Diatas 50 thn, positif Covid..lebih rumit.

Gak disangka sangka, cuma batuk kering plus bersin bersin ternyata berujung panjang. Sekitar kamis tiba tiba bangun tidur bersin banyak..dan jadi pilek. disambung dengan batuk kering sekali sekali. Kayak flu rasanya. badan gak enak. Jumat makin sering bersinnya dan pilek makin banyak. batuk makin sering dan suhu agak hangat. Pulang deh dari kantor  abis makan siang, cek suhu ternyata 37 saja. Dah gitu minum aja obat sinus..krn gw pikir ini sinus lagi ngamuk. supaya tidak produksi pilek dan sumbatan lendir di kepala cair, seperti biasa. Minum siang..minum malam, tidur enak..sabtu sudah segar lagi..bahkan masih sepedaan keliling rumah 30 menit.

 

Segera pindah ke kamar untuk isolasi di rumah. semua orang ruma pakai maskerdan gak boleh deket. untung gw diisolasi di kamar lantai 2. jadi bisa berasa isolasi beneran.  Pertama, gw telfon puskesmas yang deket rumah untuk konsultasi. Dokternya dateng ke rumah..minggu malam nih. cek suhu, saturasi, nadi dll. Gw bilang gak ada keluhan..gak sesak nafas, gak ada demam..katanya ini gejala ringan. Ternyata hari itu gw kehilangan kemampuan membaui apapun..minyak kayuputih yg baunya keras itu aja gak kecium apapun. ini yg paling jelas ciri nya..

KEdua, Senin pagi..puskesmas minta gw skrining..alias disuruh test di RSUD pasar minggu. Kesana dianter anak gw aja..semobil, gak pake AC, gak pake ngobrol, jendela dibuka..Perlu skrining mo liat paru paru nya plus ada test lain. Disana ke IGD, langsung dicek nadi, saturasi, ekg, diambil CT SCAN dada, ambil darah.

Nah dari RSUD pasar minggu dikasih obat anti virus-belakangan gw tau ini avigan…ini anti virus yg dipakai buat HIV, dikasih vitamin C, D, Zinc sulfate..buat bekal. Jadilah senin sampai kamis minum obat..dan batuk hilang, bersin hilang, pilek hilang. hanya tetap aja badan gak enak rasanya terutama makan. Bisa bergerak normal tapi ada yang kurang fit rasanya. Hari ke 4 mulai diare…sampai hari ke 5. Dan di hari ke 5 tiba tiba dari pagi muntah muntah. gak bisa masuk apapun ke perut, termasuk obat. waduh..rada kuatir nih. mana obat sudah habis juga jatahnya hari ini.

Waduh kalo ini super serius..sudah muntah seharian ternyata urusan nya sekarang peradangan di paru juga..gw putusin brenti isoman dan ke Rumah Sakit deh. Gw dibawa ke RS Pertamina yang di simprug. dijemput pakai ambulans dengan petugas pakai APD. waduh..ini pertama kali terjadi dalam hidup gw….ini RS khusus dibikin untuk merawat pasien covid saja..jadi sangat efisien dan spesialis. Di IGD ditest yg sama, suhu, saturasi, nadi, tensi darah ..dan di CT Scan lagi. Hasilnya cepat…ternyata sudah ada perbanyakan bercak di paru dibandingkan ct scan waktu di RSUD pasar minggu. Waduh..dan tensi darah selalu tinggi, yang gak pernah banget gw setinggi itu..jadi diputuskan untuk masuk ICU deh biar bisa dipantau intensif.

Jadilah ditaruh di ICU sabtu subuh….dan dimonitor semuanya termasuk dokternya bilang ada gejala pengentalan darah..haduh..ini gak pernah banget gw ngalamin. Jadi urusannya sekarang kemasukan virus yang segera harus dibuang, lalu paru paru ada peradangan/infeksi yang harus dibom antibiotik..dan pengentalan darah yg perlu dikelola juga.

One thought on “Diatas 50 thn, positif Covid..lebih rumit.

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: