Urus Dokumen- Mutasi Samsat Pusat ke Bekasi Kota (1)

memang sudah diniatin untuk balik nama si ungu (karimun estillo) sekaligus juga karena bulan juli ini dah habis masa berlaku stnk nya…Berdasar pengalaman motor, sekarang lebih pede n rada-rada paham deh kira2 kemana harus ngurusnya…Seperti biasa, kalo urusan balik nama kudu cek fisik. Gampang aja, kalo gak bisa bawa mobilnya, beli aja stiker esek2nya di fotocopy an sebelah counter cek fisik..10 ribu. Waktu itu sih memang lagi sempat bawa mobilnya, jadi beli stiker n cek fisik langsung…ternyata nomor mesinya memang susyah dijangkau. Jadi mobilnya harus dinaikin dulu, n petugasnya ke kolong….

dah diesek-esek, lalu daftar deh …jangan lupa fotocopy dulu segala dokumen..bagusnya ke tukang fotocopy yg disebelah gedung pertemuan itu…informatif, n lengkap banget..dah disusun rapih… pendaftaran ke loket yg dituju…lampirin hasil esek2,copy an dokumen…nunggu bentar, keluar di loket sebelahnya…gak sampai 10 menit…mungkin karna masih pagi kali ya…

dari situ ke gedugn samsat lantai 2…ambil formulir di bagian informasi..n langsung deh isi, lampirkan dokumen2 yg difotocopy..dah disusun rapi….masukin ke loket BBN II

Tapi hari ini kayaknya lagi gak hoki neh…ternyata ini mobil huruf belakangnya mengindikasikan terdaftar di samsat jakarta pusat…sebenarnya komdak itu buat pusat n selatan..tapi ada sebagian pusat yang di kantor samsat jkt pusat..di gunugn sahari ! duh…tepatnya seberang mangga dua square..ada gedugn coklat lantai 7.

yah..batal deh.hari ini mending ngantor aja ..dah telat kalo kesana…males kalo kesiangan..macet.

besoknya, pagi2 kesana..gak jauh juga…enaknya mungkin naik busway ya..tinggal turun di halte aja..n langsung ke gedung samsatnya..ini gedung rupanya ngurus jakarta pusat n utara…

prosedur sama, cek fisik lagi  he..he..he..tapi karena dah ada cek fisik dari komdak, jadi tinggal legalisir aja…masukin ke loket pendaftaran, n keluar deh barang 10 menit..tapi bayar kalo disini..20 ribu. jadi gak usah esek2 tapi bayar 20 ribu.

pikir2 kalo balik nama pake ktp jakarta ntar kudu bolak balik..jadi diputuskan mutasi aja deh ke bekasi..biar pake ktp bekasi aja …prosesnya namanya cabut berkas..jadi berkas pendaftaran pertama mobil ini akan dicabut dari arsip jakarta pusat, lalu dibawa ke daerah tujuan.

sesudah cek fisik selesai dilegalisir..naik deh ke lantai 4. bagian mutasi. disini diserahkan seluruh surat termasuk asli bpkb dan copy ktp tujuan…dikasih tanda terima n prosesnya memakan waktu 10 jam..alias baru besok selesai…wah ! yang lebih parah lagi dimintain uang administrasi 100 ribu. tanpa tanda terima tuh….

dua hari lagi, dateng kesana pagi2…dah selesai..berkas ada di map terpisah…selanjutnya minta keterangan bebas fiskal.naik ke lantai 5…disana diprint kalo2 kita punya tunggakan…ternyata bersih..gak sampai 10 menit semua urusan selesai di jakarta pusat…

hari sabtu..pulang ngajar coba deh lari2 ke samsat bekasi..letaknya didepan GOR/Rumah sakit mitra keluarga…kesan pertama, lebih kumuh ya..n orang banyak banget, ruangan remang2…nanya sama pak provost yg didepan..dia bilang dah tutup boss..jam 11.00 tutupnya..n itu memang pas jam 11 kurang 1 menit..dia bilang cek fisik dulu kalo mo daftar mutasi…cek fisik?…

gw  nekat ke belakang gedung..tempat cek fisik..n cuek bebek masukin ke loketnya..meskipun dah ada tanda tutup..eh diterima…taunya cuma dicap aja…gratis! jadi di berkas gw ada 3 tanda cek fisik..komdak, pusat n bekasi…

dah gitu naik ke lantai 2..dah tutup juga, tapi gw nyelip aja..diterima juga…n dipanggil lagi, copy ktp bekasi n tanda cek fisik yg dah di legalisir bekasi kudu ada..gw lari deh kebawah..fotocopy. Bapak petugas itu juga bilang minta formulir dibawah…tapi dah tutup boss..ya udah, diterima aja deh copyan gw tanpa formulir…eh dia bilang administrasi 50 ribu..he..he..gw kasih deh, lagi2 tanpa tanda terima..itung2 gedeg juga ya…wong pemda bekasi nganjurin mobil warga bekasi jangan pake plat nomor dki, supaya pajak kendaraan bermotornya masuk bekasi…n bisa buat betulin jalan raya di bekasi yang tersohor mulusnya…he..he..eh pas dah dengan kesadaran sendiri ke bekasi..malah dipalakin…duh, mending juga gw pake ktp dki kali ya….

tapi udah deh..no regret, paling gak lari2 ngejar waktu masih berbuah hasil…dia bilang kembali lagi hari selasa karena senin libur…gw tanya proses selanjutnya apa pak? ke loket yg ngeluarin notice (tanda tagihan yang harus dibayar) n bayar ke kasir..abis itu belon tau lagi deh..tapi bisa dikira-kira nih..abis notice, bayar, stnk di print…n bawa ke bagian plat nomor kali ya…kalo ada langsung jadi, kalo gak ya balik lagi..abis itu nulis bpkb dengan nama kita deh…

kira2 sih gitu…intinya sih gak susah2 amat ya ngurus2 ginian..gimana kalo se jakarta warganya ngurus sendiri? pagi2 juga ok kok..jam 8 teng dah buka. enaknya sih lebih pagi ya..kalo bisa buka jam 7 an gitu enak juga ya..jadi gak usah telat ngantor…

ok deh, ntar gw sambung lagi proses selanjutnya…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s