Bangun Rumah Sendiri-kalau harus bertahap-2

Tahapan berikut lebih fleksible. Bisa aja menyelesaikan seluruh dinding rumah dan pasang ubin. Bisa juga pergi ke depan dulu beres in carport, selokan, jembatan, pagar termasuk pasang pegangan tangga rumah. Kalo mo ditempatin segera..selesaikan saja semua yg ada di dalam..pekerjaan pasang ubin dan plin-potongan ubin yg ditempel di dinding supaya kalo ngepel gak kotor dindingnya. Lebih besar sih biaya beresin dalam. Pasang ubin dan ubin di tangga itu rada banyak kerjaan motongnya. Jadi kalo pakai granit (homogenous tile) jangan tukangnya yg motong. kualitas hasil potong dan lama prosesnya plus ngabisinn mata potong banyak banget….Cari aja di google jasa potong granit. ato waktu beli nya tanya apa bisa terima jasa potong. Kualitas bagus, cepat prosesnya..Kalo di rawasari ato kalimalang toko yg besar bisa. Kalo di mitra, depo gak mau mereka. nah gambar kerja ini bisa kita buat detail hingga berapa box ubin yg harus dibeli, berapa yg harus dipotong-jasa potongnya sekali jalan sekitar 2,500 – 3000 untuk granit 60cm. jadi kayak matematika nih..hitung hitungan pakai kalkulator. Jadi waktu beli ubin sudah jelas berapa yg akan dipotong.

Kalau mau pakai keramik, tidak usah pakai jasa potong. potong sendiri masih bisa, bukan pakai gerinda ato mesin potong yg duduk tapi pake ruby-ini merk alat sih…. kalo tukang bilangnya rubi..itu potongan pakai berlian…kayak motong kaca. mata potongnya beli di mitra 150-200 ribu. Ukurannya ada yg 60cm..bisa untuk motong ubin 60×60 maksudnya.

Nanti untuk potongan yang kecil kecil barulah pakai gerinda..yg mata potongnya pakai mata potong keramik. Tukang lebih senang pakai gerinda..fleksible dan mudah soalnya..tapi ya itu tadi. gampang grepes. Kalo tukang motongnya sabar..mata potong kualitas baik..mesin gerinda masih prima…dan keramik kw1 biasanya hasilnya bagus. gak grepes2 di bekas potongannya. tukang gak sabar motongnya..langsung aja ditekan maju..plus mata potong murahan…biasanya grepes2..nyebelin liat hasilnya.

mesin potong keramik gerindamesin potong keramikmata potong rubyruby potong keramik

Khusus untuk ubin kamar mandi, lantai jemur..sebelum dipasang ubin kasih dulu lapisan waterproof. jaga jaga kalo ada yg merembes ato bocor dari lantai ke bawah. Jarak antar ubin-nat nya diisi dengan rapih. Tukang malas pakai semen putih aja. Padahal dijual di toko pengisi nat-Grout namanya, pelbagai warna, anti bocor, anti jamur. harganya gak mahal kok cuma 20 ribuan per kg. Sekarang grout nya sudah ada yg cair, jadi isi natnya lebih bersih dan rapih-belum pernah coba sih..tapi rasanya patut dicoba.

Nah kalo sudah ubin, carport, baru deh kusen alumunium misalnya..segera beli triplek tipis 3mm untuk alas kerja. jangan sampai menggores lantai nantinya. daripada marah dan tidak berguna lagi..karena sudah terlanjur baret..mending jaga jaga..beli beberapa helai. Triplek ini juga bakal dipakai untuk ngecat tembok. supaya cipratannya gak ke lantai dan ngabisin waktu nanti ngebersihinnya.

Jangan lupa ini waktunya juga beli perlengkapan kamar mandi. Mixer air panas, keran, closet, wastafel..sekali lagi ini lumayan harganya…tapi selalu ada harga ada rupa juga, jadi silakan disesuaikan dengan kemampuan. lihat lihat kamar mandi yg sudah ada juga bisa menimbulkan ide.

Dapur rada tricky. ini biasanya dekat dekat akhir aja. beberapa tukang bikin meja dapur pakai cor dengan lubang untuk sink dan kompor tanam. Gw sih gak anjurin sama sekali. buang buang waktu dan hasilnya malah gak bagus. mending siapain aja saluran air kotor buang..dan saluran air bersih yang tepat letaknya. dah gitu aja. Lalu panggil tukang bikin kitchen set. tinggal dibikin meja bawahnya..dan pintu meja bawah bisa rapih, semua saling nempel karena gak ada rangka beton meja dapur. Nanti top nya..bisa beli terpisah sesuai selera..dan harga. tinggal pasang, tukang top nya yg bolongin sesuai ukuran sink dan kompor. jadi bagusnya beli dulu kompor dan sink..baru bikin kitchen set. Top ini barang aneh..entah kenapa kalo top meja dapur itu harus mulus tidak tersambung..jadi kalo beli top terpisah itu bisa panjang 3 meter gak nyambung. Di rawasari banyak yg jual ..di google apalagi. yg warna hitam lebih mahal dari yang warna non hitam..sesama hitam beda harga pun pasti beda keliatannya..jadi sekali lagi sesuaikan aja dengan selera dan kemampuan. kalo gak mau repot, tukang kitchen set nya sekalian top nya..boleh juga. toh dia juga beli terpisah karena gak mungkin dia stock top meja dapur kan.

Cat tembok ada yg untuk luar -lebih mahal ada yang untuk dalam. ada yang murah ada yang mahal..bisa 4x lipat harganya..semua terpulang ke kemampuan. hitungannya kan gak bakal kita ngecat rumah setiap tahun..paling nggak 5 tahun lagi baru dicat..kalau yg luar mungkin lebih sering.

Pengalaman sih sekali kerjaan berhenti..entah dana kurang ato pulang lebaran..butuh 1-2 hari buat kembali ke irama nya..jadi kalo bisa jangan sampai berhenti. Satu lagi, kalo tukang kelewat sedikit itu gak bagus juga..kebanyakan juga sama sih. tapi kalo yg kerja hanya tukang misalnya ini gak efisien. dia  harus ngerjain kerjaan yang levelnya kenek ato pembantu tukang. Pada tahap awal banyak butuh orang pada level kenek. gali pondasi, ikat besi misalnya. selanjutnya sudah mulai berimbang..pasang dinding, cor plat lantai 2..selanjutnya lebih banyak tukang halus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: