Bangun rumah sendiri- kalau harus bertahap -1

Masih tentang rumah temen gw yang sedang jalan nih pembangunannya. dari awal dia sudah pikir tidak cukup dana nya. Estimasi menurut dia 3,5 juta per meter persegi. Jadi untuk bangunan di tanah 6×17 meter= 112 meter persegi untuk  2 lantai..maka kira kira bangunannya-kalau taat sempadan jalan dan koefisien dasar bangunan yg di IMB nih- 60%x112x2 lantai = 135 mpersegi x 3.5 juta = 470 juta…ini bener bener perkiraan kasar saja. karena nyatanya diatas garasi dicor penuh sampai depan, jadi garasi beratap cor gitu..untuk area teras terbuka. kan ini harus dihitung juga sebagai tambahan luas bangunan ya.

Oke, sekarang dengan dana yang terbatas, sebelum mulai dibangun..kalo memang sudah ada rencana bertahap, harus jelas urutan tahapnya. Kalo tahap 1 menyelesaikan lantai 1 sampai cat tembok, lantai selesai, maka lanjut  ke tahap 2 pasti keluar biaya tambahan untuk persiapan antar tahap. misalnya,  diatas tangga harus ditutup atap dulu supaya air hujan gak masuk ke bawah. Lalu air hujan yg jatuh di cor lantai 2 harus sudah dibuatkan drainasenya…semoga cor nya bagus jadi kalau kena panas terus selama setahun tidak retak. Belum lagi kalau nanti mulai ngerjain lantai 2 nya pasti kotor.karena pasir semen dll. harus diangkut lewat tangga-resiko juga tembok kotor, lantai lecet, dll. Bisa sih bikin tangga darurat di luar..extra waktu extra anggaran.

Kalau dana terbatas, dan belum akan ditempati segera..hitung saja biaya struktur sampai bangunan 2 lantainya pasang atap. Jadi biaya fondasi, tembok, cor plat lantai 2 lalu tembok ruangan, cor lagi balok atas, pasang baja ringan dan atap. ini saja dulu targetnya. Relatif mudah dihitung besarnya karena standar bahannya.

Untuk fondasi, google aja harga besi 8,10,12..lalu harga cakar ayam, sampai besi cincinnya. anggap aja semua mau beli jadi begitu. tembok lebih jelas lagi..kalau pakai bata ringan ato hebel, per kubik di tokopedia tersedia harganya..bisa jadi 10m persegi kalau yg tebal 10cm. lalu perekatnya-thin bed- di kemasan zak nya ada juga standarnya. katakanlah tukang kita boros..dikalikan 2 saja. Plat cor lantai 2 bisa dihitung berapa lembar bondek dan wiremesh yg diperlukan. harganya juga tersedia di tokped. berapa untuk semen pasir batu split..susah hitungnya. tapi aja rujukan yg bisa dipakai. Browsing aja beton readymix satu kubik harganya berapa..dari situ kita estimasi bikin plat beton tebal 15cm. jadi satu kubik jelas bakal jadi 6 meter persegi lebih..dari seluruh lantai 2 kan bisa diestimasi berapa biayanya. Untuk rangka atap harga sudah tersedia di tokopedia..atap ato gentengnya pun harga tersedia berdasar jenisnya. kalo kita pesan bikin rangka atap baja ringan biasanya juga melayani pasang gentengnya sekalian. Bahkan rangka dan pasang plafon juga bisa. dan ini  harganya per meter persegi. jadi gak usah kuatir meleset jauh..sekali lagi, enaknya kalo punya gambar kerja. lebih presisi.

Bangunan sudah berdiri dua lantai sampai atap. jadi tahapan berikut tidak perlu terlalu kuatir karena tidak ada yang harus dilindungi dari hujan dan panas. Pekerjaan berikutnya, kalau tetangga tidak 2 lantai rumahnya, maka kita harus plester dan aci tembok luar. Plus lapis waterproofing supaya kalau hujan miring, kena tembok kita, tidak jadi lembab di dalam.

Selanjutnya, hitung pasang instalasi listrik. Kerjaan ini relatif terukur juga. Jasa instalasinya 40 ribu per titik. baik lampu, stop kontak ataupun saklar. Nah kalau sudah dapat tukangnya, dari tokped/buka lapak juga banyak yg nawarin. tinggal survey sekali..tanya deh kebutuhan materialnya  apa aja. Detail tanyanya sampai merk kabel yg bagus misalnya.  Dari situ silakan dibrowsing harganya. banyak banget web yg sediakan jenis dan harga. Gudang listrik misalnya , ini tokonya dekat dengan kenari mas. Dari semua ini bisa kan kita hitung berapa kira kira jasa instalasi listriknya.

Tapi tahan dulu..ini kerjaan singkat kok.kita sebut aja Tahap 2b. Karena wajib bareng bareng  kerjaan plafon dan plester dinding, termasuk aci tembok sampai licin. Ini yang kita sebut tahap 2a. Karena kabel ke lampu kan harus dipasang di plafon..juga saklar/stop kontak itu pipa plastiknya ditanam di plesteran tembok. jadi kalo bareng ngerjainnya gak ada yg harus dibongkar lagi temboknya. Dimulai aja dengan plester dan aci..kerjaan listrik tanam pipa plastik di tembok untuk saklar/stop kontak termasuk pasang MCB, kabel dan batang besi untuk ground ke lantai dsb. Jadi kalo mo lanjut dengan tahap berikut, pasti plester dan aci tembok atas bawah..bareng dengan itu, pasang plafon dan sekalian instalasi listrik.

Kusen pintu/jendela nya kapan? Kalau mau yang dari kayu..ya harus beli di tahap 1…jadi selain struktur biaya kusen juga perlu dicadangkan. Berapa biayanya tinggal bawa gambar kerja, lantas minta hitung ke tukang kusen. Jenis kayu banyak banget..rentang harganya juga bisa berlipat-lipat. jadi jangan kuatir kalo dana gak masuk..yang penting kayu nya dioven kering..jadi teknologi ini bisa mengatasi musuh kayu murah..susut dan lengkung. Jadi kayu murah dioven..nanti finishing ditutup pakai cat aja..gak keliatan kan jadinya. apalagi kalo cat nya duco alias pakai kompresor..lebih rata dan licin cat nya di kusen.

Kalo kusennya mau alumunium, bisa nanti..bahkan dekat finisihing rumah juga bisa. Besarannya berapa? tinggal bawa gambar kerja ke tukang kusen alumunium…nanti ditanya mau warna apa, lebar kusen  4 inch ato 3 inch..dan merk apa. kombinasi ke 3 ini yang membentuk  harga total. jadi mulai aja dari pelbagai variasi..misal warna putih,4 inch, alexindo berapa..dah gitu warna hitam, 4 inch,ykk berapa. Kalo lebar kusen kayaknya mending 4 inch ya..apalagi kalo temboknya bata ringan yg tebal 10cm. biar seimbang..kalo tembok 10cm plus plester, kusen 3 inch..kelihatan ‘kurus’.  Jadi sudah bisa disiapkan dana khusus buat kusen alumunium..

Tahap 3, setelah tembok selesai diaci..dia perlu waktu sebelum dicat. jadi biarkan saja dulu..bisa lanjut ke kamar mandi. ini bagian termahal dari rumah tinggal per meter nya. Pertama, dindingnya perlu dilapis keramik..supaya temboknya tidak lembab. apalagi kalau pakai water heater, bisa sampai plafon tuh keramiknya. Kedua, shower, mixer air panas dingin, keran, closet, water heater..harganya lumayan..tapi semua informasi ada di on=line. tinggal browsing aja. kalo gak mau susah..donlot aja aplikasinya mitra10 ato depo bangunan. jenis dan harga ada disana..toh kita baru tahap berhitung aja kan..jadi gpp juga pakai rujukan harga mereka. jangan juga kamar mandi dah jadi, gak pake air panas..lalu kita minta pakai air panas..waduh kerjaannya banyak banget nanti tambahannya. mulai dari instalasi listrik utk water heater, tarik kabel lagi. bongkar tembok buat masukin selang air panas yg orange, pasang mixer..hadeh ribet. Lebih baik pasang aja semua seperti pakai airpanas..kan bisa dipakai juga. nanti kalau waterheaternya dibeli..tinggal pasang aja kan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: