Corolla Ke-20 si kuning…

ini dia kondisinya waktu baru dibeli...penuh karat, ban donat, stir kayu,cat gak jelas ...tapi bisa jalan dan halus mesinnya. ini waktu dikerok cat nya..lalu dilas..dan diepoxy..lalu didempul-kalo yg ini gw minta orang lain yg ngerjain...gak bisa soalnya. Lumayan juga ngerjainnya..capek yg jelas.. Dah gitu belajar ngecat..masih pakai cat NC, kayak cat mikrolet..bahkan gagal vernishnya.. Sudah... Continue Reading →

si kuning berobat – radiator (6)

mesin panas itu karena radiator tidak efektif. radiator yg sudah kebanyakan ditambal ato dimatikan jalannya bisa jadi tidak efektif meredam panas mesin. gw sih ganti aja dan dipotong supaya pas ke rumah aslinya. boss lukman dari palbatu yg nongkron sesudah kota kasablanka yang ngerjain..dan OK.

si kuning berobat (5) – urut kabel

Tadinya sih standar aja kabelnya..cuma ada AC dan radio. Selanjutnya sejalan dengan perkembangan jaman..he.he.he...makin banyak deh tambahannya dan montirnya main cabut sana sini aja kabelnya. jadilah runyam dan gak memenuhi kaidah perkabelan. Puncaknya waktu susah distater..begitu bisa nyala..eh keluar asap dari kepala aki nya. di kepala yang positif aja dah ada 4 kabel nyantol..negatif ada 2 buat massa nya. Kata teman gw yg ngerti elektro..kacau nih perkabelan..ada yang kabelnya sambung menyambung menjadi satu...ada yang besar kecil gak sama..ada yg gak mau pusing dan pake pengaman..jadi langsung nyantol ke kabel di aki nya.

si Kuning berobat (3) – rem

Karena lama dibiarkan tidak menyala..sekitar 2 tahun..alhasil semua perangkat rem mengunci alias tidak bisa bergerak. Jadi sesudah mesin bisa nyala lagi..beli aki baru tentunya, tetap gak mau bergerak si kuning nih. Terpaksa deh dibongkar drum rem nya depan belakang..dan gileeee karat semua euy. Dibersihkan..tapi kok piston silinder rem nya gak balik ya...waduh pasti silinder remnya... Continue Reading →

si kuning berobat (2) – ganti kaca depan

Sejak lama baret di kaca depan sudah mengganggu. Cari di lapak mobil bekas di daerah TB Simatupang..berapa tahun yang lalu ada..cuma ragu juga karena yg ditawarin ke20 yang tahun 73. kuatir beda ukuran. harganya 250 ribu. Telfon toko Moro Seneng di Senen dan Gaya Baru di kampugn melayu...silakan dibawa dulu mobilnya pak..lalu kita lihat ada... Continue Reading →

Si Kuning berobat (1)- regulator pintu

Salah satu yang perlu dioperasi dari si kuning ..putaran kaca. Berat banget..dan lama lama gagang puteran kaca nya dol..alias gak berfungsi. Sudah dibelikan dari e-bay putaran kaca nya..tapi waktu mo dipasang kepikiran juga..sayang juga dipasang..kalo problem kaca berat naik nya gak diselesaikan. Jadilah 4 putaran kaca disimpan dulu. Sehabis operasi kabel dan mesin..si kuning gw... Continue Reading →

si kuning kepanasan…meriang listriknya

Rasanya ada yang salah nih kelistrikannya si kuning..kalo diurut-urut begini kisahnya. pertama tiba-tiba kalo lagi jalan dia mati..langsung aja mati...terutama kalo AC dinyalakan. tapi tunggu bentar bisa dinyalain lagi...dah gitu indikator tempratur lebih dari dari setengah..masa sih toyota tua begitu ya..biasanya sih kan maximum setengah kurang. atas dasar dari gejala ini pengobatan pertama dulu pasang... Continue Reading →

Welcome si kuning

Setelah berbulan-bulan cari di pos-kota..dan beberapa kali mengunjungi alamat yang dimaksud..akhirnya sebuah mobil tua hadir di rumah...tentu saja disambut dengan kekecewaan para anggota rumah jatibening.... corolla tua..kuning pucat..penuh karat...cat ngelupas..dempul tebal pada beberapa bagian..kubawa dari daerah sentiong ke jatibening...yg punya firman namanya...masih pegang katalog parts nya lho...inilah dia ..Corolla KE-20 thn 70... baru jalan 20... Continue Reading →

bongkar si kuning

yang pertama dibenahi tentu saja rem..kok rada ngebuang plus ngga pakem...jadilah bongkar roda dulu..eh roda rada goyang...wow rupanya tempat bearing roda dah aus..jadi bearing ikut muter di as nya...ini dulu deh. Denga PD cari ke ruko onderdil caman...nihil..besok ke atrium..nihil juga..ada yg model kotak...ini mobil apa ya? waduh...kalo jenis aja ngga paham apalagi barangnya..pasti ngga... Continue Reading →

emblem corolla 1

mujur..mujur...sesudah kalah bid yg lalu...eh nongol lagi mo jual ini benda...startnya 10 dollar australia..yg sudah taro aja minimum...tunggu 4 harian..last minute tungguin..eh kemarin malam bid nya selesai..tidak ada yg nawar ! kecuali gw sendiri alias menang deh dengan harga minimum...ongkir ke jkt nya 17 Aud (wuih mahalan pos nya ya..) sesudah habis waktu langsung dikirim... Continue Reading →

emblem corolla 2

Salah satu target yang dah lama digoogling badges alias emblem..samping kiri kanan (dulu ditutup sama yg punya..pas dikerok keliatan ada lobangnya ..jadi sekarang dipiara aja.. dengan harapan bisa dicari...) dan grill. emblem ki-ka pernah liat di otobursa .ditawarin 100 ribu sebiji n plastik..tapi waktu itu pikir ini barang ngga susah dicari..ternyata...ternyata..susyah. emblem yg didepan lebih... Continue Reading →

Selesai dicat

akhirnya ...cape juga ngurus si kuning ini...langsung aja deh..selesaikan acara cat mengecat...ngga usah pake vernis ...pokoknya ditutup cat...pake porissima yellownya danagloss. dah gitu bawa ke tukang jok...nongkrong sebulan disana...jok dibuka...diganti kulit..tapi motif dan tali kur segala masih yg lama model n warna... door trim masih bisa dipake..thanks ! plafon..terpaksa diganti...soalnya dah robek n ngga bisa... Continue Reading →

kabel buat buka kap mesin

Entah kenapa belakangan ini buka kap mesin si kuning jadi rada susah..narik tuasnya kudu keras banget..n kadang gak kebuka...pas lagi ngelap2...n bersihin mesin..coba2 deh liat kabelnya...eh taunya terkelupas bungkusnya...jadi rambut kabelnya...kalo didorong malah terlipat keluar..kalo ditarik..lipatan jadi lurus...alias gak ada yg narik kap mesinnya malah. cuma ditengah kabel aja melipat dan melurus..pantesan.... gak tau pasti... Continue Reading →

mesin kepanasan…

Yang rada nyebelin kalo make si kuning...kadang2 kalo dah panas suka wafat mesinnya ! gak pake ba bu ba bu...koit aja...nah kan jadi gak nyaman ya..kalo matinya dipinggir jalan..kalo pas ditengah jalan macet...duh! memang waktu itu ada problem dengan tempratur...kayaknya abis AC nya dibetulin..kalo pake AC bisa sampai 3/4 jarum tempraturnya..kalo gak pake AC ..bisa... Continue Reading →

grill badge (emblem di rambang) si kuning

mujur..mujur...sesudah kalah bid yg lalu...eh nongol lagi mo jual ini benda...startnya 10 dollar australia..yg sudah taro aja minimum...tunggu 4 harian..last minute tungguin..eh kemarin malam bid nya selesai..tidak ada yg nawar ! kecuali gw sendiri alias menang deh dengan harga minimum...ongkir ke jkt nya 17 Aud (wuih mahalan pos nya ya..) sesudah habis waktu langsung dikirim... Continue Reading →

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