orange ditarik dari water heaternya. kebayang kan upaya nambah sesuatu yg gak diperhitungkan diawal ya…

Buat rumah ukuran kecil, tangga itu penting didisain dengan baik. Bagian yg diinjak 30 cm, lebar tangga 90cm. tinggi antar anak tangga 20 cm. Beda dari pakem ini boleh saja. kalau tinggi antar anak tangga ketinggian, gak enak naik tangganya. kalao kerendahan malah kesandung. Lebar anak tangga lebih dari 90 cm boleh aja. tapi kalo nanti mo pake keramik ato granit, ukuran yg ada lebih efisin motongnya. juga kalo mo pake anak tangga dari kayu. panjang papan kayu itu 4 meter max. prakteknya jarang bisa kepakai 4 m. jadi kalo 90cm bisa selembar papan dipotong jadi 4 kan. bayangkan kalo bikin lebar tangganya 110 meter..pasti banyak sisa potongan.

tangga bagus efisientangga bagus tidak efisien

Bawah tangga bisa kok jadi kamar mandi. Bisa juga jadi gudang. Lihat deh disain disain tangga di google. Jadi disain tangga yang anak tangganya tidak tertutup malah bikin area bawah tangga gak bisa dipakai apa apa. lebih bagus sih..untuk rumah besar tentu cocok. untuk rumah kecil yang ‘bergulat’ dengan efisiensi ruang..jadi gak cocok. bukan gak bagus ya

Disain yg diluar pakem tentu boleh boleh saja..asal siap dengan konsekuensinya..ngerjainnya lebih lama..dan cenderugn bakal lebih mahal nantinya. untuk rumah kecil tentu saja pakem ini jauh lebih penting diperhatikan dibandingkan kalau rumah area luas…ukuran kamar mandi misalnya, kan tidak terbatas luasnya..tapi ada minimumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: