Bersihin Kerak Air di Velg, Lis mobil-Kompon merah

Kalo nyuci mobil di rumah, setelah beberapa bulan ato tahun pasti muncul yg namanya kerak air. Keras kayak karang gigi dan bikin rusak pemandangan. Velg mobil yang terutama, selain bekas cuci juga kena cipratan air. Lis mobil yg chrome, biasanya di garis pertemuan dengan body, setelah sekian lama ada garis tambahan..kerak air.
Kerak ini memang sisa air yang mengering, karena mustahil juga kita bisa ngeringin mobil sempurna. Kecuali kayak di tempat cuci mobil yg bagus. Sehabis dicuci, dilap supaya kering, terakhir disemprot angin kompresor di persis yg gw bilang..lis lis yang ada. Daerah spion, lis kaca jendela ke body, ato lis di pintu bawah..jadi air yg ketahan disana dipaksa keluar.
Ini contoh mobil gw yang menyimpan banyak kerak terutama di velg, di list pintu bawah.

Iseng iseng coba cari..pake apa supaya bisa bersih. Waktu itu sudah coba baking soda plus sabun..mungkin bisa hilangin kerak air di permukaan velg..tapi gak bisa buat yg di sudut, apalagi di area baut roda. apalagi yg di lis bodi mobil

pernah juga coba pake kayak kit utk polish..hasilnya sama juga, kalo permukaan besar mungkin bisa itupun harus ekstra gosok. Rupanya terlalu lunak materialnya, jadi tidak bisa mengangkat kerak air.

Nah kemarin iseng ke solusi-tool shop deket rumah, iseng beli kompon merah. Plus kain majun ato kain bekas. yang kecil aja. murah aja sih.. percobaan pertama di velg yang sering kena siram air. jadi di sudutnya kerak air..di bagian yang terbuka keliatan kayak panu an gitu..kecil kecil air yg kering di permukaan cat nya.

ini perlengkapannya: 1 kompon merah, wax yg cair, kain mikrofiber yg besar plus kain majun katun sebungkus aja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertama velg dibersihin dari debu dan pasir..bisa juga disiram air aja lalu dilap kanebo. dah hilang kotoran kasarnya, kita oleh dengan kompon merah. JANGAN KERAS KERAS olesnya..dan sebaiknya pakai jari aja biar bisa terasa kalo terlalu keras. ini kompon merah sangat abrasive, jadi sekali lagi kayak dielus aja..jangan keras keras gosoknya..semua permukaan dioleh kompon, tipis tipis aja..

 

khusus buat lubang baut..dioles di satu titik..lalu nanti digosok – jangan keras keras – dengan lap kain majun yagn dilipat ujungnya biar lancip, lalu diputar..sim salabim..langsung hilang tuh kerak kerak air.

ini pentingnya gosok pelan pelan..karena sangat abrasive. kita oles lalu dielus pelan pelan pake jari..jangan pake lap majun karena terlalu keras nanti. jadi digosok pelan dengan jari..dah gitu baru deh dibersihin sisa kompon merahnya dengan lap majun..super pelan. jangan digosok sama sekali..nanti keliatan permukaan velg jadi agak buram..karena masih ada sisa kompon di permukaannya. sekali lagi gak usah digosok buat bersihinnya. Langsung aja dioles wax cair. sekali lagi dengan jari aja…jangan pakai lap majun…dioleh ke semua sudut. 

diamkan bentar..bersihkan dengan lap majun..pelan pelan saja..kalo dah bersih dari sisa wax nya..baru deh pakai kain micro fiber dilap bersih..boleh digosok biar kinclong. hilang tuh kerak airnya..dari lubang baut sampai sudut sudut velg.,

Karena berasa sukses besar..ternyata cara ini juga bisa dipakai buat kerak air yang dibodi. Kan sering tuh ada lis chrome mobil yang pas di sepanjang pertemuan dengan bodi, ada kerak air..ini dia problem yang muncul karena waktu cuci mobil kita keringin tapi airnya ketahan di celahnya.  Untuk yg dibodi lebih hati hati lagi gosoknya…ini dia contohnya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dioles tipis di sela selanya..dah gitu kain majun membungkus jari kita..jempol dianjurkan.dan harus berkuku. karena kain majun hanya selapis..membungkus kuku kita..lalu kita gosok sepanjang sela sela lis tadi. nanti berasa kasar banget..karena kerak airnya kena..dan kita ulang pendek pendek..kaya ngerok kerak air dengan kuku kita..terasa kok kalo keraknya rontok. setelah berulang ulang..kalo kuku kita yang dibungkus kain majun  selapis saja itu kita geser sepanjang celah chrome..jadi mulus jalannya. karena kerak air bersih sudah..

Jadi silakan mencoba kompon merah nan ajaib ini..sekali lagi  ini bahan sangat abrasive..jadi kuncinya pelan pelan saja…

Senang benget liat velg bersih lagi..plus lis di bodi gak ada lagi tambahan garis putih kerak air…

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: