udah lama rangka c 70 nya nongkrong…bikin garasi penuh aja…belon lagi kotak isi pretelan partsnya …akhirnya pas angin lagi bertiup baik ..mulai deh dikerjain itu motor…ngecat..plus merakit…

ready to go

selesai dicat

pertama dulu rangkanya dah dikerok habis…gw pake neorever dulu (beli di material 30 ribuan..ato merek lain juga ok…judulnya paint remover)…kuas sekali tunggu 1 menit..pasti catnya bangun…..lalu kerok…tapi dempul dia nggak mempan…jadi susyah kalo dah ada dempulan…musti berkalikali…yang praktis sih, kasih neorever dulu..dah catnya naik…kerok pake kape…dempulnya diangkat pake gerinda tangan yg matanya dipasangin sikat kawat (harganya 30 ribuan…di ace hardware ada..di toko material juga ada) tapi hati2..pake kacamata..soalnya kawatnya suka terbang kemana aja…n satu lagi…pegang yg kuat kalo lagi nyikat kawat pake itu mesin…kalo gak, dia mental..bisa kesikat juga kita dengan kawat muter..

untuk bidang yang rata..enaknya pake flapdisc..amplas kaya disc…pinggirnya kaya kipas…adanya nomor 80 n 100.jadi kasar banget…ini lebih enak tapi untuk bidang datar aja…lebih cepat juga…(beli di toko bangunan, lindeteves alias glodok..kalo lagi sale di ember2an aja…10 ribuan….beli aja 2-3..daripada bolak balik)

kalo dah bersih…keluar deh warna besinya..n mengkilat…biasanya sih gw usap dengan thinner (beli yg curah aja..literan gitu di toko cat….7-9 rebu..buat nyuci alat2 ntar perlu).

pertama epoxy…kalo buat warna cat terang ..pake yg warna putih..kalo yg biasa warna abu2…ini aplikasi buat anti karat n nutup pori supaya cat kaga boros..plus lebih lekat…sekaleng yg merk nippe 50 ribuan..termasuk hardenernya..makenya hardener dicampur dengan rasio yg sudah ada..lalu diencerkan dengan thinner….

untuk satu badan motor, termasuk setang, spakbor, box..abis cuma 1/4 kaleng doang..tapi simpen aja..gak apa. thinnernya gw pake cobra…20 rebu seliter…n dianjurkan pake ini terus sampai akhir..karena thingger yg sama merk akan menolong vernis nanti tidak ‘bangun’..

stel aja angin kompressornya gak terlalu gede…gak apa rada tebal..toh kita tidak cari halus buat epoxy ini…keringnya sih cepat..1/2 jam..nah kalo ada yang masih sompal bisa deh didempul…kalo belon lihai..pake aja isamu..karena hardener sama dempulnya dah kecampur ..n encer…jadi gampang makenya…tapi kalo buat nutup lobang ato legok gitu..rada susah..berkali-kali…ato pake san-polac, alfagloss..dan sejenisnya..ini hardener dikasih terpisah (kaya odol). gw bilang kudu ahli yg make..kalo kebanyakan hardener, kecepatan kering..n kaya batu ! susah diamplas nanti..kalo kurang…bisa kaga kering-kering…alias kaya bubur nempel aja….tapi yg begini enak buat nutup legok yg gede..soalnya bisa diatur kekentalannya dengan hardener terpisah itu…jadi silakan aja mo pake yg mana..lebih murah yang hardener diluar…1/2 kilo 20 ribuan..kalo mo sekilo yg alfagloss gak lebih 50 ribu…jadi tergantung kebutuhan dempulnya deh..banyak or not…kalo cuma dikit2 n belon lihai, mending isamu aja deh…

selesai didempul (kalo ada)..tinggal diamplas..kalo parah bisa mulai dari amplas no 400..(amplas mulai nomor 100 -1500 setau gw yg paling alus..jadi 100 itu kasar banget…dah gitu makin gede nomor grit nya makin alus…kalo nomor 1000 itu dah setara dengan kompon putih efeknya…halus banget gitu). amplas pake aer…jadi pake yg kasar dulu..supaya bentuk ada..lalu yg halus..naiknya jangan drastis..dari 400 langsung ke 1000 gak dianjurin…400 dah selesai..pake 600-800 dah selesai baru deh 1000..tapi kalo dirasa dah halus sudah aja ..gak usah ampe 1000..keringnya dempul itu penting. mencegah benjol2 ntar…jadi mending diinepin aja…sehari gitu..sebelum diampelas…

kalo udah, bekas dempul bisa ditutup epoxy lagi.(ada istilah lain seperti primer..).selesai semua…epoxy diamplas 1000..pake aer sekaligus pake sabun colek..semua bagian…..jangan keras2..supaya halus aja…jadi kaya diusap2..pake aer n sabun supaya permukaan lebih halus dan bersih…siram air n keringkan….

