Water heater- gas alam, gas LPG ato listrik ?

Water heater ato pemanas air sekarang dah digunakan di lebih banyak rumah. Harganya dah lebih murah, merk nya banyak, instalasinya juga mudah, bisa pasang sendiri bahkan kalau mau.  Water heater yang ada sekarang bisa pakai gas atau listrik. Fundamental cara kerjanya beda jauh..jadi milih yang pas perlu juga menimbang kelebihan kekurangannya.

Water heater yang gas ada 2 macam juga. Pertama, yang pakai gas alam – LNG. Pemanas ini hanya bisa untuk daerah yang sudah ada jaringan gas alam nya. di Jakarta aja gak semua daerah ada jaringan gas alam. Kalaupun ada, maka waktu memasang instalasi pipanya sudah harus diatur agar ke arah pemanas air akan dipasang. Jadi harus didisain dari awal kalau mau pakai pemanas air gas. Syarat mutlaknya harus ada jaringan gas alam di depan rumah.

Pemanas gas yang kedua, gak perlu jaringan gas alam. Karena dia pakai gas LPG, bisa yang dari tabung 3 kg, atau tabung yang biru 12 kg.  Jadi gas LPG ialirkan ke pemanas persis dengan kalo pakai LPG untuk masak.

Cara kerja pemanas gas sederhana. Ketika dari kamar mandi kita geser mixer air ke tanda air panas, maka baterai di pemanas air  ditambah dengan tekanan air (gw pake pompa dorong juga) akan memantik api. Api akan memanaskan pipa air  dan air yang mengalir ke kamar mandi akan seakan ‘direbus’ dulu di water heater.  Fungsi gas alam menjaga supaya api tetap menyala untuk ‘merebus’ air di pipa. Makanya water heater gas dipasang di luar (out door). Karena api yg nyala kan ada jelaga dan ada panasnya juga. Makanya Water heater gas selalu ramping karena dia tidak menampung air. Jadi kalo diperintah untuk bikin air panas dari kamar mandi, ya dialirkan air ke pipa..dan direbus di pipanya lalu mengalir ke dalam kamar mandi.

Jenis kedua, dan ini paling populer, water heater pakai listrik. Cara kerjanya beda dengan gas. Air ditampung dalam tanki  water heaternya. Lalu dipanaskan dengan elemen pemanas dengan tenaga listrik. Nah, air yang ditampung ini dijaga tetap panas pada suhu tertentu. Kalau sudah kurang panas, elemen pemanas kerja otomatis memanaskan air di tanki tadi. Ketika dari  kamar mandi kita geser mixer nya ke air panas,  maka air panas yg di tanki water heater yang dialirkan..dicampur air dingin. Listrik harus standby terus, dan sekarang model nya hemat listrik. Jadi mulai dari 200 watt listriknya.

Besarnya tanki water heater berbeda-beda. makin besar kapasitas makin besar juga water heaternya. Yang palin kecil 10 liter. Ada juga yang 100 liter. Semakin besar kapasitas tanki water heater, semakin banyak air panas yang bisa disimpan, semakin lama di kamar mandi bisa menikmati air panas. Makanya water heater listrik itu bentuknya besar karena ada tanki airnya.

Kalau water heater yagn kapasitas  10 liter,  dipakai dan habis. Water heater butuh waktu untuk elemen listriknya manasin air lagi. Water heater kapasitas 30 liter pasti bisa keluar air panasnya lebih lama dibanding yang 10 liter. Water heater 10 liter dipakai bersamaan di dua kamar mandi, pasti ngeselin. Cuma sebentar sudah tidak panas lagi.  Kalo water heater gas panas terus…karena ngerebus air ini..pokoknya begitu on api nya..ya dipakai berapa lama pun terus aja panas..selama gas nya masih mengalir.

Kapasitas tanki water heater listrik juga bikin mandi gak bisa berturutan. Satu orang selesai mandi, habis air panasnya . Water heater bekerja dengan elemen memanaskan air di tanki. Butuh waktu setidaknya 30 menit. Jadi gak bisa yang berikutnya mandi air panas kalo elemen belum selesai memanaskan tanki. Harus ada jeda yang mandi.

Dengan watt listrik yang kecil akan semakin lama memanaskannya. Coba bandingkan dengan teko listrik. Kalo yg 1000 watt, cepat sekali panasnya dibandingkan dengan yang 200 watt. Sama juga dengan pemanasan air di tanki oleh elemen pemanas water heater. Makanya butuh waktu antar pemakaian.

Ada plus minus masing-masing jenis water heater. Kalo gas alam harus ada jaringan gas di depan rumah dan kita harus berlangganan dulu. Baru dipasang pipa besi ke titik dimana water heater gas mo kita pasang (out-door). Water heater gas pasti ramping dan ringan. Panasnya bisa stabil terus plus lebih murah biaya pemakaian untuk yang  gas alam. Bisa 1/4 biaya pemakaiannya dibanding gas LPG. Water heater gas harganya sama saja, lebih jarang di pasar, apalagi yang LNG.

Water heater gas harus ditaruh di luar ruangan. Kalo gas tekanannya lagi turun banget-yg LNG terutama, water heater mati. Sialnya tidak pernah ada pemberitahuan dari Perusahaan Gas NAsional-PGN soal turunnya tekanan. Kalau yang LPG tekanan turun pasti karena LPG nya minta diganti. Kebayang kalo mau mandi air panas malam hari, hujan di luar dan gas lemah alias gak bisa nyala air panasnya.  Kalo listrik sih pasti bisa sepanjang listrik masih hidup . Satu lagi baterai water heater gas gak boleh loyo juga. Jadi harus diganti rutin 2-3 tahun sekali deh. Ini juga…kalo baterai lemah gak ada tanda2 nya..pokoknya air panas gak keluar..gitu aja. Jadi kalo air panas tidak mengalir-water heater gak bunyi- bisa karena tekanan gas ato baterai pemantik yang loyo. 

Water heater listrik lebih ringkas pasangnya. pasang sendiri juga bisa. Pasti bekerja 24 jam ketika dibutuhkan. TApi jangan berurutan pakai nya. Plus sekali pakai jangan lebih dari kapasitas tanki. Karena harus nunggu pemanasannya dulu. Pemakaian listrik 24 jam, karena kalau suhu air panas di tanki tampungan turun, otomatis elemen pemanas nyala lagi dengan energi dari listrik.

Dari 3 jenis ini, gas alam yang paling murah biaya per bulannya. Tapi yang paling banyak dipakai orang karena mudah pemasangannya dan flexible ya water heater listrik.

Leave a comment