Mengurus Sertifikat di BPN Jaksel (3) – update

Berkas masuk akhir Desember 2013 setelah 3 x datang..tapi sukurlah sudah dapat nomor pendaftaran dan PI. Lalu 2 minggu kemudian tukang ukur datang dengan fee dibayar kontan..he.he.he..padahal sudah bayar resmi 500 ribuan per bidang tanah waktu pendaftaran, dan itu untuk biaya pengukuran. Tapi untuk datang ukur, sepertinya sudah tradisi harus kasih tukang ukurnya. tarif biasa 3 minggu jadi..tarif kilat juga ada. gw yg biasa aja lah.

Lebih dari 3 minggu gak ada kabar. cek di web site bpn.go.id  malah belum ada statusnya. Setelah 2 bulan akhirnya muncul status..sedang proses di pengukuran. OK…Sesudah 3 bulan..cek lagi di web-site..masih juga sama. Lah kan kata tukang ukurnya cuma 3 minggu keluar SK Ukurnya..kok ini dah 3 bulan lebih belum ya.

Gw sms tukang ukurnya dan advis beliau yang mulia..dateng aja pak ke sana..kali aja ada yg kurang dokumennya…Wedeh..kan di form pendaftaran sudah ditulis no HP gw..apa gunanya? kalo ada yg kurang tinggal sms aja. Tapi kalo suruh dateng kesana..ketemu siapa pula?? Tapi daripada menunggu gak jelas..gw dateng juga deh..Naik ke lantai 3 bagian pengukuran..tanya ke seadanya aja…ini nomor pendaftaran dah gimana statusnya. Eh dibilang sudah selesai surat  ukurnya..silakan tanya ke meja lain sudah dikirim turun ke lantai 2 belum..Pindah meja..ibu penghuni meja sibuk telfon pribadi..gw duduk aja di depannya mendengarkan dia hahahihi…gak enak juga kali ya..akhirnya setelah 10 menit dia berhenti. eh dia langsung melayani pegawai notaris yg dateng nyelonong..naruh map. gw protes keras..ibu nya malah menenangkan..sudah lah pak, dia hanya taruh berkas aja kok.. Iya sih tapi mbok ya ngantri gitu lho.  rupanya pegawai pegawai kantor notaris ini memang sahabat dan mitra pegawai BPN nih…akrab banget. dicek sama ibu itu dan kabar gembira. Sudah dikirim ke lantai 2.

Lantai 2 itu bagian penetapan..outputnya keluar SK penetapan kepala BPN yang bilang kalo tanah itu diberikan haknya untuk kita oleh negara. tanya mbaknya, katanya sudah di kepala sub seksinya tapi petugas yg urus belum ditunjuk. kapan? 2 hari lagi deh..telfon aja. 2 hari kemudian gw sms..sudah ditetapkan pak..namanya bu ABCD…baiklah, boleh dapet nomor hp nya? gak dijawab..terpaksa deh dateng lagi kesana untuk ketemu ibu ABCD yang dimaksud..kayak jaman batu aja nih harus ketemuan terus. Kata bu ABCD baru aja dia dapet berkasnya..jadi 2 hari lagi deh balik lagi. untuk apa bu? bawa berkas ini ke Lurah, minta tanda tangan 5 rangkap. Kok pemohon yg harus bawa ke lurah ya?

2 Hari lagi gw balik dan sudah siap berkas untuk ke Lurah. Gw bawa langsung ke kantor lurah dan kaget pegawai lurahnya. Karena gak ada amplop buat lurah dari BPN. Pegawai lurah bahkan sangka gw pegawai notaris..makanya minta dimana amplop yg biasa…gw bilang kalo gw ini pemohon langsung. anyway..250 ribu per berkas dan lurah sedang pergi. jadi besok diambilnya. Bayar aja deh..daripada gak ditandatanganin…

Besok sudah siap tandatangannya..perlu juga copy PBB terbaru dan foto lokasi tanah. Gw foto dulu dan minta pbb terbaru di kantor lurah. Besoknya ke BPN lagi..ketemu bu ABCD yang selalu menjawab seperlunya. Jadi kita gelap banget prosedur selanjutnya kayak apa, Yg gw tau, panitia A dibentuk..anggotanya pejabat bpn dan lurah. mereka ketemuan, liat lokasi dan memberi keputusan untuk direkomendasikan pemberian haknya. inilah yang disebut SK Penetapan.  Kenyataannya apa mungkin lurah dan pejabat bpn disuruh keluar kantor ngeliat lokasi??? kalo iya..bisa habis waktunya buat kunjung mengunjungi lokasi tuh…Artinya peraturannya wajib direview tuh.

Begitu tau informasinya gelap banget..gw bilang deh ke bu ABCD..tolong kabari saya kalau nanti ada dokumen lain yang kurang..dan ini uang pulsa buat telfon saya. gw kasih diamplop. kontan ditolak tapi langsung diterima..dan langsung menerangkan prosedur selanjutnya..kira kira 2 minggu lagi silakan ditelfon pak..semoga sudah jadi SK nya..semoga. ini gw masih nunggu seminggu lagi dan nanti gw update…

Advertisements

5 Comments

  1. halo, mau tanya apa proses pengurusan serifiikatnya sudah selesai?
    Kira2 dari awal banget pengajuan sampai jadi sertifikat makan waktu berapa lama dan biaya berapa ya? Soalnya saya juga baru mau coba mengurus sendiri bulan ini.
    Thanks

  2. sudah 6 bulan …masih belum keluar SK penetapan..baru selesai SK ukur saja…fuiiiih..masih jauh nih. sabar.com

    2014-06-18 15:45 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

  3. pakbro…utk surat rekomendasi lebih bayar dari BPN ke GBK, itu bisa diambilnya setelah Panitia A resmi ditunjuk oleh Kepala BPN Jaksel ya?
    info dari tukang ukur, SK Ukur udah jadi..saya dateng ke lantai 3, infonya sudah turun ke lantai 2..saya ke lantai 2, katanya “tunggu Panitia A dibentuk dulu, Pak”..hadeh!

  4. sabar boss..memang begitu urusannya. bagusnya sih tanya surat pengantarnya aja langsung,,kapan bisa diambil dan nelfon siapa untuk cek statusnya… pahala

    2015-05-04 11:20 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

  5. iya boss…saya berusaha “irit-irit” pengeluaran dana siluman..sejauh ini baru kena getok 2juta utk tukang ukur dkk..outputnya gambar dan SK Ukur.
    Yowis, tunggu 2 minggu lagi deh balik ke BPN lagi 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s