kalo dah kering ..baru mulai di cat…gw pake spray gun kecil aja  75 gitu kalo orang bilang…supaya irit catnya…n catnya pake dutton (?) gw rasa ini harganya gak lebih 75 ribu..soalnya gw punya cat baru sisa..danagloss, kuningnya kurang pas, jadi gw tuker aja ke tukang cat gw…n dikasih dutton..gak bayar..kan berarti dutton harganya kurang dari danagloss…dah gitu campur cobra thinner kira-kiran 1:1 ato bahkan 1:1,5 kalo danaglos……1/4 kaleng aja catnya dah cukup..tapi sayangnya gak bisa beli ketengan..gak apa deh, buat ntar yg lain…

banyak yg bilang sih catnya gak usah bagus2 tapi vernis (clear coat)  aja yg bagus….masuk akal boss..problemnya cat merk bagus itu..sikken, dupont misalnya yg gw tau..memang warnanya juga bagus….yah..ada harga ada rupa sih…yang jelas vernis itu memberi perlindungan untuk catnya…jadi perlu keras-tahan gores dan bening-supaya warna tidak berubah kelihatannya…

ini soal cat. pada dasarnya di pasar itu ada cat laquer (NC bilangnya)..ada juga yg PU (piyu…) thinnernya juga ada yg biasa, ada yg piyu…laquer lebih cepat kering, kalo gak bener aplikasinya bisa belang…PU lebih lambat kering, lebih encer..tapi bisa lebih rata…daya tutup lebih tinggi..

Be honest, gw gak pernah pake piyu..n belajar dari ngecat laquer, kebayang deh susahnya piyu..cat encer..lama kering..kurang2 sabar kita ngecat..bisa meler…kalo laquer kan gak tuh…jadi saran gw, kalo pemula mah mending laquer aja..NC orang bilang…piyu jelas lebih mahal..danagloss itu (cat mikrolet orang bilang) keluarganya NC…sikken dkk itu keluarga PU..di kalengnya tertulis kok…kalo danagloss itu 75-80 rebu perliter…sikken dah 300 ribuan…jauh kan bedanya…toh juga ntar ditutup sama vernis…

karena lama kering..piyu itu dianjurkan dimasukkin oven…soalnya kalo basah cat..nangkep debu !!! jadi gak maksimal hasilnya, nah oven itu mempercepat keringnya cat n menangkal debu kan…

aplikasikan deh catnya..tipis2 aja dulu…jangan pengen beres ketutup semua langsung….jarak  kira2 dari obyek sekitar sejengkal…angin jangan keras2…supaya gak kebuang banyak…kalo udah semua…istirahat dulu…nunggu catnya kering, paling 30 menit…abis itu ulangin lagi…santai aja..ngecat motor kan kecil bendanya..jadi gak bakal cape deh…gw ulang sampai 3-4 kali..supaya mantap.

Selesai deh acara ngecat tahap pertama…selanjutnya vernis…ini gw dapet 2 advis yg beda..pertama bisa langsung divernis..kedua bilang dikeringin dulu sedikitnya 24 jam baru divernis..supaya cat tidak ‘bangun’..dua2nya gw coba..n bangun juga..jadi simpulannya sih vernis bangun itu bukan masalah cat harus diinepin ato gak…

vernis kalo beli dikasih hardener..n sekali dicampur hardener kaga bisa disimpan..bakal kaya jelly. jadi pake secukupnya, campur hardener…yg murah meriah merknya autobright..sekaleng 70 ribuan (gak pake thinner)..yg mahal dupont segala..150 ribu ampe 300 juga ada…blinken jualnya paket juga ada…jadi vernis, hardener sama thinner seliter…

kunci bangun gaknya cat yg gw temuin adalah thinner sama and tipis2 aplikasinya..jadi thinner n sabar kudu ada…nah gw pernah pake blinken buat mobil..lengkap dengan thinner blinken (150 ribu sepaket) n bangun…gw pake autobright..gak bangun tapi kurang bening…(perhatikan vernis ada nomornya juga…kalo mo paling bening minta aja sama toko catnya..makanya ke toko yg gede aja..koleksi nomornya lengkap…-kalo merk blinken n autobright ya…). thinner piyu yg curah ato literan juga ada…10 ribuan…tapi gak gw pake deh…beda2 dikit aja sama yg bermerk.

