Ganti Nama, Pecah Pajak Bumi Bangunan 2013 (update nih…)

Pantesan aja…search google sana sini kok gak nemu apa apa tentang ganti nama, pecah SPPT PBB 2013. Memang sudah diinformasikan bahwa untuk tahun 2013 ..segala urusan PBB sudah diserahkan ke pemerintah daerah. Nah problem dimulai…waktu ke Kantor Pajak..dikonfirmasi lagi..bahwa semua urusan..termasuk print sppt lama, ganti nama, pecah sppt ..koreksi dan sebagainya sudah dialihkan ke pemda DKI.
Pertanyaan pertama, di kantor apa ya di pemda? lurah kah? camat? ato dinas pelayanan pajak? walikota?
dari kantor pelayanan pajak tebet, disebutkan bahwa kantor yg urus pbb ada di kecamatan…
Keperluan kali ini mo pecah sppt pbb. jadi aslinya pbb itu satu sppt untuk tanah 2 bidang. nah sekarang tanahnya sudah jadi 2sertifikat..jadi perlu dipecah sppt pbb nya supaya masing masing bidang punya sppt sendiri. disamping itu, sppt masih atas nama pemilik lama..jadi perlu dimutasi nama…
Dengan was was..soalnya gaya pemda nih yang akan dihadapi ..bukan petugas kantor pajak…pagi pagi banget…naik ke lantai 3 gedung kecamatan tebet.
Loket kosong..tidak ada orang..he.he.he…ambil aja kartu antrian..n masuk ke dalam ruangan…semua lagi sibuk..tapi ada satu yg bisa ditanya…jawabannya simpel aja…sppt untuk tahun 2013 sudah dicetak dan sedang didistribusikan ke kelurahan masing masing..nanti bapak bayar aja kalo dah sampai dari RT nya…jadi harus nunggu. kalo mau bayar sekaragn dah bisa belum? dia bilang..tanya aja ke bank DKI nya dibawah..yg jelas bayar pakai internet banking ato atm untuk bank lain gak bisa lagi. weh balik ke jaman mundur nih.
lalu gw tanya untuk soal pecah sppt dan mutasi…karena dibutuhkan untuk bikin imb…syaratnya kan pembayaran pbb terbaru…ya belum bisa pak..tunggu aja ..katanya dengan ringan..tapi itu bagian loket dah dateng..tanya sama dia aja.
ke bagian loket lagi..dan jawabannya sama..kalo mo bayar bisa aja..nanti kalo dah terima sppt dari pak rt/rw..tapi jangan dibayar dulu pak..mending sppt nya nanti baru dibawa kesini lagi untuk mutasi/pecah sppt. good lah..tapi syarat pecah/mutasinya apa aja mas…ini dia nih, kami belum tau pak..soalnya nunggu peraturan gubernur keluar..nanti akhir maret…he.he.he…matilah gw. jadi gak bakal bisa urus ini sampai pergub keluar…pantes aja gak ada informasi sama sekali yak soal ini…
untungnya untuk urus imb masih dikasih kemudahan..pake sppt pbb tahun 2012..jadilah gw urus pengukuran dulu dengan sppt lama…

Update:

per September 2013, gw dateng lagi ke kecamatan n ternyata sudah bisa tuh…jadi dikasih formulir isian dulu..untuk pecah 2 berarti 2 formulir harus diisi…dokumen lagi standar aja..sertifikat, pbb lama, ktp pemilik dsb….nah mereka bilang karena pbb 2013 sudah dibayar, maka pemecahan ini efektif tahun 2014..jadi keluarnya untuk tagihan 2014. Gw bilang gimana kalo mo ditransaksikan di tahun 2013…gak apa kok..silakan aja pakai pbb yg masih gabungan…tinggal diproporsionalkan saja…notaris juga bilang begitu.

salah satu prosedur mereka mengunjungi obyek pajaknya..nah keliatan deh kan kalo rumahnya sekarang sudah berubah..jadi harusnya nilai bangunan lebih tinggi..karena sudah berubah menjadi 2 lantai..tapi itu kan nanti efeknya di 2014. ok, silakan mengurus pemecahan pbb bagi yang berkepentingan…

Advertisements

29 Comments

  1. Mas, ke kecamatan nya bawa surat pengantar dr rt/rw/lurah gak ya..? Untuk mengurus pemisahan biaya nya berapa ? Makasih ya untuk informasinya.

  2. Sekarang urusan ke lurah WAJIB bawa surat pengantar..mbak. Biayanya gratis..cuma isi formulir. lampirkan surat surat yang diminta..lalu di survey..dan terbit deh sppt baru pada awal tahun.

  3. Mas, tanya donk. waktu sy beli rumah thn 2010 ktp sy masih pake alamat lama trus skrg ktp baru udh ada. skrg sy mau urus pecah pbb rumah kena denda g y?

  4. Mas,mau tanya jika mau pecah pbb atas nama sendiri tapi berpatokan dari pbb tetangga yg sudah pecah dari induk Pbb lama bisa engga?karena induk pbb lama masih ada tunggakan,prosesny bagaimana,berapa biayanya

  5. Mas, mau tanya donk. Kalau pecah pbb perlu bawa surat2 dari pihak penjual tidak? Atau cukup dari pihak pembeli saja? Terima kasih

  6. yang jelas perlu AJB notaris..yang menyatakan bahwa kita pemiliknya sekarang…untuk bagian yang akan dipecah pbb nya. di AJB ini kan sudah ada nama penjual …juga copy sertifikat atas tanah/rumah nya.

