covid bukan aib tapi orang menjauh….

selama 3 minggu ini banyak hal yang  perlu dijelaskan ..utamanya dari sisi pasien yang positif.

Pertama, soal covid bukan aib. kenyataannya masih ada yang gak mau kasih tau orang di sekitar kalo sedang positif. Kenapa ya? rupanya memang sikap spontan masyarakat awam terhadap covid memang beda jauh dengan sikap petugas kesehatan yang sudah lebih paham. ini kejadian kemarin siang di laboratorium RS. Pulang dari RS waktu itu dijadwal dua test, pcr hari senin..test darah hari kamis. Gw nyetir sendiri ke RS untuk test pcr nya, karena drive thru jadi masalah teknis gak ada. ternyata hasilnya masih positif, oke lanjut aja isolasi.

Kamis gw ke RS..ini sudah rada ribet, karena kan test darah harus daftar di lab. Secara teknis gimana orang yg positif ini harus datang, masuk lobby RS, daftar di loket laboratorium dan diambil darah lalu pulang. bayangkan kalau orang tau kalo yg sedang jalan di lobby RS ini orang yg positif. Dan itu kejadian bener..gw nyetir sendiri..parkir, masuk lobby RS..taruh surat permintaaan cek darah di depan loket. agak penuh..tapi berjarak 1 meteran deh. kira kira 6 orang di depan loket. petugas datang..panggil orang. Gw karena tau positif dan kesian liat banyak orang tua yg antri..gak mau duduk tapi berdiri jauh di pojok ruang. dipanggil nama gw..dan gw maju ke kaca loket, dibilang kalo gak bisa ditest darah karena pcr masih positif. sontak yg antri di depan loket mundur semua dengar petugas bilang kalo gw positif. Gw segera ambil dokumennya dan pulang…

Kedua, gw WA dokternya dan tanya..gimana ini jadinya? apakah harus negative dulu baru boleh test darah ato gimana. dokternya bilang sekalian aja lah test darah dan pcr. Oke..tapi gw ceritain gimana insiden di depan loket tadi. Dokter bilang gak apa lah..kan sudah dalam tahap tidak menular. 

Lha iya, dokter sih tau karena sudah monitor CT value nya..tapi masyarakat mana tau? pokoknya masyarakat pasti menjauh kalo ada yg positif. jadi gak salah juga ya kalo masyarakat keliatan berreaksi kelebihan. 

Satu lagi tentang transportasi bagi yang sedang positif. Sudah isolasi 5 hari di rumah, mau cek ke rumah sakit misal test darah, rotgen paru. Kalau memang yang positif ini tidak boleh sama sekali keluar ato kontak dengan yang lain, kan artinya harus dengan ambulans, sebagaimana kalo kita lihat dari puskesmas DKI dibawa ke wisma atlet. Kalau sedang di tengah perjuangan untuk negatif..kalau harus ke RS, harus ke laboratorium..kan gak mungkin pakai ambulans ya. secara praktis gak mungkin orang yang isolasi kalo ke RS mo kontrol pakai ambulans. Jadi yakinlah..orang orang yg mondar mandir di tempat umum apalagi di RS/Laboaratorium, mungkin ada yang positif..entah dalam tingkatan yang sudah tidak menular..ato masih menulara tapi dia tidak tau.

Ketiga, soal makanan dan minuman yang dipercaya bakal meningkatkan imunitas dalam proses penyembuhan. selama ini sama sekali gw gak makan apapun selain obat dokter. Gak jug obat china, tradisional herbal, madu dengan pelbagai jenis dan sebagainya. Ini personal aja, setiap orang itu kan khas. Suplemen, katakanlah begitu ya, ini bisa cocok bisa juga ngga ke setiap orang. jadi kalo cocok buat orang lain kan belum tentu cocok buat diri kita ya. Dan tentu saja kita yang tau tentang kondisi diri kita sendiri. 

Yang paling sering gw dengar soal minum rebusan jahe. Waduh, gw tau diri banget..lambung gw bisa berontak dan mengeluarkan gas pastinya yang bakal bikin mual. jadi buat yg punya penyakit lambung yang sudah lama pasti menghindarkan jahe. Begitu juga madu. Secara umum memang madu itu suplemen yang baik. Tapi untuk meningkatkan imunitas selama periode positif kan buat yang sudah menderita Diabetes Melitus gak boleh sembarangan asupan gula nya termasuk dari madu. Jadi intinya sih, kenali aja diri sendiri..kalo it works buat orang lain belum tentu buat kita juga..dan yang paling masuk akal ya obat ato makanan yang dari dokter aja. tapi ini pendapat pribadi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: