si Kuning berobat (3) – rem

Karena lama dibiarkan tidak menyala..sekitar 2 tahun..alhasil semua perangkat rem mengunci alias tidak bisa bergerak. Jadi sesudah mesin bisa nyala lagi..beli aki baru tentunya, tetap gak mau bergerak si kuning nih. Terpaksa deh dibongkar drum rem nya depan belakang..dan gileeee karat semua euy. Dibersihkan..tapi kok piston silinder rem nya gak balik ya…waduh pasti silinder remnya musti diganti nih. Tapi yg penting jalan dulu aja lah. Sesudah jalan, dibiarkan seminggu tidak bergerak..langsung mengunci lagi. Kayaknya dah gak bisa ditolerir. Mulai deh cari silinder rem belakang dan depan.

Ke-20 ini pake silinder rem yang beda.. untuk masing masing roda. Yang belakang pakai satu silinder saja.. yg depan dua. Untuk yg belakang rada gampang nyarinya..ke atrium toko nya ngkoh yang..koyang kalo gw bilang..expo motor..kebetulan dia juga punya ke20 tapi yg 73..jadi gampang ngomongnya. Dia bilang ada kalo yg belakang..tapi merknya seiken aja..ok gpp. sebiji 60 ribu. tinggal pasang aja…dan pasti pas. yg penting sebenernya jarak lubang dratnya. Tinggal yang depan nih..gw pikir sih gampang aja ..taunya susyah benar. Keliling atrium..gak ada tuh. Dikenalin sama koyang montir andalan dia..Mas Adhi. Bisa dipanggil ke rumah…ya sudah, pasang rem nya di rumah ajalah…sekalian kuras minyak rem nya. ¬†sambil cari silinder rem yang depan.

Asli gak ada dimana mana..terpaksa deh telfon kumala motor yg termashur itu…biar mudah, sebut aja parts number nya..ada 4 nomor..kiri kanan, atas bawah..harganya 520 ribu sebiji !!! gelo dah..ini KW jepangnya..mungkin kyosan ya…Mas Adhi yg sudah keletekan main ke-20 juga nyerah dah..mo pake punya hardtop beda jarak drat nya..nongkrong deh tuh si kuning ..nunggu parts.

cari di e-bay ..eh dapet dengan harga yg masuk akal…36 dollar australia..plus kirim nya sama juga..jadi total kira kira 72 AUD ato sktr 800 ribu lah. segera order..parts number sama..3 minggu dateng tuh barang. Call Adhi..dan dia juga takjub ya..kok bisa gitu harganya. Sebenernya dah banyak ke20 yg rem depannya diganti dari drum jadi disc brake. 2 juta an kalo gak salah dan terpasang. tapi gw males aja kalo harus ganti model..biar aja lah susyah nyarinya..yg penting masih ketemu.

Dipasang mas Adhi, dikuras minyak remnya..selesai. Sekarang gak pernah lagi tuh remnya ngunci..biar diparkir pake rem tangan seminggu juga..dijalanin normal aja…

ini dia pics nya…

rem depan
rem depan silinder 2 atas bawah
silinder rem belakang
silinder rem belakang hanya satu
silindernya..
silinder yg lama depan..
ini dia silinder depan baru.
ini dia silinder depan baru.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s