si kuning kepanasan…meriang listriknya

Rasanya ada yang salah nih kelistrikannya si kuning..kalo diurut-urut begini kisahnya. pertama tiba-tiba kalo lagi jalan dia mati..langsung aja mati…terutama kalo AC dinyalakan. tapi tunggu bentar bisa dinyalain lagi…dah gitu indikator tempratur lebih dari dari setengah..masa sih toyota tua begitu ya..biasanya sih kan maximum setengah kurang.
atas dasar dari gejala ini pengobatan pertama dulu pasang extra fan. kata wakidi sang montir, keliatannya dengan adanya AC maka radiator jadi kehalang radiator AC…akibatnya angin dari kipas mesin sepoi-sepoi saja karena harus ngedinginin dua radiator..saran boss wakidi, pasang extra fan ditengah. jadi boss..lakukan.
sayang juga terpaksa tutupan rumah kipas mesin jadi musti dilepas yang bawah..karena radiator kudu dimundurin dikit..supaya bisa ada celah buat extra fannya..

beres? gak juga..masalah tetap aja..panas memang hilang kalo kipas dinyalakan..tapi kan harus nyala mati kipas..males deh, mending diset aja kipas nyala langsung sepanjang mesin nyala…ok deh kalo ini gampang kayaknya..tinggal disambung aja kabelnya langsung ke accu nya.

eh ada lagi penyakitnya..sekarang starter jadi susah..terakhir malah kudu didorong..bawa ke tukang dinamo, katanya dinamo starter ngadat..kudu diganti, tapi karena ini jenis kuno diganti yg lebih powerful, punya nya kapsul..he..he..he..memang sih bunyinya modern banget..cuing…cuing…langsugn nyala..menurut yg empunya dinamo..ini dinamo bekerja 3x lebih cepat..karena putarannya diteruskan dengan 3 gir…jadi sekali kontak kalo dinamo lama muter 10x, dia ini 30 kali..tapi awas..kalo mesin gak nyala juga, jangan dipaksa..karena yg ini jadi lebih mudah ancurnya..lha iya lah..sekali puter 30x kali apa gak jebol langsung kalo ngadat pengapiannya…

eh bener..kenapa tau, pengapian ngadat…platina sompal terus…alhasil ganti yg magnet deh..porter,beli online aja. 450 ribu diantar ke rumah…pasang sama mangara, kasih aja 50 ribu..dengan sedikit modifikasi karena gak pas masuk di as delco nya…jadilah dikasih lem besi supaya gak ikutan muter. langsung tokcer..jadi sekaligus, pengapian diganti magnet, dinamo stater yg jebol lagi itu dibawa lagi ke tukang dinamo..diganti lagi…eh diganti punya espass ato zebra gitu..belakangan taunya..giginya 8. waduh..gak lagi deh ke dia kalo gitu..gak bilang-bilang kalo rada lain dinamonya.

dah tokcer beberapa lama…suatu hari pas jalan blep…mati tapi jalan lagi..waduh kenapa lagi nih..kalo dipake jalan jauh dikit..bisa begitu..mati tiba2..tapi bisa lagi dikontak..kayaknya penyakit jaman dulu kambuh nih. waktu itu dipake sama tukang ojek kampugn gw muter2..eh mogok..gw ditelfon..n gw datengin..pegang2 entah apanya..eh nyala lagi..gw bawa deh ke tempat mangara..rupanya air dah masuk nyampur oli..gelo deh..pantes airnya menghilang entah kemana..ini yg bikin mesin jadi rada panas kali yak..tapi keredam sama extra fan…lalu masuk ke oli..basah deh businya…ya koit deh.

dilas, buka mesin setengah…n selesai sebulan..plus nganggur lagi dua bulan..kambuh lagi gak bisa distaternya..rupanya aki dah soak..oh iya sih..dah 2 tahun..ganti aki…abis itu..dinamo stater lagi kena..gara-gara waktu nyoba stater itu..yg ternyata penyebabnya aki…waduh..ganti dinamo lagi nih…
panggil tukang dinamo minta balikin aja deh jangan yang cuing begitu..kelewat canggih…tapi gak ada katanya..sudah deh pasang lagi yg kapsul…he..he..memang kalo gak seimbang jadi gini nih…kacau dibanyak bagian…

analisa sementara berarti mesin mati2 waktu itu sebenernya karena air merembes nyampur dengan oli..lalu membasahi busi kali ya…sudah karatan dan perlu diganti packing baru. gak ada hubungannya dengan kipas dong ya..duh!
oke lah, dinamo baru, pengapian baru,accu baru..tokcer bener..kalo gak dipake, aki dilepas…wuih..mantaf kan. eh kemarin dinyalain lampu charge nya nyala juga alias gak ngisi..panggil tukang dinamo lagi..dia bilang ketot ini memang teknologi pengisian yang lama, mungkin bermasalah disini..cut-out kali ya tulisannya…daripada betulin ato beli ketotnya pak.mending ganti aja dinamo alternatornya dengan yg pake IC..jadi ngisinya stabil…woy..bener juga sih keterangannya…tapi udah dulu deh..tar malah kemana-mana..betulin aja dulu ketotnya..kayaknya dulu pernah gampang aja kok tinggal jaraknya direnggangin/dideketin…tapi jangan sekarang deh…

weh..si kuning listriknya ribet juga nih..merembet kesana sini plus salah diagnosa pula kali yak…nanti deh gw terusin soal ketot n dinamor amper ber IC ini…

Advertisements

One thought on “si kuning kepanasan…meriang listriknya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s