Perpanjangan STNK Mobil 5thn di Polda Metro

Pagi ini niat mo manjangin STNK mobil yang 5 tahun, jadi pasti harus ganti plat nomor dan yang penting lagi, proses tambahan harus dijalanin…gesrek nomor rangka dan nomor mesin. Jadi jam 8.30 dah sampai di polda…mendung, karena mungkin habis liburan, jadi penuh banget polda nya.

Biasanya kalo perpanjangan tahunan sih lewat drive thru aja..cukup kasih BPKB,STNK asli, Mobil yang bersangkutan, Pemilik langsung…ini super cepat. max 10 menit jadi. Tapi karena kali ini 5 tahunan..gak bisa drive thru..karena ada cek fisik dan pembuatan plat nomor.

Masuk gerbang parkir, harus belok kiri ke gedung parkir yg bertingkat..tapi karena mo cek fisik jadi hanya lewat aja itu gedung..langsung ke arah gedung tempat urus perpanjangan STNK. Petunjuknya arah Drive Thru dan Cek fisik. Jadi kira kira dari gerbang parkir masuk itu..langsung ke kanan..dan kanan lagi ke arah turunan..nanti ketemu drive thru..lewat aja..mentok ke kanan. ini di bagian belakang gedung tepatnya.

pajak kendaraan bermotor
Ini gedung pengurusan STNK dan Drive Thru perpanjangan STNK . Area Cek fisik di belakang gedung ini

Belum tau nih lagi berangkat..apa perlu foto copy BPKB dan STNK plus KTP seperti biasa..belum tau juga bayar Pajak nya nanti ada debit rekening ato harus cash. Jadi masuk aja antrian mobil yg mo cek fisik. Ada yang atur karena ada 2 lajur..gw brenti di belakang mobil yang lagi dicek fisik. Ada petugas yang dateng..ramah banget, minta matiin mesin dan buka kap mesin. Langsung dia ambil nomor mesin..dah gitu minta gw keluar..dia ambil no rangka yg ada dibawah jok supir. Wuih..ini orang pasti sudah hafal dimana mana aja nosin noka ya…kalo di mobil lama kan di ruang mesin semua ya…noka juga diambil dari ruang mesin…dia cepat aja selesaikan dokumennya. formulirnya 20 ribu-karena kan pake 2 lembar sticker buat gesrek nosin noka nya..dan gesreknya suka rela. oke..gw kasih 20 ribu plus 15 ribu..untuk kerjaan 3 menit kelar ..dan sangat profesional. Dia kasih robekan atas formulir, dan bilang silakan cari parkir..nanti ambil deh hasil cek fisiknya dengan bukti robekan ini..di loket 5.

Karena depan gw ini mobil lama banget..jadi nunggu nih, karena cuma 2 jalur kan. Tiba tiba itu orang dah balik lagi ke gw..pak ini sudah jadi.. tanda cek fisiknya,jadi silakan ke gedung pengurusan STNK langsung. waduh service nya sangat baik…langsung deh keluar area cek fisik dan cari parkir. Kira kira abis 15 menit aja di area cek fisik. cepat kilat efisien.

Kira kira habis 40 menit..muter 2x di polda metro. gak ada parkir. hadeh..ini pelayanan masyarakat yang parkirannya parah. muter lagi..akhirnya nekat aja deh ke lapangan parkir. biar dah keliatan penuh..soalnya nanya ke gedung parkir..penuh juga pak. waduh..kayaknya pegawai polda sendiri dah menyita parkiran banyak nih..kalo salah parkir takut juga gw..apalagi slot area nya dah dinamain..duh enaknya kalo pelayanan gini..parkir masyarakat yang diduluin ya. Jadilah ngantri di lapangan..dasar rejeki anak soleh..ada yg keluar. sip deh..tapi asli 40 menit abis cari parkir sejak dari cek fisik. Tau gini mending abis cek fisik keluar polda aja kali ya..cari parkir di tempat lain dah gitu balik lagi ke polda..kan mobil dah gak diperluin lagi.

Masuk gedung pengurusan STNK..mobil di lantai satu. seperti biasa..gak ada petunjuk mulainya dari mana, gak ada orang tempat bertanya..ke loket aja tanya..dijawab cepat aja, ke pojok dulu pak. Masuk lantai 1 ini di bagian depan pojok, agak remang remang..ada 2 layar PC. Rupanya kita harus isi form di layar sentuh ini. keren banget..yg sial kalo depan kita blom paham mengoperasikan..karena kita ngantri di belakangnya..ya harus kita bantu segera. cuma ditanya mo yg 5 thn ato tahunan..sentuh layar…isi no pol..isi no hp.isi e-mail..dibawah sudah ada printer..dah itu formulir pendaftaran jadi. tinggal ambil.

Dari sini ke loket yg ada tulisan 5 thn an..kasih BPKB, STNK,KTP,Tanda Cek fisik..semua asli dan tidak perlu fotocopy sama sekali. dah gitu nunggu bentar dipanggil..lalu geser ke loket sebelah..dipanggil lagi, keluar bukti untuk bayar…geser lagi ke kasir…bayar deh, pake debit card semua bank bisa…praktis banget. Bentar lagi dipanggil..keluar deh stnk nya..dan tanda bayar. Karena 5 tahunan perlu dapet plat nomor baru..keluar gedung..langsung muter ke kiri..ada area untuk bikin plat nomor. tinggal kasih bukti bayar..nunggu 5 menit..dipanggil dan plat nomor baru dah selesai..luar biasa. total proses dari awal ini hanya 30 menit..sampai plat jadi.

Sudah sangat cepat prosesnya..gak perlu foto copy apapun…bisa pake debit card bayarnya..dan prosesnya itu lho..sangat cepat termasuk pembuatan plat mobilnya. Salut deh buat polda metro..kecuali parkirnya. Tapi kenapa yang perpanjangan on-line gak digarap serius ya? Pernah donlot aplikasinya..waduh minta datanya mengerikan..banyak banget..dan relevansi nya apa ya?. Dah gitu pas dicoba..dengan tanpa rasa bersalah..gak ada kasih tau ini itu..pokoknya mandeg aja. hadeuh…perlu anak anak muda nih yg ngerjain kali ya…biar bisa cepat kilat..apalagi jaman pandemi gini..masa orang mo nganter duit ke pemerintah malah harus ribet ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: