Cari Raket Tenis Enteng ato yang Terasa Enteng?

Karena gw tahu diri..gak punya power yang besar, sudah nambah umur…. maka kalo main tenis cari raket yang enteng. Sekarang gw pake Wilson Hyper Hammer 5.3 yang hitam putih,berat hanya 235 gr. Lalu pakai juga Head TSi6 yang legendaris sebagai raket tenis paling ringan..225gr.

Karena power kecil..solusinya tentu raket ringan dan  muka lebar Wilson Hyper hammer itu lebar muka ya 110, Head malah 115. Yang normal sih 95 sampai 100 lebar muka nya. Jadi memang muka yang besar ini secara teori menambah power pukulan, sweet spot lebih besar dan sebagainya..

Terakhir dan jarang dibahas soal balancenya raket. Semua raket untuk orang tua selalu enteng tetapi head heavy-HH atao balance nya ke depan. Jadi raket yang lebih berat di kepala raket menurut teori akan menambah power dari pukulan kita.

Jarang banget dibahas apa sih dampak dari balance raket baik yang balance condong ke depan  (head heavy), seimbang (even balance) ato balance yang condong ke pegangan raket (Head Light).  Ternyata ini yang jadi masalah 3 tahun belakangan. Kok gw  jadi sering kena cedera elbow..termasuk juga di pergelangan tangan. Apalagi kalo seharian main tenis agak lama.  Awalnya gw pikir salah teori mukul nih. Jadi diperbaiki dengan swing yang lebih panjang. Tetap aja kalo main berturut turut beberapa hari berasa sakit elbow dan pergelangan tangan. Terakhir elbow nya rada parah. Akibatnya malah berhenti main sama sekali 5 bulan termasuk ke dokter, fisioterapi dan obat oles.

Balance raket itu asli dari pabrik. Umumnya raket yang enteng berat statisnya, maka head heavy (HH). gw lihatlah head dan wilson yang selama ini gw pakai. Head TSi6 itu panjangnya 70,3 cm, balance nya ada di 385 mm. artinya ini berat ke kepala raket. Panjang raket bila dibagi 2 (35,1 cm) maka masih lebih kecil dibanding titik balance nya yagn di 38,5 cm. .  Wilson Hyper Hammer sama aja, panjang raket cuma 69,9 cm. titik tengah atao balance nya di 37,5 cm ato kalo full 2 x 37,5 cm.

kira kira seperti ini lah gambaran head heavy -HH, head light -HL dan seimbang (even).

Urusan dengan elbow ini ternyata dibahas di beberapa web-site. Google aja deh..rupanya yang HHeavy ini digunakan supaya tenaga kecil tapi power mukul datang dari raketnya. Tapi, nah ini yang penting, raketnya jadi terasa berat. Padahal berat statis nya sangat enteng tapi kalo balancenya HH, maka tidak terasa enteng ketika dipakai.

Beda banget dengan raket yang Head Light-HL yang terasa enteng. HL ini ternyata memudahkan manuver raket..jadi gampangnya kalo pergelangan kita menggerakkan raket terasa ringan. Untuk main volley atau main double pasti lebih enak karena lebih cepat kita gerakan muka raketnya (manuver) , Selain itu yang HL ini pasti enak juga kontrolnya. Power yang dihasilkan raket ini lebih rendah dari yang HH.

Sayangnya kalo dilihat di pasar, yang HL ini rada jarang. Raket Babolatserinya  banyak yang balance nya HL.

KEracunan youtube, gw coba bikin balance nya raket TSi6 gw dari HH ke HL . Dugaan gw selama ini gw pakai raket enteng tapi tidak terasa enteng. Di youtube banyak banget caranya, gw ambil yang paling gampang..isi aja gagang pegangannya dengan silikon-ini yang biasa dipakai untuk sealer aquarium atao pinggir kaca. Jadi kalo gagangnya semakin berat maka titik balance nya bergeser ke gagangnya alias jadi HH.

Gw masukin dulu kapas yang dipadatkan..dorong pakai oben ke gagang raket. Supaya cairan silikonya gak terus turun bahkan mengisi bukan hanya gagang raket tapi juga percabangan nya. ini harus dihindari. sesudah kapas masuk, gw pakai Caulking ato alat yg biasa dipakai untuk pasang sealant atao sealer di kaca. Dari situ gw masukin lagi kawat biar nambah berat gagangnya. baru di tutup ujung gagang raket. Taruh di posisi vertikal, gagang dibawah.

Selesai gw injeksi sekitar 50 gr silikon plus kawat….baru gw coba pegang. Astaga berat banget. Kayaknya kawat tambahan itu kelebihan, lalu silikon kebanyakan juga . Gw buka lagi, baru korek keluar pakai obeng minus…termasuk kawat nya. Gw coba ayun dan pegang…masih berasa berat juga. Buka lagi pegangan bagian bawahnya…ketok ketok vertical..jadi silikon nya turun…lalu buang. Kalo sudah agak enak, baru kita tutup lagi dan taruh supaya kering dengan posisi vertikal. Cara ini memang gak bisa ukur berat yang pas. trial error.

Sekarang  posisinya bukan HLight..sudah Even alias seimbang. Karena silikon yg dibuang cukup banyak..bahkan kebanyakan mungkin ya.

sudah balance

Sudah balance antara kepala raket dengan gagangnya…Kalo HL seharusnya gagang raket lebih bawah. Pagi ini gw pake raket yang sudah balance. Yang terasa banget raket bener-bener lebih ringan kalau diayun. Belum dicoba untuk volley sih. Jadi memang menggeser dari HH ke Even ato balance aja sudah terasa manuver lebih ringan.

Cara menambah berat gagang raket yang lain adalah menempelkan lead tape -semacam isolasi yang terbuat dari timah dengan panjang dan berat tertentu. Jadi kita tempelkan di gagang raket lalu tutup dengan grip nya. Baru beli dari tokped…dan belum sampai, belom dicoba juga. Satu lembar beratnya 3 gram. Nah kalo ini lebih terukur hasilnya.

Dah coba pake lead tape…pakai tambahan silikon di gagang raket-termasuk akhirnya mengurangi banyaknya silikon plus keluarin kawatnya…hasilnya pas dipakai..gak enak. Asli gak enak. Ada yang aneh begitu dengan penambahan berat dengan silikon dan lead tape. Jadi mungkin…mungkin ini ya..raket itu waktu dibikin memang sudah proporsional beratnya..kalau head light-HL demikian..kalo head heavy-HH demikian juga..proporsi antara berat di kepala dan gagang sudah mengikuti jenisnya HL ato HH. Jadi ketika kita tambahkan di gagangnya..proporsi berubah tidak keruan. jadi lah rasanya aneh pakai raket yg gagangnya berubah berat. tapi ini menurut gw ya…

akhirnya untuk keluar dari problem tennis elbow yang berkepanjangan..solusinya beli raket baru yang unbalance nya atao titik keseimbangannya berat di gagang. Gw coba Solinco black-out 265 gr..krn unbalance di 1pt HL. Semoga enak…

Leave a comment