Pulang kampung: Tuk tuk -Tarutung (3)

Makan pagi di Mas Cottage lumayan..ke Tarutung lewat Pangururan. Kondisi jalan bagus..dan nyebrang keluar Samosir ..Tano Ponggol ato Tanah Patah..kirain ada jembatan panjang gitu..ternyata hanya jembatan kecil aja..panjang 10 meter paling jauh..jadi sebenarnya samosir dengan sumatera itu nyambung kali ya..yang bedain cuma jembatan ini aja. Sesudah jembatan..belok kanan ke arah pemandian air panas buat umum…. Siang siang..mandi air panas di kolam renang umum…airnya pahit..tapi bening. jadi gak kayak air panas dengan sedimen sulfur yang kayak tanah itu..enak juga menyegarkan badan.

Problemnya sama juga..tempat makan gak ada. lanjut deh dari pangururan ke arah Tele..ini daerah sudah sering disebut bagus tapi jalannya bahaya. sering kecelakaan karena kecil jalannya..berkelok kelok.nanjak. Sebelah kanan lembah…luas. sebelah kiri pemandangan danau toba dari ketinggian. Depan kita tebing..dan terlihat mobil jalan..jadi kita meliuk liuk melingkari tebing… Bagus banget..tapi gak bisa brenti menikmati ya..soalnya jalan sempit ini.

Ada lapangan tempat menikmati pemandangan ..dan bisa parkir. warung ada…buat beli minum aja ..kalo mo makan ya makan mie instan kali ya. kira kira 400 meter ada menara buat menikmati pemandangan Tele..yang bagus banget. Jalan meliuk liuk itu bisa dinikmati sekitar satu jam kali ya..

Sehabis itu..masuk deh jalan datar..kiri kanan tanah kebun..jalan sepi..lurus..akhirnya ada restoran tempat travel L-300 brenti. ikutan disana aja lah makan siang. waduh..menunya gak banyak juga…paling ngga ada nasi lah. plus toilet n kopi panas. lanjut lagi..jalan bagus..relatif mulus. Sampai deh di dolok sanggul..tapi gak ada apa apa juga..cuma pasar aja..lanjut.

Sampai di Siborong borong..ini kota potensial jadi ramai karena terdekat dengan bandara silangit. Brenti dulu..makan ombus ombus..di warung yg klaim ini ombus ombus nomor 1. gak terlalu istimewa ya..biasa aja rasanya. Lanjut aja deh..gak ada yg bisa diliat kayaknya.

Sampai deh di Tarutung…ibu kota Tapanuli utara..katanya makin sepi. Dari kabupaten asli..pecah. nambah 3 kabupaten baru ..pemekaran. Hotelnya cukup memadai..tapi gak tersedia on-line. Hotel Hineni namanya..dekat terminal.Gw cari di google..lalu telfon..dan transfer uang muka. untung aja gak ada masalah ya..

Makan di Tarutung..rumah makan Gorga sangat recommended. Bersih, lengkap, enak, rasional harganya…di jalan utama DI Panjaitan..dekat Jl. Sisingamangaraja. Dua malam di Tarutung..dua kali makan disini.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s