Ngecat motor tua- tinggal vernish(4)

Sesudah nongkrong 3 mingguan, si merah dan si biru plus semua parts bodinya sudah penuh debu. Padahal masih belum divernish. Hari ini kambuh angin baiknya, pagi pagi sudah beli vernish plus thinner.
Kali ini catnya jenis lain ,gw pake merah dan biru jenis PU, biasanya pakai NC. PU ini relatif lebih encer…tapi rasanya kok daya tutupnya mantapnya..apa karena gw pake warna solid kali ya…tapi ngga sih, kayaknya memang PU ini lebih bagus daya tutup. Jadi kelihatan rata gitu. Kilap juga..jadi kalo gak divernish aja masih ok kelihatannya.
Sekarang mo divernish..dan biar gak tanggung, pake vernish Blinken yang seliter (175 ribu) dan thinnernya Blinken juga (55 ribu). nantinya keliatan kalo hitungan gw salah. Cat merah 1/4 liter, cat biru 1/4 liter. nah vernish gw pikir pasti habis 1/2 liter kan..eh gw beli yg 1 liter..jadi lebih deh 1/2 liter..disimpan aja. Ditutup dan dikasih selotip kertas buat cat..biar gak kering.
Ini dia thinner dan vernishnya.

20150813_16555820150813_142740

Waktu dicampur..thinner, vernish dan hardenernya..mantap. Bening sekali…hampir gak terlihat cairannya…saking beningnya, padahal ini sudah dicampur thinner,hardener dan vernish.

20150813_144702

Optimis bakal mengkilap, tidak bangun dan wetlook nih. Hasil cat hasil pengecatan yg lalu..yang sudah berdebu..sudah dibersihkan..pakai air dulu..lalu dilap kanebo. tunggu sampai kering. Kira kira 4-5 lapis vernishnya…gak usah pake jeda lama lama ..antar lapisan paling istirahat 10 menit….sekaligus mengistirahatkan kompressor yg dah banyak ngadatnya ini…Hasilnya benar benar memuaskan..apalagi kalo bahan dasarnya baru..bagus..dempul bagus..wah pasti ok. Mulai sekarang kalo ngecat pake yg PU aja lah…warnanya lebih rata..vernishnya lebih jernih dan kilap..wetlook banget. Campuran thinnernya sama aja..kira kira 1:1..tapi mulai aja dulu dengan 1:2..jadi pelan pelan ditambah thinnernya..Jangan lupa pakai pengaduk kayu yang bersih..dan hardenernya sih proporsional aja. Jadi kalo vernish kita pakai 1/2 kaleng..hardenernya juga 1/2 juga.

ini dia foto hasil hasilnya..jadi epoxy nya pake thinner cobra hitam, lalu cat pake PU tapi thinner cobra hitam juga..dan vernishnya pake PU thinner PU juga. tidak bangun sama sekali…mengkilap dan kelihatan tebalnya vernish..tapi tetap bening. Kita tunggu aja kalo dah kering nanti…rencana dicompound putih…moga moga tetap bening…lalu kita tunggu beberapa hari ini…semoga tahan gores..dan tidak jadi makin buram..dan tidak retak.

20150813_161648 20150813_161619 20150813_161612 20150813_161606 20150813_161556 20150813_161540 20150813_161514 20150813_16150320150813_142759 20150813_142753

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s