dari gambar kerja arsitek terlihat berapa banyak besi yang dibutuhkan dan ukurannya. agak njlimet sih ngitungnya..tapi modal kalkulator aja bisa kok..wong jelas banget disebut ukuran pondasi, sloof, kolom, ringbalk bahkan lantai 2 cor nya pun bisa dihitung.
Nah dalam rangka membuat bangunan bermutu baik, gw putuskan mo beli besi yang SNI..kalo tukang bilang besi yang full…artinya besi dalam ukuran yang benar dan kualitas benar. Waktu bangun rumah kemarin..besinya beli di toko bangunan deket rumah..sesuai kebutuhan..jadi dikasihnya besi banci. Jadi kalo ukuran diameter 12 mm SNI, panjang 11 meter dan diameternya terjamin sama. Kalo yang banci ..kita bilang 12 mm keluarnya lebih kurus..mirip dengan 10 mm SNI. Yang SNI juga ada mereknya..merk produsennya. Ada KS krakatau steel kali ya..dan merk lain yang tercetak di besinya. Harganya kemarin beli yg 8 mm 35 ribu per batang yang 12 mm 80 ribu. Entah kenapa kok beda waktu 6 bulan lalu yak..dan sangat signifikan. waktu itu beli yg 8 mm 38 ribu, yg 12 mm 87,500…lumayan kan. mungkin merknya kali beda…ato lagi turun mungkin harga besi.

Yang banci katanya harganya jauh lebih murah..sekitar 60% dari yg full. Jadi kalo mo beli besi beton..kayaknya musti nanya-nanya dulu ke beberapa toko ya..karena harganya bisa beda beda..tergantung merk dan tergantung full ato tidak.

ini dia ciri yg full alias SNI..tercetak diujung dan setiapbeberapa meter…

Kalau cuma pakai sedikit..apalagi untuk rumah sendiri..mending yg SNI alias full saja kali ya..lebih mantap kayaknya.

besi 8 dan 12 besi 12 besi sni

Advertisements