Bangun Rumah lagi (1)

Kali ini bangun rumah 2 unit..di lokasi tanah yang berdampingan alias dempet. Luas yang pertama 86 mpersegi, yg sampingnya 90 meter. lebar depannya lumayan bagus..7,20 meter (lebih dari standar 6 meter). Jadi bisa buat carport dan taman yang cukup lebar. Tetapi panjang ke belakang gak sampai 12 meter. Rencana mo bangun tingkat 2, 4 kamar tidur, 2 kamar mandi plus taman. ventilasi dan cahaya harus ok juga.
Ya sudah, gambar asli disain arsitek mas herry itu kan untuk ukuran 6×15 meter, tinggal dimodifikasi aja ke ukuran yang ada.
Kamar misalnya, tadinya membujur kebelakang, sekarang ke samping…tetapi kira kira denah ruangan sama saja. ukuran saja yang berbeda.

Langkah pertama, ya ke lapangan dulu, ukur pasti lebar panjang tanah… sesuaikan dengan sertifikatnya. Kedua, tentu saja disain..kali ini supaya lebih murah, pakai disain rumah lama yg 6×15, lalu gambar denah baru pake Sweet Home 3D..software gratis. Disainnya denah ruang saja dulu. soal bentuk muka dan bentuk atap, bisa sambil jalan lah…

Ketiga, denah ruangan kemudian perlu dibuat turunannya. yang dibutuhkan segera adalah dimana pondasi harus ditanam…nah, denah ruangan diberi tanda..disini pondasi cakar ayamnya…ukuran dan bentuk, ikut aja gambar rumah lama(yg digambar arsitek mas herry). Turunan berikutnya, dimana lampu, stop kontak akan ditaruh..ini dibutuhkan segera untuk persiapan saluran kabel lantai satu dan dua…Turunan lainnya dimana saluran air dapur,kamar mandi lalu saluran ke septic tank harus dibuat..karena ini akan ditanam dibawah sloof..jadi harus ditentukan diawal termasuk letak septic tank.

Keempat, panggil pak Mat dari kampung…diskusi dulu tentang gambar denah ruangan, denah pondasi…gak masalah katanya. Ya sudah, kita ke lokasi..dengan bawa alat alat kerja.. bukan mau langsung kerja, tapi mo siapkan logistik kerja…tempat tinggal tukang, air, listrik, wc, fasilitas entertainment nya (tivi doang sih..), beli terpal 6×10 meter..buat area kerja supaya tidak panas dan hujan bisa tetap kerja, lalu betulin motor si kuning..buat transportasi ke warung dan jalan jalan….Satu lagi yg penting, mampir ke toko bahan bangunan alias material yang kira cukup besar dan lengkap..lalu titip uang, bilang kita mo bangun rumah..jadi kalo pak Mat minta bahan kasih aja…gak usah pake konfirmasi lagi. Nanti setiap hari sabtu tolong SMS..kurangnya berapa..nanti langsugn ditransfer ke rekening mereka….kira kira 2-3 hari lah urusan ini.

Kelima, telfon mas Wagimin dari Jatimakmur..tukang kusen. Tinggal kasih liat gambar lama..bilang saja jendela ini butuh sekian banyak, pintu nya double tripleks saja tapi yg depan panel..lalu jendela dua daun nya berapa unit…plus agar dikirim ke lokasi. Dia segera datang..dan cepat ok nya. pulang dulu buat ngitung..lalu SMS harganya..15 juta satu rumah, kusen pintu jendela termasuk kaca dan daun pintu..yg depan pake pintu panel. ok, transfer dulu setengah..buat modal dia. tapi anehnya mas Wag ini gak mau dilunasin didepan..takut abis uangnya pak..mending saya ada tagihan daripada ada utang katanya.

Keenam, telfon pak Boss Raja Pompa dari Jatiasih..gw suka sama ini orang..dan sampai sekarang gw gak tau namanya. saling panggil boss aja…gali pompa gak pake ribut..sehari jadi karena dia pake mesin dan sangat professional. Jadi tinggal telfon, lokasi disebut…nanti dilokasi ketemu pak Mat aja untuk ditunjukin dimana pompa perlu dibor. Dia cuma perlu air sedikit..untuk memudahkan proses bor..sama pembuangan lumpur. waduh kalo ini sih gampang aja…wong lapangan kok lokasinya. Untuk juga ada pompa rusak yg kemarin gw betulin..jadi bisa dipakai langsung buat nyoba hasil bor nya. air bening..hasil ok. 3 hari selesai bor 2 pompa@2,5 juta. Pipa pipa semua dari kita….Boss..dah selesai nih, sudah ditest semaleman..air bening. ok, nomor rekening di SMS aja…bayar. dan selesai..tanpa ketemu muka lagi. Thanks deh pak boss…gw dah pake jasa pak boss ini 3 kali..dan ok semua hasilnya.

Ketujuh, beli besi beton untuk dipotong dan diikat ..bikin pondasi dan sloof plus kolom sekaligus. Dikira kira aja..karena yang lalu ada catatannya, tinggal ikutin aja…200 batang besi 8 SNI dan 200 btg besi 12 SNI juga…cukup untuk fondasi, sloof dan kolom. Nanti untuk lantai tingkatnya beli lagi. Beli nya via google aja. cari supplier yg deket lokasi…

Yang SNI (ukuran panjang pas) tapi merk termurah (rada kurus dikit) KSI ..itu 34 ribu dan 70 ribu..ukuran 8 dan 12. kalo merk yg top tentu saja lebih mahal…ya sudahlah, yang penting sudah memenuhi standar negara ini..SNI. Seminggu pertama, sambil tanahnya dikupas (karena rada tinggi dari jalan)..pak Mat dan grupnya motong dan ikat besi..merujuk pada denah pondasinya…makanya denah pondasi jadi penting untuk dibikin duluan…
Kalo gambar arsitek sih semuagambar sudah jadi dulu..baru mulai..kali ini gak lah mulai sambil dimodifikasi aja.
ini jadinya minggu pertama.

tanah sedang dikupas
tanah sedang dikupas

Minggu kedua, urusan besi membesi sudah selesai kayaknya..(ini nih insentif upah borongan..ngebut !!!) lalu mulai gali menggali untuk tempat cakar ayam ditanam…ikut aja gambarnya. dah cukup detail. Plus sekalian juga bikin sloof nya. Pelajaran dari yg lalu..untuk sloof itu kayaknya kalo beli triplek 12 mili lalu dipotong pake mesin..akhirnya kebuang banyak dan gak fleksible rupanya..kata pak Mat. Jadi kali ini kita pake papan cor saja…beli 100 lembar @13 ribu. lebih ringkas keliatannya.

Nah ini penampakan minggu kedua..

pondasi dan sloof sedang jalan

pondasi kiri sudah
pondasi kiri sudah

Kedelapan, ya tinggal nengok nengok aja seminggu sekali…ini perlu juga karena ada keputusan keputusan yang harus diambil. Misalnya berapa tinggi nanti lantainya dari jalan…lalu berapa tinggi pintunya dari lantai…biasanya 210 cm. tapi umumnya sih keputusan begini cuma diawal saja…

ini hasil minggu ketiga…sudah naik bata untuk yg kiri..sudah disloof semua untuk yg kanan. Minggu depan sudah perlu sewa scaffolding tambahan untuk mulai menyiapkan cor lantai 2 kiri. siap..cari dulu deh supplier scaffolding yang di kampung rambutan..supaya dekat ke lokasi.

minggu ketiga-1minggu ketiga-4minggu ketiga-2

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s