Si kuning ganti velg alumunium..

Tadinya si kuning ini pake dop kaleng nya corona. Ganteng sudah, meskipun dop nya gak kilap lagi stainless steel nya. tapi cocok sudah. Belinya gw inget dah lama banget..waktu otobursa tahun 2015 an..beli 4 pieces 450 ribu. Nah pas mau ke arah sawangan, gw ke tukang tambal ban dulu. cuma nambah angin ban  belakang aja. Entah kenapa mungkin karena velg kaleng tapi tubles dan jarang dipake..jadi gampang karat ya. Gara gara karat bahkan bukan hanya kurang angin….pernah kempes banget. Sama tukang cuma dibuka ban nya..dah gitu pake sikat kawat dibersihin karat yang ada di bibir velg nya. Diampelas juga. dah gitu dipasang lagi ban nya. ajaib..gak kempes lagi.

Pas ngisi angin pasti dop dilepas..sayangnya gw gak periksa lagi dia masang dop nya. Pulang dari sawangan gw lewat jalan antasari yg diatas..pas belokan dan turunan..ada jalan berlobang..kena roda belakang..eh lepas tuh dop nya..ngegelinding di samping gw..ya sudah, gimana lagi. masa gw brenti ngambil diatas jalan layang antasari kan gak mungkin. Satu lagi copot pas turunan jembatan pancoran..sama juga, ada jalan berlobang..kena roda belakang..dan copot lagi. haduh..sehari dua dop hilang deh.

Jadilah si kuning gak pake dop lagi…dari pada cuma dua ya. gw dah coba cari..tapi belum nemu. Iseng iseng gw liat mending diganti velg alumunium aja, jadi gak karat sama sekali. Agak rumit nyarinya, karena gak standar ukurannya. PCD nya – lubang baut nya 110. ini rada jarang sekarang..yg sering 100 ato 114..yg kayak gini cuma daihatsu zebra,espass, mazda vantrend..

Ada sih alternatif, pake adaptor …jadi dibikin lagi piringan dengan baut ban baru ditanam..dan baut asli kita nempel di plant besi itu. biasanya dibubut jadi harus presisi. Jadi kalo aslinya pcd kita 110 tapi punya velg yg pcd nya 100, bisa pake adaptor ini.

Alternatif lain, velg yg ada dibikin lubang baut baru. ini tergantung model velgnya sih. Jadi di velgnya ada lubang 8 (2×4 lobang), kombinasinya bisa pcd 110 dengan 114 ato. ini juga dibubut dulu. Ada juga yg aslinya velg sudah 2 ukuran pcd.

Ban gw masih baru semua….jadi sayangkan kalo pake velg yg ukurannya gak 13..karena harus ganti ban. Jadi velg yg dicari harus ring 13 inch. nah ini lebih jarang lagi..cenderungnya velg sekarang besar besar lingkar garis tengahnya. Tambah lagi ban gw lebarnya cuma 165. Jadi velg nya gak boleh lebar..kalo velgnya lebar 7 inch, ato 6 inch bisa kayak donat nantinya. Yang ideal lebar 5.5 inch. Kalo kelewat lebar..lebih dari lebar ban sih nggak deh.

velg lebih lebar dari ban..jadi kayak donat

Nyarinya jadi lama karena banyak batasannya…dan ketemu juga akhirnya. lewat facebook velg ring 13..ada aja yg jual dari Salatiga. model lama merknya Enmaru, tapi cocok semua parameternya. Jadilah gw beli termasuk ongkir ke Jakarta 1 juta (4 velg) gw lihat sih dari fotonya masih bagus..blom ada grepes nya..dan semoga gak peang ya. tapi kayaknya kotor banget. gpp deh.

velg baru dateng kayak gini

Bersihin dan klotokin catnya ini yg harus dilakukan segera. Kayaknya ada 2 bagian besar nih..yg cat perlu dibersihin pakai paint remover..dah gitu disikat besi..kalo masih sisa catnya, kasih lagi paint remover. Bagian belakang dan bagian tengah, ini bukan cat..tapi kotoran termasuk kerak-kerak yang dah susah banget dihilangin dengan sikat plus sabun-sudah gw coba, sabun plus sikat kawat, amplas 100 yg kasar..nah ini lumayan..tapi jagoan terakhir yg ditemukan ..pakai cairan kimia HF. ini gw liat di youtube orang bersihin logam dan kaca pakai HF ini..cuma 50 ribu per liter..tapi kirimnya mending pakai sameday aja..Sudah cat dikupas, dibersihin lagi dengan gerinda yang dipasangin sikat kawat mangkok. jadi bersih dan agak putih keliatannya.

Kira kira ngerjainnya habis 2 hari libur..bebersihnya. Paint remover beli yg 1 liter, kuas kecil, gerinda dengan sikat mangkok, bor listrik yang dipasang sikat kawat kecil, kape buat ngerok cat, sikat besi, amplas 100 yg kasar..dan terakhir cairan HF ini. Rada berat ini cairan, harus pakai sarung tangan, masker juga yg tebal-krn baunya menyesakkan, campur air dikit kalo mau agak aman..harus dekat keran air bersihinnya..krn segera disiram air bersih sesudah pakai HF.

Pakai cat semprot aja biar praktis deh, jadi dicat bagian muka dan belakangnya aja. jadi bagian tengah sih nggak deh, percuma juga kan nanti di dalam ban letaknya.. Urutannya pakai epoxy, cat warna titanium grey, baru pake vernish..semua merk Ditton. habisnya yang epoxy 1 kaleng aja-ini untuk 2 lapis aplikasi. Yang pertama tipis tipis saja..lalu sisanya baru lebih rata. Lalu yang warna 2 kaleng- sisa 1/4 klg, ini bisa 3-4 lapis. Habis dilapis..periksa lagi..amplas kalo ada yg kurang rata. Karena warnanya titanium grey ini kalo dilapis ulang gak keliatan bedanya. Waktu baru diwarna sih kelihatan mengkilap. Tapi besoknya hilang tuh kilapnya. Vernish ato clear coat yang glossy beli 2 kaleng-sisa 1/2 klg. Ini bisa 3-4 lapis juga. Jangan lupa pakai sabar ngecatnya…jangan terlalu dekat ke velg nya.  Gw beli semua cat ini di tokped aja, tapi epoxynya belom dipakai 1 kaleng-kelebihan. Beli 6 kaleng itu hampir 200 ribu.

 

Sesudah selesai catnya. gak lama sih..cuma lama nunggu aja. jadi hari pertama cat epoxy. cepat kering kalau ini. Dah gitu cat warna..gak usah dipaksa sehari selesai. Besoknya cat warna lagi yg masih kurang. Baru deh vernish. Kalau ini bisa relax aja, karena dilapis beberapa kali juga gak kuatir belang.

Bongkar pasang ban ke velg baru, plus balancing velg+ban nya dan beli pentil ban baru..di Trijaya Ban Jalan otista. All perlu 240 ribu perak, dah terpasang ganteng banget. Eh tukang ban nya bilang kalo lobang baut nya dah longgar. Maklum velg lama kali ya, jadi sudah keseringan copot pasang. Alhasil baut roda yang lama (kunci 21) jadi perlu dipasang super kencang. itupun dibilangin segera diganti aja baut nya.

ini sudah dipasang velg nya dan diganti lug-nut nya..alias baut rodanya. Gw ganti pake yang punya kijang kapsul. belinya di tokped merknya Fujita @7 ribu..perlu 16 baut nih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: