Bangun rumah lagi (4) cor lantai 2

gak pake scaffolding-kekecilan area nya
gak pake scaffolding-kekecilan area nya
siap untuk dicor
siap untuk dicor

16012013(001)

balokan sudah diturunin siap untuk dicor
balokan sudah diturunin siap untuk dicor
rangkain besi 8 rangkap 2
rangkain besi 8 rangkap 2

balokan sedang dirangkaibalokan sedang dirangkai

balokan dirangkai
balokan dirangkai

area corarea cor1scaffolding1

Intuisi saja..kayaknya cor lantai 2 rumah itu pakai cara konvensional lebih murah ya…makanya untuk rumah ini dicoba pakai cor konvensional..dengan beberapa kesalahan tentunya.

Pertama area yang dicor itu kira kira 70 meter persegi…jadi kalo pakai panel hebel itu kira kira 70×350 ribu ya..ato sekitar 25 juta terpasang dengan syarat kolom penyangga sudah ok.
Nah dengan cara konvensional..memang lebih ribet..untuk alas cor, gw beli triplek yang tebal…18 mm !! biar lebih mantap aja. beli sekitar 25 lembar. ternyata ini salah euy..numpuknya tinggi…dan di area kerja yg sempit..alhasil jadi acara pindah memindahkan yg memakan waktu nih…

Kedua, scaffolding buat penyangga..gw punya frame nya ukuran 170 cm tinggi..padahal tinggi lantai 2 nya 310 cm..nah kalo scaffolding ditumpuk langsung dua..kan jadi 340 cm tuh..alias kepanjangan…jadilah diurai. frame 170 cm, plus ladder (frame setengah kalo kata tukang) 90 cm..dan untuk bawah ke lantai supaya mantap pakai jack base yg 40 cm (bisa distel ketinggiannya) untuk memegang kayu balok diatas pakai U-Head..40 cm..ini juga bisa distel ketinggian..
Semua itu bisa disewa..per bulan. Jadi untuk cor konvensional ini gw sewa 13 set, frame, ladder, jack base, U head..termasuk joint pin sambungan dan brace (itu yg tanda x buat mengkakukan frame)..sebulan 1.5 juta. rincian nya kira kira, untuk ladder 90 cm per bulan 30 ribu satu set..dah termasuk frame nya kiri kanan..lalu brace..itu yg bikin huruf x..depan belakang..lalu joint pin. itu yg nyambungin 4 kakinya….lalu U head itu rata rata 5-7 ribu per buah per bulan…JAck base..sama juga…
KEtiga….timing gak tepat alias salah waktu..nyarinya dah dekat akhir tahun..wuih rupanya akhir tahun pada genjot konstruksi ya..pada kosong..gw dah bolak balik browse..baru bisa kasih kabar 3 Januari..gelo deh. Akhirnya ada yg ready..agak mahal, tapi ok lah..toh gak banyak pakenya..jack base itu pake 4 per frame, U head juga..jadi 8 pcs. biasanya 5 ribu per pcs. disini 7 ribu..ya sudahlah..next time pesan jauh jauh hari kalo mo pake scaffolding ..ato beli scaffolding yg 150 cm..disusun dua…beres kan mencapai 300 cm.
Selanjutnya kayu 6×12..kayu tiang..ini yg sayang banget..karena dipakai cuma buat cor aja..abis itu gak ada lagi fungsinya. ada yg sewa..tapi ongkos angkutnya aja dah bisa 300 ribuan..gak juga signifikan beda harganya..kalo beli baru di toko bangunan..panjang 4 meter itu 95 ribu..sewa 20 ribu..kalo cari di lapak madura…malah 100 ribu..gelo gelo…jadi untuk balok ato kayu 6×12 ini beli 30 pcs. Nanti kalau sudah selesai acara cor nya baru bisa kehitung berapa total costnya…

Ini sudah memasuki hari ke10 ..sudah selesai pasang bekisting..dan sedang ikat kawat buat ringbalk nya..
Sewa molen sudah juga..di dekat rumah ada yg sewa 400 ribu per hari termasuk operator dan solar….kata tukangnya sih sehari aja bisa…asal pagi mulainya. Kalo pakai operator sendiri, cuma 250 ribu ..tapi gak janji kalo mogok molennya..hari kita sewa tetap jalan..jadi mending gak usah resiko deh..pake aja teknisi dari mereka yang sudah paham mesinnya kayak apa. juga gak perlu pusing cari solar..sudah tinggal jalan aja.

Sekarang kan kerja dengan 5 pekerja..tapi khusus untuk cor akan didatangkan 15 orang …!!! dengan gaji 110 ribu plus makan siang. kita lihat aja gimana nanti proses cor nya..moga moga gak hujan.
oh ya lupa..sesudah scaffolding dipasang..lalu balok ditaruh diatasnya..dipaku ke u head, dipasang triplek tebal..lalu ditutup plastik..supaya gak rembes cor nya nanti ke kayu tripleknya…juga melindungi triplek dari musim hujan nih…
moga moga tripleknya gak rusak nih abis ngecor..kan lumayan bisa dipakai lagi. kalo kayu balok sudah jelas..gw dah wanti wanti kalo bisa jangan dipotong yg 4 meterannya…jadi bakal bisa dipakai untuk next project kali ya.

Nah mahal mana konvensional atau pakai panel hebel..nanti aja kita hitung total biaya yang dikeluarkan selama 3-4 minggu ini…lalu bandingkan dengan 25 juta diatas..lebih simpel kan ya.

ditumpuk 2 untuk tinggi 340 cm
ditumpuk 2 untuk tinggi 340 cm
set bekistingnya
set bekistingnya
proses awal bikin bekisting
proses awal bikin bekisting
pasang CLC dengan scaffolding
pasang CLC dengan scaffolding
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s