Tadinya sih standar aja kabelnya..cuma ada AC dan radio. Selanjutnya sejalan dengan perkembangan jaman..he.he.he…makin banyak deh tambahannya dan montirnya main cabut sana sini aja kabelnya. jadilah runyam dan gak memenuhi kaidah perkabelan. Puncaknya waktu susah distater..begitu bisa nyala..eh keluar asap dari kepala aki nya. di kepala yang positif aja dah ada 4 kabel nyantol..negatif ada 2 buat massa nya. Kata teman gw yg ngerti elektro..kacau nih perkabelan..ada yang kabelnya sambung menyambung menjadi satu…ada yang besar kecil gak sama..ada yg gak mau pusing dan pake pengaman..jadi langsung nyantol ke kabel di aki nya.

Jadi panas dan berasap itu hanya sympton ..gw pikir jangan jangan ini kali yang bikin kebakaran mobil ya. disamping itu juga sih ada beberapa urusan yagn perlu tukang kabel. Pertama lampu panel indikator dashboard dah temaram senja alias redup…kedua lampu kabin ..yang diatas spion itu juga demikian nasibnya. ketiga dinamo wiper yg sudah lemah gemulai alias hidup tapi pelan banget. keempat, lampu depan wafat satu..dipukul dulu baru hidup untuk kemudian dilanjutkan dengan mati lampu sein nya.

tambahan alat yang gw liat sih pertama ganti platina dengan porter..semi CDI kali ya..itu ada kabel ke coil nya..lalu pasang extra fan karena sering overheat ..perlu listrik juga..dan ditarik langsugn dari aki..jadi pas kontak nyala, kipas nyala juga…AC yg jelas sudah ada dari dulu..plus kabel kabel yagn sudah gak jelas buat apa dan tinggal ujungnya aja….

Dari mas Adhi dikenalin tukang urut kabel..namanya Oji ..bisa dipanggil..nah ini yg enak. gw coba telfon dan dia datang ..estimasi tingkat kerunyemannya…dia anjurkan pasang relay untuk beberapa alat..lalu kabel diganti semua..dinamo wiper dibongkar aja dulu..kali aja masih bisa dibersihin..kalo usulan dia lampu depan dibesarkan watt nya..gw gak mau dah. biar aja standar gitu.

Dia mulai dengan ngeliat kabel yang ada…plus alat alat yg butuh relay.lalu dia kerjain yang ke arah belakang dulu..jadi dicopot kabelnya..lalu dimal ato dibikin labelnya lengkap dengan panjangnya dari tali rafia. Simulasi kabel kira kira gitu. Masuk akal juga mulai dari belakang..kan lebih sederhana ya kabel ke belakang..lampu stop,sein,lampu plat nomor dan pelampung bensin ya.  Semua kabel sebelum ke lampu dipakein socket ..lalu sambungan kabel  disolder. Sekali lagi kata temen gw sih that’s good practice.

Selesai belakang..baru deh dia bongkar dashboard..dimal lagi kabelnya..pake tali rafia..diarahkan ke lampu depan, sein lampu malam,extra fan,ac..gw juga minta dicadangin untuk pasang lampu kabut sepasang (nanti belinya…). selesai dimal..dia kerjain di rumah lagi..balik lagi 4 hari..untuk masang. Masangnya kira kira 3 hari lagi..untuk depan aja.

total waktunya kira kira 2 minggu…pada awalnya dia minta beli kabel yang kualitas bagus..socket, relay..pokoknya yang kualitas baik dia bilang..habis kira kira 1 juta. Ongkos kerjanya 2,250 ribu. Hasilnya ok banget..semua instrumen dashboard nyala dengan baik..kabel yang di bak mesin dirapikan termasuk kabel dari aki dipakai yang ukuran seharusnya..dan gak nyambung. Yagn palign menonjol ya menggabungkan beberapa kabel lalu dimasukkin ke sarungnya..dari situ baru bercabang ke socket..ketemu socket lain dari lampu misalnya. jadi gak ada sambungan kabel yang keliatan.

ini beberapa fotonya.

bak msn barukabel lama lagisocket lampu depan socket kabel depansocket lampu

Advertisements