Peningkatan HGB jadi SHM di BPN Jakarta Selatan 2023- bintang 5 nih…

Sertifikat rumah/tanah yang Hak Milik selalu dianggap lebih meyakinkan, lebih pasti dibandingkan dengan HGB. Kalo awalnya tanah milik perusahaan atau pengembang perumahan, maka pasti HGB. Waktu kita beli, dipecah lah ke nama kita sebagai pembeli dengan status yang sama yaitu HGB. Untuk meningkatkan statusnya ternyata sangat gampang.
Di BPN Jakarta Selatan ini masuk ke program sehari jadi ato disebut Layanan Express Sehari.

Dokumen yang bisa disiapkan dulu di rumah sebelum dateng ke BPN :
1. Sertifikat HGB yang asli.
2. IMB-ijin mendirikan bangunan copy nya. Kalo gak ada IMB ini agak repot dikit. Dateng deh ke RT/RW minta pengantar ke kelurahan untuk bikin PM1- ini surat keterangan bahwa alamat ini digunakan sebagai rumah tinggal. Dari lurah nanti ada kolom diketahui camat. Kita bawa lagi ke kantor kecamatan.
3. Foto rumah – asli
4. PBB tahun terakhir dan bukti bayarnya- copy aja.
Siap2 juga bawa meterai 2 @10,000 buat nanti ditempel di surat permohonan.

Sampai kantor BPN-bagusnya pagi ya..jadi ngantri gak panjang. Jam 8.15 gw dah sampai..langsung lapor ke satpam kalo mau peningkatan HGB jadi SHM. Seharusnya gw daftar online lewat Sentuh Tanahku..tapi entah kenapa kalo dari rumah gak pernah bisa dapat slot. Tanggal apa aja diisi selalu dibilang penuh. Kalo kasusnya kayak gini, go show aja..dateng langsung. Satpamnya- pak Jamal- super ramah dan helpful. pake HP gw didaftarin..eh bisa. hadeh…dia daftar ke bagian Pelayanan Ekspres Satu Hari..widih…bisa sehari gak ya?

Kita minta dulu formulir Surat Permohonan- ini di bagian pojok kanan. Bilang ke penjaga mejanya..mo tingkatkan HGB jadi SHM. Nanti dikasih deh map putih, formulir 2 macam. Kita isi dulu..jangan lupa pakai materai dan dittd. Ini perlunya bawa materai 2 lembar.

Tunggu antrian..ngadep deh ke petugas loket Pelayanan Ekspres Sehari. Petugasnya ramah dan jelas banget. diperiksa kelengkapan dokumennya…PBB,sertifikat asli,IMB,foto rumah berwarnanya..kalo dah oke, disuruh kita ke meja ploting.

Ini kita harus masuk lagi ke Sentuh Tanahku ..daftar buat cek ploting..dah gitu dapet nomor antrian- sekali lagi gw bingung..kalo di rumah kok ini aplikasi gak jalan ya…Kalo dah dapet..nunggu bentar, nanti nomor dipanggil

Cek Plot ato ploting tuh sederhananya memastikan kalo tanah kita yang , secara digital memang benar..dalam arti gak ada sertifikat lain di koordinat itu..jadi memastikan gak ada tumpang tindih ato dobel dengan sertifikat lain.

Gak sampai 5 menit ..ploting selesai. ada formulir warna hijau yang diisi petugas..dan ditambahkan ke map berkas kita.

Balik lagi ke meja pelayanan ekspres…serahkan berkas yang sudah ada formulir hijau dari bagian cek plot. diperiksa bentar..diminta ke meja Scanning…jadi seluruh dokumen kita discan..jadi file elektronik..gak sampai 5 menit selesai..balik lagi ke meja pelayanan ekspress…dan disuruh tunggu..sekali lagi dipastikan semua oke sebelum status ditingkatkan. Kali ini kata petugas mo dicek ke buku tanah..untuk keamanan kita tentunya secara khusus untuk menjauhkan kita dari sengketa di depan nanti…

Dipanggil deh setelah 10 menitan..bayar biaya 50 ribu saja. Debit BNI bisa..jadi pake EDC aja..dan selesai..keluar deh bukti penerimaan dokumen-yg ada cap asli. dan bukti setor. Bukti ini kita pegang untuk ambil nanti produknya.

Dari jam 8.30 gw mulai ini proses..jam 9.30 dah selesai dapet bukti penerimaan dokumen. Tinggal ngambilnya. Kita bisa cek status dokumennya di aplikasi Sentuh Tanahku..pilih menu cek berkas..masukin nomor berkas-yg ada di bukti penerimaan dokumen plus capcha… biasanya nomor berkkas 5 digit xxxxx/2023 gitu…

Karena gw gak tau berapa lama nunggu ambil sertifikatnya..gw pulang aja deh..besok gw rasa dah jadi..Eh taunya jam 12.00 siang dapet WA kalo sertifikat dah jadi, bisa diambil..jadi bener bener pelayanan sehari jadi..widih, salut deh..gak pake ribet kalo lengkap dokumennya.

Gw anjurin buat yang mau peningkatan hak..dateng n urus sendiri deh..gak pake ribet kok. paling nunggu antar meja butuh waktu..tapi sisanya oke banget. Gak usah pake kuasa..cuti sehari aja dah selesai urusan…Salut buat BPN Jakarta Selatan..setidaknya untuk pelayanan peningkatan hak sudah sesuai janji.

Ini gak penting banget tapi kalo dibenahin pasti mantap…..tempat duduk buat nunggunya masih kurang..dan maaf maaf..gak enak didudukin…rada keras dan sandaran tegak lurus gak kokoh pula..dibanding kursi yang dulu lebih enak yg dulu kayaknya..belom lagi gak semua tempat duduk menghadap depan..jadi kalo nunggu kita gak nyaman nengok2 ke belakang ya. kuatir kelewatan dah dipanggil..

Apalagi kalo ada kantin yg nyaman dengan kopi pagi plus jajanan..sambil nunggu main HP..kantin adem. Juga ada tempat fotocopy, ngeprint dokumen plus jual meterai…lengkap sudah pelayanan prima BPN. Sekarang ini kalo ada yang kurang fotocopy,meterai,print dokumen mesti keluar dulu..ke arah kiri 100 meter..ato ke arah kanan 100 meter baru ada itu fasilitas..Ada sih gratis minuman mineral dingin ukuran gelas di pojok ruangan.

oh iya..ini gedungnya dah baru..bukan di gang sempit dulu..jadi kalo naik kereta turun di stasiun tanjung barat..nyebrang ke arah mall Aeon naik jembatan..dah gitu ke arah selatan..200 meter ada bengkel Auto 2000..pas tetangganya. kalo pake gocar,bluebird..bagusnya bilang ke Auto2000 aja yg sudah lebih top.
Jadi dateng pake mobil sekarang dah bisa banget dan gampang krn di pinggir jalan besar Jalan lenteng agung…..patokannya plang Auto2000.. juga parkir gampang masih luas…

Leave a comment