Isi SPT Pajak pakai e-filing

Luar biasa..canggih dan sangat memudahkan. Pengisian SPT tahunan dengan  e-filing sungguh mudah dan cepat plus tidak merepotkan. cukup modal bukti potong penghasilan yang kita punya…token untuk internet banking..cukup.

alamatnya : https://djponline.pajak.go.id/account/login.

karena kita isi spt setahun sekali..tentu aja password gak terlalu ingat. nah login ini rada ngerepotin karena kalo salah isi..blank lagi. terpaksa isi lagi npwp ulang. berkali kali sampai gw inget nomornya. nah yg paling praktis..habis isi npwp..copy aja. jadi kalo salah tinggal paste. praktis. NPWP nya diisi gak usah pakai titik koma.

masuk halaman berikut..ada pilihan. e billing-buat bayar nanti. e filling..ini yg buat bikin spt. sama e form- nah yg in ini belum pernah coba. karena tahun lalu e filling. tahun ini sama saja lah.

pilih e-filling lalu kelihatan sejarah SPT kita dari tahun ke tahun. gw pake ini baru 2 thn terakhir..jadi ada 2 SPT. click  BUAT SPT. ini kita bikin spt baru..dan ikut aja langkahnya satu satu..pertanyaannya dijawab dengan click..ini untuk menentukan form SPT yang tepat untuk kita.

Gw wajib pajak orang pribadi..penghasilan dipotong pajak oleh pemberi penghasilan. kali ini ada 3 bukti potong..yang satu sudah memotong persis sesuai aturan tarif..jadi seharusnya kalo penghasilan gw cuma ini saja..spt nya bisa langsung diisi, tidak ada kurang/lebih bayar..alias nol. Tapi karena ada 2 bukti potong lain..yg motongnya dengan tarif lebih rendah (5%). jadilah ada kurang bayar pada akhir tahun…karena dipotong dengan tarif 5 % pada saat terima penghasilan…padahal sesudah penghasilan setahun ditotal kena tarif yang diatasnya.

Formulirnya sudah bagus bener cara isinya..waktu ngisi lampiran dulu semua..baru kalau sudah benar dan lengkap..ditampilkan denga urutan baru dibalik ..induk..baru lampiran. Seperti yang kelihatan diatas ini ..sesudah lengkap diisi. Ini posisi lengkap tinggal kirim.

Penghasilan netto yg ditanya pertama dan harus diisi manual. ambil aja angkanya dari baris 12  bukti potong sebagai pegawai tetap…itu kan penghasilan netto. Nanti e-filling akan menghitung sendiri berapa pajak terhutang..dan karena sudah dipotong pemberi penghasilan..langsung kelihatan tidak ada pajak terhutang. karena jumlah terhutang dan dipotong sudah sama.

Dalam kasus gw ..ada 3 penghasilan diisi..kita tinggal isi npwp pemotong pajak..keluar langsung nama pemotong pajak kita. lalu kita isi berapa dipotongnya. kelihatan nanti total pajak yang sudah dipotong pemberi penghasilan..dan ajaibnya di halaman berikut langsung terlihat berapa kurang pajaknya. jadi e-filling ini menghitung berapa seharusnya pajak kita..dan berapa yang sudah dipotong pemberi penghasilan. hebat deh…

daftar harta..tinggal buka spt tahun lalu..kalo ada yg diubah..tinggal klik ubah. kalo sudah dijual hartanya..tinggal click hapus..kalo sudah beres..jadilah itu lampiran tahun pajak 2017. simpel banget ya. jadi tinggal pakai yg tahun lalu aja. tanggungan juga gitu..jadi jangan lupa click kiri atas..spt tahun lalu. dari situ aja diedit.

selesai semua..kelihatan kurangnya berapa. baru deh pergi ke menu e-billing. login dulu kayak e-filling juga..lalu ini intinya. isi kekurangan pajak kita berapa..bilang aja pajak 21 orang pribadi..pembayaran tahunan. nanti dari situ digenerate angka unik untuk pembayaran pajak ke bank persepsi.

Iseng iseng lihat bank persepsi nya apa aja dan cara bayarnya gimana di masing masing bank..kayaknya ini update terakhir 2016…jadi gak update. gw pake bank mandiri..di tabelnya bisa bawa ini angka unik ke teller, internet banking, atm untuk bayar….kalo mobile banking memang belum bisa.

Gw mulai aja bayar lewat hp..kali aja sudah bisa…ternyata benar. belum bisa karena memang tidak ada menu bayar pajak/bea cukai..adanya cuma pbb. Lalu lewat internet banking kayak tahun lalu..eh token nya ngadat..disabled. mesti diganti ke bank nya nih…Lanjut ke atm mandiri… ternyata gak bisa diproses di atm, semua jalan mulus..sudah oke ..eh ternyata terakhir dibilang gak bisa diproses di atm ini… hadeh..terpaksa deh harus ketemu teller bank nanti hari kerja. padahal kalo jalan sempurna tuh..tinggal ini aja angka unik yang digenerate e-billing..15 digit. selesai..tinggal kirim spt di halaman kirim spt. Ini karena belum bayar …SPT tetap draft..kode unik ini  valid sampai 1 bulan ..tapi gak apalah..nanti kalo sudah bayar..tinggal kirim…selesai kewajiban.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s