Keramik motif batu alam- interlock

Dinding depan rumah..fasad begitu kadang disebut..biasanya kalau polos semua jadi monoton. Gw coba beberapa kali pakai jendela depan dikasih bingkai tebal 10-15 cm…lalu dicoba juga kombinasi dua warna..intinya sih supaya jangan monoton dinding depannya polos ..

01092013(005)

kali ini mau coba pakai aksen batu alam.

Waktu pasang batu alam di pagar depan…ternyata rada runyam juga. pertama tukangnya harus jenis halus alias spesialis kerjaan halus.. jadi rapih ngga nya tergantung kualitas tukang. kedua, batu alam dipasang biasanya gak pake nat..jadi kalo tukangnya jorok..nanti dari sela batu nya meler alias keluar bekas semen yg warnanya abu abu …bikin kotor dan gak bisa dibersihin….Pernah ngalamin kayak gini, alhasil batu alamnya gw cat hitam aja lah…. Gak ngerti kenapa kok bisa meler gitu setelah sekian lama. Ketiga, periodik harus dicoating atau dilapis vernish supaya tetap kelihatan bersih..kalo mau kelihatan wet..basah gitu, coatingnya yang glossy..kalau mo bersih aja dan sewarna semua..pake yg doff. keempat, waktu pemasangan lebih lama…Terakhir kalo buat sudut tembok ato tiang..nah susah deh….jadi bagus buat penampang tembok aja.

Enaknya batu alam ini dipasang  nat kecil banget…waktu itu..jadi ditempel semua satu sama lain..untungnya rapi tukangnya. gw perhatiin beberapa tempat yang pemasangannya gak rapih. kesian jadinya…Kalau kesan naturalnya tentu aja batu alam ini gak bisa diadu dengan keramik bermotif batu alam. warna, tekstur lebih bagus tentunya…ini yg dipasang di pagar sama Nurtopa (tukang gw yg niat kerjanya gak jelas..penggemar bob marley…tapi kerjaannya halus…)

z

Kali ini mo coba aksen batu alam dengan keramik roman Dbrick ukuran 30×60, sambungannya interlock alias ada gigi-gigi nya antar keramik. Seri ini gw perhatiin agak beda dari seri keramik batu alam lain..dan sekaligus perbedaannya menutupi kelemahan keramik motif batu alam. Selama ini keramik batu alam ada nat antar batunya..warnanya abu abu. sayangnya keramiknya persegi..jadi nat antar keramik jadi kelihatan berbeda…kalau dari jauh kelihatan jelas bahwa ini keramik ! karena terlihat batas antar keping keramiknya. Kalau dilihat sekeping saja..mungkin bagus, tapi coba deh mulai disandingkan dengan keping lain dikiri, kanan,atas bawah..lalu bayangkan nat nya..pasti jadi kelihatan kotak kotak keping keramik yg gak bersatu.

Produsennya keliatannya paham nih..keluar deh model sambungan interlock. jadi sambungan antar keramik bergigi..supaya lebih natural..kayak gini nih

roman keramik 2roman keramik

Tapi ada satu lagi yg kelupaan…contoh yg kiri itu Centro… antar batu (di sekeping keramik tidak ada nat..yg kanan Roman..antar batu ada nat. Jadi pasang centro supaya konsisten..antar keramik gak pake nat….ini yg agak susah. coba deh liat fotonya..hampir pasti batas antar keramik akan keliatan…kecuali antar keramik sangat rapat…

Nah rasanya interlock itu ok banget, bisa menyamarkan batas antar keramik..lalu kalo motif  batunya ada nat..lebih ok lagi..karena bisa membantu mengaburkan lagi batas antar keramik.. karena antar keramik nanti dibuat pake nat..Maka percobaan dimulai dengan Roman Dbrick – interlock, antar batu motif nya pake nat.

Karena ukuran keramik disebutnya 30×60 cm, maka area disiapkan lebar 120 cm. Hitungannya kalau 120 cm maka dua keping keramik dipasang horisontal. Ternyata salah besar !!

60 cm itu jarak gigi terluar kiri dengan gigi terluar kanan…nah kalo dipasang horisontal..kan gigi-giginya harus klik ya…alias masuk satu sama lain..jadi kalau dua keping dipasang horisontal..tentu gigi kiri kanan harus dipangkas supaya rata..lebarnya hanya 54×2 = 108 cm saja. Karena area nya sudah 120 cm..jadilah untuk satu baris bukan 2 tapi 3 keping..dimana satu keping itu khusus dipotong buat diambil gigi nya saja…dan sisa potongannya gak bisa dipakai lagi..karena sudah tidak bergigi lagi..jadi kalo mo dipasang nempel dengan temannya..malah aneh.

ya sudahlah..pelajaran aja. kalo pake interlock, areanya hitung jarak gigi dalam ke gigi dalam saja..karena kan sisi kiri kanan harus rata..dan gigi nya harus dibuang…Hasilnya lumayan juga..paling ngga lebih natural..dan batas antar keramik gak kelihatan sama sekali…

roman keramik 120150628_14051620150628_140504

menurut gw, ini batu alam canggih..buat sudut tiang..dan sudut tembok..gak pake disambung !! gak ngerti …apa batunya tebal banget ..jadi tinggal ditaruh aja..tapi yg kanan itu batu  hitamnya nempel di tembok putih dan gak ada kesan tebal nya…

20150702_083908 20150702_08403020150702_084114

Advertisements

2 Comments

  1. pemasangan interlock keramik yang utuh dimulai di tengah, kiri kanan yang dipotong, sehingga tidak dipotong interlocknya, potongannya jadi rata, interlock tidak terbuang.

  2. ah iya mas, terima kasih. aku salah perhitungan saja..karena dibilang ukuran panjang 60 cm jadi aku siapkan space 120 cm panjang. harapannya 2 keramik, ternyata 60 cm itu gerigi luar dengan luar..seharusnya spacenya 110 cm saja.

    2015-09-13 10:04 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s