Urus STNK-BPKB – Pindah Alamat dan Rubah Nama utk Mobil-Motor

Gak terasa si kuning corolla dan C70 dah perlu dipindahin alamatnya nih..masih sesama Jakarta Selatan sih..tapi kan tetap aja Pindah Alamat. Lalu satu lagi, sekalian beresin salah nama di KTP..daripada daripada ya…

Prosesnya pertama gak jelas, kalo cuma pindah alamat sesama Samsatnya apakah perlu atao tidak. Tapi setelah browse sana sini..kayaknya perlu. Proses kedua, apakah perlu cek fisik..beberapa informasi simpang siur. Jadi enaknya lakukan saja langsung yak.

Pertama seperti biasa..bawa aja KTP asli alamat baru, BPKB Asli, STNK asli ke tukang foto copy disekitar Polda. Bilang aja mo rubah nama..ntar dia sudah tau tuh apa dan bagaimana mengcopynya…Karena males bawa mobil dan motornya..ke kantin sebelah loket cek fisik…beli aja stiker buat esek esek nomor rangka dan nomor mesin..beli dua set @ 10 ribu.

Esek esek noka n nosinya di rumah..hati hati jangan sampai sobek stikernya..enaknya pake pensil 2B yang rada tumpul..tempelkan stikernya pelan pelan aja..gak usah ditekan kayak nempel stiker..nanti susah lepasnya…jadi nempel santai aja..dah gitu esek esek..kalo dah keliatan nomor nya..pelan pelan lepas deh stikernya. Untuk corolla ke-20 nya..nosin ada di blok mesin sebelah kiri…deket delko…noka alias nomor rangka.nomor dimulai dengan 3K….ada di firewall atas…diatas booster rem…dimulai dengan KE20. Kalo honda C70 nomor mesin ada bawah injekan perseneling…jadi bagian mesin bawah kiri menghadap samping. dimulai dengan C70 nomornya….nomor rangka ada di atas mesin..bagian yang sama..kira kira disebelah kiri tutup aki..

selesai esek esek..daftar deh untuk cek fisik..eh gak sangka..30 ribu per buah..kata petugas loketnya..wah pak, ini pungutan apa…diem aja dia..ya sudah deh..bayar aja..soalnya hasil esek eseknya gak jelas juga..plus sobek lagi stikernya..daripada disuruh balik betulin..jadi 60 ribu untuk dua cek fisik ini. tolong pak ombudsman..pak KPK..pak Kapolri..gampang banget kalo mo nangkep pungli..pura pura aja urus cek fisik ya….

Selesai daftar ..5 menit lagi dipanggil..dan dikembalikan semua berkas plus dikasih kertas hasil cek fisik. Dari situ..ke lantai dua…daftar di loket A1..daftar untuk rubah nama, pindah alamat, balik nama..petugas cuma satu..yg antri banyak..antri gaya melayu pula..tau kan? antrinya dari samping…n berebut..dasar deh. mbok ya kalo antri itu ke belakang gitu..kan nyaman hidup yak. Disini dicek kelengkapannya…n dikasih kertas selembar..buat bukti pengambilan. Bagusnya kalo kita ngurus sendiri mereka segan ..tapi kalo calo lebih enak lagi fasilitasnya…dah ada jalur khusus kayaknya…bukti pengambilan ini biasanya 1-2 hari kedepan..jadi kita bisa ambil nanti bukti untuk bayar penggantian STNK yang sudah nama diganti atao alamat pindah…

balik deh 2 hari lagi..ambil bukti itu..eh taunya yg corolla bermasalah..katanya ini rubah nama. Soalnya nama gw salah di KTP lama..lalu pindah resmi..di ktp baru nama ganti..padahal orang sama..n gantinya cuma nambah marga aja..dan hilangkan nama depan…mereka bersikukuh ini rubah nama dan perlu surat keterangan lurah..untung aja dah siap. ada keterangan bahwa nama ini sama…mereka minta asli..untung gw dah scan..lalu print berwarna..sama dengan asli nya kan. untuk motor dan mobil.

Terpaksa harus balik lagi…seminggu kemudian..pas balik, katanya belum jadi..ada problem n harus ke lantai 1..gelo..gelo…gw ke tata usaha lantai satu…disana dibilang kalo ini rubah nama..perlu ini itu..gw sih layanin aja..akhirnya begitu dia tau gw urus sendiri..dia bilang tunggu deh 20 menit. Selesai..naik lagi ke lantai 2..ke loket pengambilan bukti bayar stnk itu…dari jam 10 mulai nya..dah dekat jam 12 belum juga dipanggil…akhirnya daripada ntar istirahat makan siang gw manyun..gw datengin aja petugasnya. soalnya gw panas liat para calo yg mondar mandir..n segera dilayani..maksud gw boleh aja loe kasih servis extra ke calo..tapi jangan mengurangi servis nya ke warga negara biasa dong…apalagi mengabaikan begitu. Gw datengin n gw ngomel..masa sudah 3 minggu saya disuruh bolak balik padahal semua lengkap..kalo kurang juga kan ada no HP dicantumkan..gimana nih..kalo memang tidak bisa keluar sekarang biar saya tinggal saja..eh petugasnya cepat cepat balik ke tempat input data..dan ambil map gw..ternyata sudah. yg input data sih..cuma  satu orang..input satu..lalu cek facebook twitter bbm dan sebagainya..lalu ngunyah cemilan..input data satu lagi..he.he.he.kapan selesainya yak..kita nungguin di depan loket manyun aja….

selesai bukti bayar kita peroleh…bayar di loket kiri nya..motor 50 ribu, mobil 70 ribu..habis bayar..ambil STNK nya di loket 2B ato paling kanan..ini STNK yang sudah diganti nama/alamat….karena sudah kesiangan..besok pagi aja jam 8. Umumnya loket sudah buka jam 8 pas..dan langsugn ambil deh…jangan lupa copy lagi disebelah kanan ada tukangnya..buat pengurusan BPKB.

Nah besoknya gw ambil jam 8 pas..copy ..lalu nyebrang lapangan parkir..menuju gedung biru..penulisan BPKB. di gedung ini kurangnya cuma satu..gak ada kantin gak ada fotocopy..jadi kalo kurang makan ato kurang dokumen..musti keluar..nyebrang lapangan parkir lagi..he.he.he…kok ya gak suka melihat orang nyaman ya. Yang oke sih mo ambil nomor antrian ada petugas yang cek cepat dokumen..baru kasih nomor antrian..gw pikir karena baru jam 8 lewat sedikit dapat antrian kecil..gak taunya orang sudah dateng sebelum jam 8..jadilah dapet antrian 1048..sementara yang lagi running nomor 925..fuih..berapa lama nih ya. disini prosesnya sebenernya cuma kasih copy STNK plus BPKB asli..copy KTP.

Nah disini gebleknya..untuk rubah nama..perlu isi formulir..bayar ke BRI di loket paling kiri…gw lupa mobil berapa ya..sekitar 100 ribu..motor 80 ribu. Nanti form nya dikasih barcode tanda sudah setor…motor satu form, mobil satu form..diserahkan kalo nomor kita sudah muncul di display. Kira kira jam 10..jadi sudah dua jam..barulah nomor muncul…dan segera serahkan semua. KEbijakan baru nih..kalo rubah nama ato balik nama..BPKB nya diganti buku baru..warna abu abu ..n tipis. Jadi gak dilanjutkan lagi BPKB lamanya…nah yang corolla itu kan BPKB asli tahun 1971..n masih ejaan lama…duh gw coba nawar..kata petugas gak bisa pak..karena rubah nama..tapi kan orangnya sama aja..iya tapi namanya beda…percuma deh ngotot..ya sudah. PEtugasnya masih menganjurkan kalo mau silakan difotocopy berwarna aja BPKB nya…he.he..he…bisa aja nih. ya sudah deh, terpaksa direlakan mobil tua pake BPKB warna metalik nantinya. segera gw foto pake hp deh…sebelum hilang ditelan bumi itu BPKB.

Kita akan dikasih tanda terima..n ambil di bagian kanan gedugn itu..kira kira 2 hari jadi. Karena tahun baru..ya sudah dateng aja januari deh. Seperti biasa..mo ambil nomor..kata petugas kalo ambil aja gak usah pake nomor..silakan ke loket 4 untuk pengambilan. Belajar dari sebelumnya..gw dateng sebelum jam 8. loket masih tutup n gak pake nomor..semprul deh..percuma aja ya. Nunggu sepuluh menit..dah banyak orang..untung ada anak muda yang teriak..bukti pengambilan plus copy KTP nya ditumpuk aja di depan loket. oh gitu toh..ya sudah gw tumpuk..dimoment ini keliatan yak culas nya manusia..dah tau dateng belakangan..numpuknya diselipin ke bawah..kan nanti sama petugas pasti dibalik prosesnya..jadi yg dateng belakangan..harusnya numpuk diatas..dan diproses belakangan..sedih juga melihat bangsa gw ini..aslinya bangsa maling kali ya..kesempatan apa aja maunya maling aja..kalo gak maling duit..maling kesempatan orang…pokonya egois punya lah.

Gak lama nunggunya ..dipanggil langsung namanya..diteriakin tepatnya..n dicek apa iya kita tau BPKB nya…ditanya alamat BPKB..kalo bener..dikasih deh. Jadi begitulah pengalaman mengurusnya..kalo dibandingkan dengan perpanjangan STNK..jauuuuuuhhhh. di bagian ini blum ada tuh reformasinya..terutama sikap petugasnya..mendahulukan calo..membelakangi rakyat biasa yang membayar pajak..dimana pajak itu digunakan untuk menggaji mereka…

ini contoh BPKB model baru..buat mobil n motor sama aja..abu abu metalik..nah yang lembaran lembaran berikutnya..itu isi dari BPKB lama si kuning yagn masih sempat gw foto pake HP. Sayang banget ya..padahal BPKB ejaan lama itu bisa diselamatkan kalo hanya pindah alamat..ini gara gara KTP salah nama..jadi dianggap rubah nama..n harus ganti BPKB deh..sesuai kebijakan baru Peraturan Pemerintah Tahun 2010..yg berlaku 2011 kata petugasnya.

27122012(001) 27122012(002) 27122012(003) 27122012(004) 27122012(005) 27122012(006) 27122012(007) 27122012(008) 27122012(009) 27122012(010) 27122012(011) 27122012(012) 27122012(013) 27122012(014) 27122012(015)

Advertisements

7 Comments

  1. Terima kasih atas sharing pengalamannya.. Saya sependapat bahwa masih banyak pembenahan yang diperlukan untuk administrasi SIM, STNK, BPKB. Idealnya pelayanan yang dilakukan SAMSAT meniru standard pelayanan Bank..

    Saya sempat berpikir, seandainya administrasi SIM, STNK, BPKB diurus oleh satu lembaga independen yang professional diluar POLRI, rasanya kualitas pelayanannya akan sangat jauh lebih baik.. Hal ini telah diterapkan diberbagai negara maju..

    Bagaimana dengan Indonesia? Saya harap anggota DPR dapat memperjuangkan masukan ini… Lepaskan administrasi SIM, STNK dan BPKB dari POLRI… !!!

  2. Mau sharing dan tanya juga,

    kemarin saya mau mutasi alamat ke polda, ternyata nama saya(pemilik) yang ditulis tangan pada BPKB salah tulis satu huruf doang, walhasil petugas polda meminta faktur pembelian. Nah, masalahnya faktur sudah hilang. Jadi ketika pengambilan BPKB saya tunjukkan ke petugas di polda.

    Apa ada yang punya pengalaman kayak gini, kira2 proses apalagi yang harus dilakukan di polda kalau faktur hilang?

  3. nama salah..sudah dibetulin dan ada keterangan pak Lurah kalo yg namanya di ktp itu sama dengan nama yang di ktp baru…..lalu pindah alamat..sama sama jaksel sih..gw pikir ya kayak pindah alamat aja..ternyata tidak tuh. dianggap balik nama.

    2014-12-02 15:00 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s