Bangun rumah lagi (2) Besi Beton SNI

dari gambar kerja arsitek terlihat berapa banyak besi yang dibutuhkan dan ukurannya. agak njlimet sih ngitungnya..tapi modal kalkulator aja bisa kok..wong jelas banget disebut ukuran pondasi, sloof, kolom, ringbalk bahkan lantai 2 cor nya pun bisa dihitung.
Nah dalam rangka membuat bangunan bermutu baik, gw putuskan mo beli besi yang SNI..kalo tukang bilang besi yang full…artinya besi dalam ukuran yang benar dan kualitas benar. Waktu bangun rumah kemarin..besinya beli di toko bangunan deket rumah..sesuai kebutuhan..jadi dikasihnya besi banci. Jadi kalo ukuran diameter 12 mm SNI, panjang 11 meter dan diameternya terjamin sama. Kalo yang banci ..kita bilang 12 mm keluarnya lebih kurus..mirip dengan 10 mm SNI. Yang SNI juga ada mereknya..merk produsennya. Ada KS krakatau steel kali ya..dan merk lain yang tercetak di besinya. Harganya kemarin beli yg 8 mm 35 ribu per batang yang 12 mm 80 ribu. Entah kenapa kok beda waktu 6 bulan lalu yak..dan sangat signifikan. waktu itu beli yg 8 mm 38 ribu, yg 12 mm 87,500…lumayan kan. mungkin merknya kali beda…ato lagi turun mungkin harga besi.

Yang banci katanya harganya jauh lebih murah..sekitar 60% dari yg full. Jadi kalo mo beli besi beton..kayaknya musti nanya-nanya dulu ke beberapa toko ya..karena harganya bisa beda beda..tergantung merk dan tergantung full ato tidak.

ini dia ciri yg full alias SNI..tercetak diujung dan setiapbeberapa meter…

Kalau cuma pakai sedikit..apalagi untuk rumah sendiri..mending yg SNI alias full saja kali ya..lebih mantap kayaknya.

besi 8 dan 12 besi 12 besi sni

Advertisements

3 Comments

  1. Bang, fyi BJKU = Baja Keperluan Umum. Yg saya dapat penjelasan dari toko spesialis jual baja, bahwa istilah tsb adalah nama halus dari besi banci walaupun ada embel2 sni. Yg paling top memang merk KS (tanpa embel2 di depan/belakang, tapi paling mahal dibandingkan merk lain. Yg sedikit di bawahnya adalah merk IKSTY, IKS, KSJI, AIS, Perkasa. Selain merk di atas, harga lebih murah dan ada istilah ada harga ada kualitas. Semoga sedikit memberikan pencerahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s