Perpanjang paspor on-line di Jakarta Timur

Karena perlu paspor dan baru lihat lagi kalo paspor hijau gw ternyata dah wafat sejak 2020, maka mulai deh google gimana sih cara bikin paspor. Ato kalo bisa perpanjang paspor yang ada lebih bagus
Kunjungi aja https://www.imigrasi.go.id/id/ dari situ pilih menu permohonan ke imigrasian. Di roll ke bawah nanti ada bbrp jenis pelayanan, pilih kotak yg tulisannya paspor.
Disini keanehan dimulai. ditanya perangkat kita pake OS android ato apple..pilih yg mana aja hasilnya sama..not found. bingung kan.

Ternyata yang paling praktis memang harus lewat HP aja..Pertama ke playstore, langsung donlot aplikasi yang namanya M-Paspor. Kalo keyword nya paspor online, memang ada beberapa aplikasi lain..gw coba dan ternyata bukan. Jadi ini ternyata aplikasi buat paspor on-line nya imigirasi. Hadeh..dah muter muter nih…kenapa gak disebut ya di web nya imigrasi pelayanan paspor pakai M Paspor gitu..

Jangan kuatir..ini aplikasi ratingnya cuma 2 koma… lihat deh di playstore..komentar para pengguna…. 90% nyumpah ini aplikasi..makin memperkuat anggapan kalo pemerintah bikin aplikasi memang gak  pernah dicoba dulu apa ya…Tadinya agak pesimis juga….tapi mo pake aplikasi apa lagi buat bikin paspor? rata rata ngeluhnya aktivasi pendaftaran dilakukan setelah kita terima imel. Nah pas terima, kita aktivasi dari imel katanya pada gak bisa…eh keselip 1-2  komentar bagus…yang bilang kalo aplikasi ini oke banget..running well. nah lo…

Kalo dibaca teliti komentarnya..terutama komentar yang positif…ternyata kuncinya sederhanan aja…Kalo mau proses paspor on-line harap pakai HP yang sama.. buat donlot aplikasi..buat buka imel nya notifikasi..untuk aktivasi…dan untuk upload KTP dan halaman 2 paspor lama.  Dah segitu aja tips nya…

Gw buktiin komentar ini pengguna, ternyata bener banget..gw donlot dan buka aplikasi M Paspor di HP..dah gitu buka imel untuk cek notifikasi di desktop..ada imelnya, pas diaktivasi..gak bisa. ini yang paling banyak dikeluhkan…Jadilah gw buka email di hp..eh lancar jaya tuh…Jadi gw ulang daftarnya..lalu dikirim notifikasinya..dan gw aktivasi..jadi deh.

Mulai step awal…isi form nya..sederhana aja..dah gitu upload file KTP..file paspor halaman 2-yg ada foto. selesai…Biayanya standar…350 ribu untuk paspor biasa 48 halaman. Ada banyak pilihan sih..mo paspor elektronik juga bisa, mo paspor yg halaman lebih banyak juga oke.

bukti permohonan paspor

Dah gitu dapet perintah untuk bayar segera…pakai mobile banking. ingetin aja nomor e-billing nya. Ini nomor unik buat kita bayar ke kas negara dan dihitung sebagai penerimaan negara bukan pajak. Kalo pake m banking BNI..tinggal pilih menu  bayar penerimaan negara ..masukin kode e-billingnya..ada tanda bayar.

permintaan untuk bayar ke kas negara

Segitu aja, pas balik ke apliksi m paspornya…dah keliatan status permohonan sudah bayar.

Oh iya, kita juga boleh milih mo ke kantor imigrasi mana untuk difoto dan ambil sidik jari. Ada lokasi kantor imigrasinya..ada tanggal yang tersedia lengkap dengan tandanya yg sudah penuh..

Tentu aja pilih yg belom penuh ya..Biar KTP Jakarta selatan..gw pilih jakarta timur aja  yang tanggal nya tersedia segera…jadi setiap tanggal ada kelompok pagi. jam 8 s.d jam 12 siang…biasanya untuk 15 peserta aja. Gw pilih yg pagi supaya gampang. kesana dan belum macet. Pilih kantor jakarta timur karena antrian tanggal kosongnya banyak dan dekat juga. Ini kantornya persis bersebelahan dengan lapas Cipinang..

Karena satu n lain hal..gw ternyata gak bisa di tanggal itu. masih juga boleh ganti tanggal. gw ganti dari rabu pagi ke kamis pagi..simpel banget. tinggal pergi ke Mpaspor..ada menu ganti tanggal. tapi cuma boleh sekali aja..dan paling telat H-1. kalo gak dateng ato mo ganti sekali lagi..gak bisa. Uang hangus dan musti daftar ulang…

Kamis jam 7.30 pagi gw dah hadir di kantor imigrasi jkt timur cipinang. Kantor bersih banget..dan langsung diproses kelengkapan dokumennya. Jangan lupa..print file surat tanda daftar ..yg letter head nya kemenkumham..dan diujung kanan bawah ada QR. kalo gak bawa print nya ..kita disuruh ngeprint..duh kemana coba cari tempat ngeprint. untung gw dah print itu kertas selembar….

Eh ternyata gw perlu bawa copy KTP dan copy paspor halaman 2 aja..plus ada surat pernyataan kita perlu isi bermeterai 10.000. Haduh…kok gak dibilang sih di aplikasi ya..bilangnya cukup bawa ktp dan paspor lama aja….untung ada kantin di belakang yg ada fotocopy nya plus jual meterai. Lain kali bilang dong di aplikasi yang jelas…gw isi surat pernyataan..gw lampirin copy ktp n paspor..baru dianggap lengkap. Diinput pas jam buka..jam 8..keluar nomor, dipanggil buat foto ke lantai 2.

Selesai foto dikasih tanda pengambilan paspor..dikabarin dulu pak..entah via WA, SMS ato apa gw gak tau….total habis waktu 1 jam dari  parkiran, periksa kelengkapan dokumen sampai ambil foto. Pelayanan ramah dan efisien. kecuali foto copy ktp dan paspor plus meterai itu ya.

Tapi ini bagian yang paling oke…ada tulisan di parkiran no tipping..seperti yg di mall..gw keluar area kantor dibantu petugas yg di gerbang dengan berhentiin arus jalan bekasi timur waktu pagi nan sibuk itu..gw buka kaca kasih uang parkir dan tip krn bantu gw keluar area…eh beliau nolak beneran. gw berhenti 1-2 detik..tetap aja beliau nolak..oke thanks. bagian ini memang kumham oke banget..yang ditulis bener yg dilakukan…

Selasa malam, gw dapet SMS. bilangnya paspor sudah bisa diambil. Agak siang gw ngambilnya..jam 9.30 sudah di lokasi dan gak boleh masuk. Area parkir penuh. Jadi kemana? Ternyata area parkirnya persis sebelum gedung imigrasi. jadi antara lapas dan imigrasi ada jalan besar..buat parkir. Ada papan kayu kecil tulisan parkir. Tapi gw jamin pasti kelewat deh..kalo mo masuk situ harus mundur..waduh ngga deh. jalan bekasi timur kan top banget padatnya. jadilah gw maju aja..dan muter di lampu merah pertama…abis itu muter balik lagi dan langsung belok kiri ke area parkir yang tidak beraspal, tapi amat longgar.

Gak sampai 10 menit disana. tinggal bilang mo ambil paspor. diarahkan ruangannya. ambil ticket dulu..abis itu nunggu dipanggil. selesai deh.

Overall, bagus banget pelayanan paspornya menurut gw. ada sih kurang kurangnya dikit..yang paling fatal kenapa gak aplikasi m paspor ini yg tercantum di website ato dimana saja lah..jadi kalo orang mulai dengan ngegoogle, yang dapet harusnya m paspor dong..bukan yang lain lain. Dah gitu di aplikasinya sendiri agak berperasaan sedikit…sebut dong kalo imel nya harus dibuka di hp itu juga..dan upload akan lebih baik kalo file jpg nya sudah di hp juga..jadi serba lancar dan mudah. kan kesian masyarakat sudah nyumpahin ini aplikasi..terbukti dari ratingnya yang cuma kepala 2. Padahal sepele aja urusannya..masyarakat juga pendek sabarnya ya.

Ini juga sekali lagi ngebuktiin kalo teknologi bisa mencegah korupsi. Gak perlu kasih tip sana sini..toh semua dah jelas prosedur dan waktunya ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: