Memasang Wastafel dan Water Heater

Iseng iseng mo pasang wastafel rumah. Gak ada susahnya sama sekali..alat-alat yang diperlukan juga gak banyak. Jadi kalo wastafel sudah buram, diganti sendiri aja. Kali ini gw beli wastafel American Standard di Mitra 10 …dan dipasang di 4 kamar mandi !! Kali ini gak salah lagi..wastafel nya sudah dilengkapi jepitan. Waktu itu pernah beli TOTO dan lupa gak dikasih plat besi jepitannya..alhasil seharian nyoba pasang..susah banget..dan gagal. Akhirnya ke tukang las dulu..minta bikin plat besi bengkok..lalu dibor buat tempat dynabolt nya…

Paket dari wastafelnya (cuma 200 ribuan harganya nih..) selain wastafel ada paku fisher 6 ..plat besi 2 dengan 3 lubang. itu aja. Jadi perlu kita beli juga kran wastafel..gw beli Wasser aja..140 ribu kalo gak salah. alat alat kerjanya ini aja kok…

wastafel 1

Bor nya pakai mata 8. Gw pake mata bor Bosch aja..daripada pake yg abal abal.biar aja harganya 2-3 kali lipat tapi kerjanya lebih efisien..gak perlu sering sering ganti. Ah..kali ini gw pake waterpas..biar gak miring..sekalian buat penggaris. Plus spidol buat menggaris…

Pertama, buat garis tinggi wastafel. Umumnya 80 cm..Perhatikan lubang pembuangan air..wastafel harus ditengah..karena gak mungkin lubang pembuangannya miring. Jangan lupa pake water pas buat meyakinkan garis dah horisontal sempurna. Hati hati kalo makai lantai sebagai rujukan. Umumnya lantai kamar mandi miring..jadi kalo 80 cm rujukannya lantai kamar mandi..bisa miring wastafelnya.

Kedua, dari garis 80 cm tadi..buat lagi garis sejajar 5 cm dibawahnya.

Ketiga, bor buat  lubang jepitannya…2 lubang teratas persis di garis..yg satu dibawah..

wastafel 5

Kalau sudah jadi tinggal taruh aja wastafelnya..diatas jepitan plat besinya..dan lihat kerataannya. Pakai waterpas kalo mau..lebih tokcer.

Keempat, pasang kran..lalu selang air flexible…jangan lupa dikasih selotip putih ya…

Terakhir (ini blom gw kerjain) pasang sifon nya..atau saluran buang. Ada yg plastik putih bahannya, ada juga yang besi stainless. silakan aja dipilih yg paling ok, lalu pasang manual aja kok..sederhana.

wastafel 4wastafel 2

Jadi deh wastafel dan kran nya…

wastafel 3

Yang berikutnya..water heater. Agak berat..karena masangnya diatas..kira kira 2 meteran diatas. Jadi perlu scaffolding ato steger yang enak…berat juga water heaternya..jadi mesti enak posisinya. Ini alat yang diperlukan..

heater 1

Bor nya agak besar..pakai mata 12. Gw pake matabor yang Bosch juga..Bornya pakai yang 13 ..jadi lebih besar..dan impact drill…jadi ada kayak per nya..waktu menekan tembok nanti. ini bor punya pak Mat…Makita Asli..dah lama banget dia bilang.  Enak motornya..getarannya kecil, suara haluuuussss. Tadi gw baru ganti kepalanya (yg megang mata bor). Gerigi nya sudah aus di beberapa tempat. Gw pake after market aja..Sellery. Jadi buka dulu..tinggal pasang.

Paket kelengkapan dari heaternya ada dynabolt 2. Tapi gw kapok pake dynabolt..terutama kalo mau bor keramik dinding.Begitu ada rongga di belakang keramiknya..dynabolt langsung kehilangan pegangan..jadi pas diputar bautnya.dol aja dia..Mendingan gw ganti sama fisher besar aja. Gw pake fisher yang 12 juga…beli di Ace hardware aja..buat 4 heater..perlu 8 pasang  fisher. Untuk mutar baut fishernya- karena besar gak pake obeng lagi muternya….jadi pake aja kunci sock  yang mata 13..plus rachetnya..jadi ringan kan muternya nanti.

Selang flexiblenya ada dua jenis. Masuk dari saluran air pake flexible biasa..tapi dari water heater ke saluran air menuju mixer..itu pake slang besi..kurang flexible memang..jadi sekali dibengkokin gak bisa balik lagi…dan gak bisa dipake lagi.

Memasang water heater itu yg penting dan yang susah hanya pasang jepitannya..yg warna putih. Harus rata dan tertempel dengan baik…karena ia akan menahan water heater dan air di dalamnya. yang ini heater kecil kapasitas 10 liter..bayangkan jepitan harus menahan ini..sepanjang waktu.Jadi masangnya harus ok.

heater 2 heater 3

Pertama jelas bor dulu lubang dua untuk jepitan heater..kira kira dulu tempatnya. Hitung jarak dengan lubang air masuk ke heater.

Kedua, pasang jepitan dan cantolkan heater (di bagian belakannya ada jalur untuk jepitannya…)

Jadi deh..sisanya tinggal pasang slang flexible..dan jangan lupa diselotip dulu yak. yg warna merah itu untuk air panas dari water heater yang akan ke saluran lalu ke mixer airnya. Jadi untuk ini pasang selang yg rada kaku.

heater sambungan

Jadi gak susah banget deh..mengasyikkan malah.

Advertisements

5 thoughts on “Memasang Wastafel dan Water Heater

  1. mysf13

    Bagaimana memasang Wastafel seandainya tidak menggunakan penjepit?
    Apa bisa menggunakan Dinabol atau Preezer.
    Atau ada cara lain menggunakan selain penjepit.
    Mohon batuan petunjuknya.
    Terimakasih.

  2. pahalanainggolan Post author

    pernah juga wastafel T*T* seri tertentu gw beli n ternyata gak pake penjepit..waduh susahnya ampun kalo mengandalkan dynabolt. goyang juga hasilnya..takut malah pecah wastafelnya.. akhirnya pergi juga ke tukang las..minta bikinin plat besi dan ditekuk jadi penjepit. paling cepat n kuat ya pake penjepit bro….

    *http://sudah-sore.com *

    On Thu, Jan 26, 2017 at 8:16 PM, To Give….To Share…. wrote:

    >

  3. dimasjprasetyo

    Terimakasih atas sharing pengalaman dan tulisan yang renyah. Pak Pahala ini sebenarnya berprofesi sebagai apa ya? kok apa aja bisa termasuk membangun rumah? Mohon kontak wa-nya buat tambah kenalan. Dimas arsitek (wa 081310877798)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s