Edit: ini pengalaman Bro Didit yg udah 10 tahun main cat….

kalo cat bangun karena kena vernis..itu kemungkinan cat lama diamplas kasar..n luka..nah thinner masuk lebih banyak ke luka baret baret ini..jadi bikin cat lamanya mengembang…ini  yg bikin bangun. Obatnya? amplas aja pake nomor 1000 cat yg bangun…lalu tiban lagi pake cat yg kental. kalo semprotnya terlalu tebal..per lapisannya..biasanya jadi meler…nah jangan langsung dikerok menyelesaikannya…Bro didit bilang, biarin aja sampai kering kira kira seminggu…lalu amplas pake 400..lalu 1000 lalu baru deh dikompon merah..lalu kit..lalu turtle wax. jadi kalo mo lapis vernis..pake angin kecil..volume besar..alias kental…biarin seminggu..biar aja keliatan kulit jeruk..baru diamplas,kompon,kit,turtle wax..setelah biarin kering yak.

nah untuk motor gw pake aja thinner cobra buat vernisnya..padahal kudunya vernis blinken (piyu nih…) vernisnya juga yg blinken ato vernis piyu..tapi gw pake aja cobra yg buat NC…en sukses besar man..tidak ada yg bangun sedikit juga…jadi kunci bahwa epoxy, cat and vernis thinner satu merk itu benar2 manjur….

langsung aja sepeda yg di gudang gw keluarin lagi (ini dah gw pretelin n cat pake hitam glossy nippe) n gw vernis…sama juga dengan cat..tunggu dulu barang 30 menit or sejam…baru divernis ulang…kalo ini cukup 2 kali aja….campuran vernis n thinner lebih kecil..kaga bisa 1:2 ato 1:1 ..soalnya vernis itu dah encer..apalagi vernis blinken sekelasnya..dah kaya air…tapi tetap belon cukup encer untuk disemprot..jadi tetap perlu dicampur thinner.

kunci penting dalam vernis adalah sabar..sabar..jadi kalo belon rata jangan diulang langsung..diemin aja dulu…kalo bidannya rada gede..gw nyemport searah..jadi bukan bolak balik catnya..searah..lebih pelan tapi lebih rata…kaga cape boss..wong motor itu kan barang yg kecil aja….

vernis agak lama keringnya..beberapa jam….n kudu dijaga dari lingkungan penuh debu..makanya dianjurkan cari tempat yg bersih..beratap…tidak berdebu…jadi waktu aplikasi vernis, sudah harus kelihatan mengkilatnya….

ada yg bilang kalo dah divernis gak perlu dikompon..tapi ada yg bilang tetap perlu…kalo gak ada debu, kayanya memang gak perlu..karena dah halus..tapi gak salah juga sih dikompon..logikanya kan vernisnya ada yg jadi ‘pasir’ n nempel..cat mati gini membuat permukaan rada kasar..jadi dengan kompon, ini bisa lepas..n bikin permukaan jadi halus..pakai kompon putih n usah pelan2 aja…..

sesudahnya..applikasikan wax…turtle wax gw pakenya…pake lap bersih jangan lupa….

gossip: kalo ini kata beberapa tukang cat..nippe itu gak recommended karena daya tutupnya gak bagus…nyoba deh ngecat..nanti tau apa itu daya tutup.kalo cat daya tutup kaga bagus..kita kudu bolak-balik..jadinya mahal n boros..plus ngundang kita buat salah..ketebalan misalnya, meler…padahal nippe itu catnya honda lho..tau deh, namanya juga gossip ya…

warna2 solid sudah lebih susah dicari di toko cat kecil..karena mereka ikut trend warna mobil aja kan…metalik semua sekarang..tapi solid putih n kuning muda itu sungguh pemaaf buat pemula…jadi monggo silakan aja kalo mo langsung cat yg susah, pake metalik, piyu merah or gelap..he..he…

kalo warna gak ada yg cocok, jangan dioplos..walaupun secara teori bisa….simpel aja, kalo kurang ato buat cadangan kan kita jadi tergantung sama itu tukang campur…gw selalu pake cat yg ada di brosur warna aja…

dah sebulan nunggu order danagloss solid porrima yellow..gak ada se jatibening..pesan..gak dateng2 juga..akhirnya ini hari ke gajah mada..naek busway…langsung ada tuh..butuh cuma 1 kaleng aja sih..buat cadangan n nambal cat mobil…

jadi kalo ada yg nyoba ngecat…monggo aja..silakan kontak gw di  pahalanainggolan@gmail.com kali2 aja ada yg bisa gw bagikan buat experimentalist…

foto2nya di: http://www.flickr.com/photos/pahalanainggolan

Advertisements