    2014-06-18 8:09 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

  7. Terima kasih untuk info nya. Satu lagi mas, apakah ada biayanya untuk pecah pbb? Karena sewaktu saya tanya rt saya, dia minta satu juta untuk jasa dia plus biaya pecah pbb nya tergantung luas tanah nya. Apakah itu benar?

  8. biaya pecah pbb gratis..karena hanya ditinjau saja sama mereka….dan ini tidak usah dikasih uang transport..wong kita mau bayar pajak kok….mungkin itu jasa pak RT saja…supaya kelihatan wajar..disebut biaya pecah. ya kalau mau kasih petugasnya tentu saja dia mau…

    2014-06-18 19:46 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

  9. Numpang nanya klu mau pecah pbb daerah karawang urusnya di mana ya?trs perum yg saya beli udh 2thn blm di bayar sama developer apakah nanti sewaktu saya urus pecah pbb yg saya bayar tagihan semua pbb selama 2thn atau hanya kewajiban saya saja krn saya nanya2 ke kelurahan jawabannya beda2.terima kasih

  10. ke kecamatan….pasti diminta bayar dulu..pemda tidak peduli siapa yg harus bayar..pokoknya yg terakhir berurusan harus bayar…

    2015-07-31 12:52 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

  11. sory numpang tanya,,,saya ada kasus nich.saya pemegang sppt induk memang itu adalah surat waris yg belum di pecah.tp ada saudara saya udah mecah sppt tp sppt asli msh di saya.yg jd pertanyaan kenapa saura saya bisa mecah sppt pdhl dia tidak pernah minta fotocopy sppt induk sama bukti pelunasan 5 thn kebelakang sbg syarat untuk mutasi/pecah sppt om.gmn itu om,,,ilegal kah itu,,,?

  12. setahuku sih kalau untuk minta sppt copy dan bukti pelunasan gampang saja kok..dugaanku sih saudaranya termasuk ahli waris..jadi tinggal tunjuki surat waris..maka bisa aja minta dipecah spptnya..

    2016-01-16 19:35 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

  13. Mas mau tanya dong,saya kan beli tanah + rumah,tapi dari yg jual dia cuma punya surat AjB saja,terus pas saya beli, saya juga bikin AjB,tapi sampai skrg sppt PBBnya belum keluar yg atas nama saya,jadi skrg Sppt masih nama yg lama,itu gimana cara mengurusnya?terimakasih

  14. kalo di jakarta datang aja ke kecamatan..nanti ada bagian PBB. disana isi formulir untuk perubahan nama plus melampirkan dokumen yang menjadi dasar peralihan hak (AJB) tadi…usul ku sih mending diproses sertifikat sekalian mas..kalo AJB ke AJB bukan bukti hak itu..

    2016-03-07 20:55 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

  15. Hiihhh mau disiplin pajak aja ribet n susah ..kenapa waktu mau buat sertifikat gak satu paket aja dgn pbb nya ya? Takut kehilangan lahan x ya? Oh..indonesiaku…

  16. kl mau pecah pbb/balik nama tp sertifikat atas nama saya sedangkan pbb atad nama orang tua gimana caranya?

  17. rasanya itu gak susah urusannya..di kecamatan..ketemu bagian pbb..nanti disebut tuh detail dokumen yg diperlukan..

    On Tue, Apr 12, 2016 at 7:36 PM, To Give….To Share…. wrote:

    >

  18. mas,numpang tanya,di kecamatan mana ya.misalny ktp saya d jelambar.rumahny d tanjung duren.jadinya ngurusny sesuai kecamatan ktp saya atau kecamatan alamat rumah yg pbbny mau d ganti nama?untuk ganti nama apa d perlukan surat kuasa?

  19. kecamatan alamat rumah… kalau dasar penggantian namanya itu ajb..maka nama akan diganti dengan nama pembeli di ajb…kalau yg urus bukan nama di ajb..ya pakai surat kuasa..tapi kalau yg nama di ajb sendiri yg ngurus..ya tidak perlu surat kuasa dong..

    2016-05-14 20:17 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

  20. kalo di jakarta, pergi ke kecamatan. bawa dokumen yang sudah pecah dua…lalu minta pemecahan pbb. kalau sebelum oktober..bisa tahun depan sudah jadi tuh.

    *http://sudah-sore.com *

    2016-09-01 18:07 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

  21. Mau tanya mas…klo pbb nunggak 5 tahun..itu kira2 bisa minta keringanan ga? Soalnya buat urus pecah sertifikat..(soalnya masih 1 sertifikat 1 ppb)..dan klo pun bisa ..kira2 apa sarat2 n prosedurnya..terima kasih

  22. Saya punya tanah 20×26 mtr, tanah sudah dijual 10×26 mtr, biasa nya pbb dibayar bagi dua sebab sertifikat tanah atas nama Saya terus sudah dilakukan pemisahan sertikat, berarti ada 2 sertifikat. Saya tanyakan pemisahan objek pajak pbb harus dilakukan agar pbb dilakukan masing2 an tolong dikirim cara menggunakan formulir ini. kts

  23. kalau di jkt tinggal datang ke kecamatan minta pecah pbb begitu..nanti dikasih form nya dan kelengkapan. kalau tahun 2017 dikasih sppt pbb nya..jangan dibayar dulu. mending dilapor ke kecamatan..kalo sudah dibayar 2017, berarti baru bisa dipecah 2018…

    *http://sudah-sore.com *

    2016-12-22 20:22 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s