SHGB jadi SHM..cuma 50 ribu perak plus sabar …..(2)

Ini sambungan pengurusan peningkatan hak..dari HGB jadi Hak Milik di Kantor BPN Jakarta Selatan.
Seperti ibu yg di loket bilang..jangan dateng 5 hari kerja untuk ngambil..biarpun di website dibilang begitu..2 minggu pak. Oke deh..ini juga masih mengundang kuatir ..gimana cara cek nya kalo nomor sertifikat kita sudah jadi? cek aja di aplikasi sentuh tanahku. Gw percaya penuh..dan pulang.
alamat imel

Sentuh Tanahku nya gak bisa diakses. gw dah daftar..diaktivasi lewat email yang kita kasih, ternyata tetap gak bisa login. Belakangan gw baru paham kalo butuh 22 hari kerja untuk verifikasi user..lha kalo gw cuma ngurus peningkatan yg teorinya hanya 5 hari kerja..gak nyambung dong neh..hadeh..pantes aja gak bisa login. apalagi mo dipake ngecek nomor sertifikat kita…

Balik lagi pas 2 minggu kemudian. gak pake daftar di aplikasi siaman lagi untuk ngambil antrian..krn kan waktu dateng yg ke2 juga dibilang gak usah lagi..untungnya biar pun mesti nuggu 1 jam di tenda..tapi akhirnya dikasih masuk ke dalam dan sertifikat gw dah jadi.

Artinya bener tuh peningkatan hak dari SHGB  menjadi SHM untuk tanah dibawah 600 meter persegi ternyata hanya 50 ribu biaya resminya dan tidak ada BPHTB segala macam..krn waktu perolehan dulu-beli dari pemilik lama- kan harus bayar BPHTB kita sebagai pembeli..jadi sudah selesai itu kewajiban.

Tinggal lagi ini syarat syaratnya..ternyata beda jauh dengan yg di website BPN, siaman, maupun banyak website lain. Dokumen yg gw sampaikan waktu itu :

  1. Sertifikat asli dan copy 2 set..satu untuk proses ploting, satu lagi untuk pendaftaran
  2. File pdf dari sertifikat dan diemail ke alamat email gmail.com, nanti dikasih tau sama petugas alamatnya.
  3. IMB copy
  4. PBB dan bukti bayar – copy
  5. KTP dan kartu keluarga yang sudah digital-tandatangan lurahnya QR code. – copy
  6. Foto berwarna pemohon di depan lokasi rumah-hardcopy
  7. Surat Pernyataan  tidak memiliki lebih dari 5 bidang tanah….minta di ujung ruangan, bilang untuk peningkatan hak..isi dan tandatangan diatas meterai
  8. Surat permohonan untuk peningkatan hak..minta di ujung ruangan juga, bilang untuk peningkatan hak, tandatangan diatas meterai.

Biar semua itu dah kita bawa, tetap aja gak diterima pendaftaran pada hari yang sama..karena harus dapet dulu bukti validasi plotting..ini di meja sebelah pendaftaran. Jadi kita cuma dateng..dicek dokumen..dah gitu diminta ke meja plotting..kita kasih copy sertifikat..dan jadinya bukti validasi plotting besok …harus sehari..gak bisa hari yang sama.

Makanya daftar baru diterima hari berikutnya, sesudah kita ambil bukti validasi ploting, baru deh ke meja daftar lagi..diperiksa semua, kalo dah oke, disuruh bayar 50 ribu ke bank DKI di luar kantor. ini sih gampang dan cepat..abis itu ada bukti bayarnya..kita balik lagi ke loket daftar…dan dikasih bukti bayar asli nya. plus diminta dateng 2 minggu lagi…untuk ambil sertfiikatnya..di loket pengambilan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: