Memasang Wastafel dan Water Heater

Iseng iseng mo pasang wastafel rumah. Gak ada susahnya sama sekali..alat-alat yang diperlukan juga gak banyak. Jadi kalo wastafel sudah buram, diganti sendiri aja. Kali ini gw beli wastafel American Standard di Mitra 10 …dan dipasang di 4 kamar mandi !! Kali ini gak salah lagi..wastafel nya sudah dilengkapi jepitan. Waktu itu pernah beli TOTO dan lupa gak dikasih plat besi jepitannya..alhasil seharian nyoba pasang..susah banget..dan gagal. Akhirnya ke tukang las dulu..minta bikin plat besi bengkok..lalu dibor buat tempat dynabolt nya…

Paket dari wastafelnya (cuma 200 ribuan harganya nih..) selain wastafel ada paku fisher 6 ..plat besi 2 dengan 3 lubang. itu aja. Jadi perlu kita beli juga kran wastafel..gw beli Wasser aja..140 ribu kalo gak salah. alat alat kerjanya ini aja kok…

wastafel 1

Bor nya pakai mata 8. Gw pake mata bor Bosch aja..daripada pake yg abal abal.biar aja harganya 2-3 kali lipat tapi kerjanya lebih efisien..gak perlu sering sering ganti. Ah..kali ini gw pake waterpas..biar gak miring..sekalian buat penggaris. Plus spidol buat menggaris…
Continue reading

Advertisements

Ngecat motor tua- pritilan yang perlu diperhatikan (5)

Kalo berhitung soal waktu yang dihabiskan buat ngecat saja..artinya mulai dari spray gun disemprotkan sampai selesai..ngecat motor itu gak lebih dari 2 jam. sudah termasuk bersih bersih… Pagi ini gw mulai ngecat si merah..mulai jam 10 pagi, jam 12 siang dah selesai..termasuk beres beres..bersih bersih dan simpan simpan.  Yang lama itu pekerjaan persiapannya..bersihin cat lama-bikin ngelotok sampai bersih..lalu amplas dulu biar halus, dempul yg penyok-penyok..ngelas yg kropos..dempul lagi supaya lebih baik kelihatannya..amplas lagi bekas dempulnya..eh pasti didempul lagi..pake gerinda besi yg gak rata besinya..baru deh amplas lagi..kalo dah ok, baru diepoxy..pasti ada yg bocel,gak rata, kelupaan..maka dempul lagi dan temannya dempul nih..amplas .20150726_110506
Continue reading

Ngecat motor tua , sudah waras (4)

Hari ini diniatin mo ngecat yg buntung ekornya. Warnanya biru muda aja..tutup aki nya putih. Sambil juga mo epoxy yang ketinggalan kemarin. Cat biru muda nya beli cuma 1/4..cukup gak ya..nyesal.20150725_17243920150725_161756

Ok, pertama yang kemarin diepoxy dilihat lagi..n ternyata masih banyak yang boncel boncel sama gak rata. Didempul lagi..pake ISAMU aja..soalnya kalo San Polac nyampur hardenernya selalu gagal…kebanyakan..jadi batu. kurang gak bakal kering..jadi nyampur dan ngedempulnya gak nikmat dah..stress..mo buru buru aja. Padahal kalo liat tukang cat..enak banget nyampur hardener dan dempulnya ..selalu pas rasanya. Continue reading

Kolam ikan bocor (lagi)- sembuh tuh…

Sudah dua minggu ini air kolam kurang banyak. tiap pagi harus ditambah kira kira 10 menit air keran. Kalo lupa..bunyi pompa kolamnya. karena level airnya dibawah ketinggian sedotnya. jadi lama kelamaan pasti rusak nih. Disamping itu air kolamnya juga sudah rendah banget..6 cm saja. jadi ikannya kesian juga..mana musim panas gini. Tadinya gw pikir penguapan..tapi sudah kelewatan nih. Dua minggu lalu kolam dibersihin..super semangat ngebersihinnya..jadi semua lumut disikat..ujung ujung kolam juga dikerok bersih. memang hasilnya oke banget..air kolam bening banget..tapi ikannya keliatan jadi bingung..saking bersihnya gak ada lagi makanan lumut dinding kolam. Jadi diduga karena dibersihkan super bersih inilah ..nat nati batu alamnya tergerus.

98

nah airnya keluar deh..merembes ..masuk tanah. ya pasti cepat habis deh airnya. Betulinnya harus segera nih. beli dulu deh cementaid..dulu pernah pake n sukses. Continue reading

Ngecat motor tua -sudah waras lagi (3)

Karena sudah nongkrong kelamaan..dan malah sudah karatan semua dua motor tua ini mo dikerjain. Mulai libur lebaran kemarin..sudah mulai diamplas bekas dempulnya. Lalu bekas potongan ekornya digerinda..supaya lebih halus aja. salah juga nih…dah dibersihin diamplas..lalu dibiarin nganggur. karat nya seluruh badan..terpaksa deh bersihin karat dulu kerjaan pertama..karena dah rada males..pake aja amplas grit 120. biar cepat aja deh..lalu pakai yg air aja..biar gak berdebu. ..

20150719_15014720150719_150133

Continue reading

Tangga Rumah Tingkat

Rumah dua lantai atau pakai dak di belakang perlu dibuatkan tangga. Estimasi besarnya ruang yang diperlukan dan standar tinggi anak tangga harus dihitung detail supaya enak dilihat, nyaman diinjak..dan tentu saja efisien ruangannya.

Tanggal besi melingkar..ini yg paling efisien ruangnya. cukup sediakan ukuran 1.5 x 1.5 meter..pasang tangganya. Gak terlalu nyaman tentunya.karena hanya satu arah yang bisa dipakai..gak bisa ketemu di tangga. Sempit yang jelas dan terjal. Harganya ekonomis sekitar, 1.5 – 2 jutaan. Enaknya dipesan waktu belum jadi rumahnya. kuatirnya gak bisa masuk pintu depan. jadi malah harus dirakit dan dipasang di dalam rumah. Jadi sebaiknya waktu lantai dak atas sudah jadi…segera pasang tangganya.

pusakasari.blogspot pusalasari.blogspot

Tangga beton lebih mantap, kokoh dan dibawahnya bisa dibuat rak atau gudang kecil, bahkan WC. Continue reading

Keramik motif batu alam- interlock

Dinding depan rumah..fasad begitu kadang disebut..biasanya kalau polos semua jadi monoton. Gw coba beberapa kali pakai jendela depan dikasih bingkai tebal 10-15 cm…lalu dicoba juga kombinasi dua warna..intinya sih supaya jangan monoton dinding depannya polos ..

01092013(005)

kali ini mau coba pakai aksen batu alam. Continue reading

Granit lantai- update harga

Hari sabtu dengan terpaksa tapi senang hati dijadwalkan ke jalan percetakan negara ato rawasari -orang bilang begitu- untuk beli granit dan keramik. Daftar belanja tentu perlu dicatat dan dihitung dulu di rumah..

Untuk lantai, hitung  .pake software saja Sweet home 3D..dari denah layout ruangan rumah…bisa dihitung langsung berapa meter persegi kebutuhan granit. Untuk plint lantai ..tinggal dihitung manual panjang temboknya…dapat panjang dalam meter..lalu dibagi 60cm (kan ukuran granit 60×60) ..lalu dapat deh total keping granit yg diperlukan. Gw  hitung denah rumah..perlu sekitar 50 keping. per keping nanti dipotong 6 ..masing masing 10 cm. Satu lagi untuk tangga. Hitung berapa anak tangga yang ada..umumnya 17.  Injak anak tangga itu biasanya 30 cm..tinggi antar anak tangga 20 cm. lebar anak tangganya kalo rumah kecil 90 cm, kalo besar bisa 100 cm. Dengan granit  ukurang 60×60 maka harus dipotong ukuran 30×60 dan 30×30 lalu (tinggi tangga) 20×60 dan 20×30..semua 17 set. gampang aja kan… Continue reading

Call 123 – pasang sambungan listrik baru

Aslinya itu rumah sudah ada sambungan listrik. Model lama, daya 2,200 watt dan pakai langganan. Karena rumahnya dibongkar habis dan dibuat jadi dua rumah, nah yang satu lagi perlu sambungan listrik baru. Tahun lalu di Pamulang sambung listrik baru juga, untuk 3 rumah. Tinggal telfon aja 123. Direspons lumayan cepat. Di Pamulang sekitar 3 minggu, lalu yang berikutnya 2 minggu. Kali ini di Jakarta luar biasa…3 hari direspons dan terpasang.

Call 123 nya PLN ada menu pasang baru. Siapin aja KTP, sama pulpen buat nulis kode. KTP diperluin nanti ditanya nomor KTP nya. Sesudah operatornya minta banyak informasi, termasuk RT/RW Kelurahan Kecamatan alamat yang kita mau pasang listriknya, dia juga minta disiapin copy IMB di lokasi. Padahal kenyataannya gak pernah tuh diminta petugasnya- baik di Pamulang dan di Jakarta. Continue reading

Ngecat Motor Tua – sudah waras lagi (2)

Karena si kuning mo dibikin gaya gak standar..ekornya harus dipotong..pake gerinda tentunya. Ini gerinda alat yang maha berguna. Multi fungsi. Buat motong besi..tinggal ganti matanya dengan yg buat potong besi ato pipa..harganya matanya cuma 14 ribu aja.

Guna satu lagi waktu cat sudah dimatikan dan butuh ngeratain spakbor si kuning n si merah..Tinggal ganti matanya …pake yang batu. gak mahal juga..gak lebih dari 20 ribu. Terakhir waktu males amplas..tinggal ganti lagi disc nya dengan disc sandpaper. jadi deh mesin amplas.

1430827183342 1430827187515 1430827189570
Continue reading