Bangun Rumah lagi (5) cor konvensional vs panel hebel

sudah dicor..sudah ditembok lantai 2 nya
sudah dicor..sudah ditembok lantai 2 nya

 

sudah dicor sudah ditembok lantai 2nya
sudah dicor sudah ditembok lantai 2nya

 

januari 27-2

 

 

 

 

 

 

 

Tepat tanggal 17 Januari..waktu jakarta hujan lebat..banjir dimana mana..jam 11 siang, tukang gw malah baru mulai ngecor lantai 2. dengan pasukan 15 orang…ngecornya butuh waktu sampai jam 9 malam..termasuk makan siang, makan malam…dikebut kayak gitu soalnya scaffolding disewa sampai tanggal 3 feb…nah untuk cor nya kan perlu setidaknya 2 minggu untuk pengeringan..jadi paling telat tanggal 20 januari sudah harus dicor. makanya pak Mat..boss tukang memutuskan harus tanggal 17 Januari itu…

Setelah dicor seharian..besoknya tukang libur..pegal pegal kali yak..memang dahysat ngecor konvensional itu..capek banget pastinya. nah setelah jadi..langsung dipasang temboknya…2 hari sesudah cor …gambarnya dibawah aja lah.

Sekarang perhitungannya..murah mana sih panel hebel sama ngecor konvensional..nah ini dia perhitungannya…tapi rada ribet juga sih..soalnya lantai dua itu kan terdiri dari balok (horisontal) dan plat (lantai)..nah panel hebel itu hanya mencakup plat saja…artinya untuk pakai panel hebel kan tetap harus cor balok juga…bisa aja sih dihitunga besi  untuk plat aja berapa banyak..tapi kan upah tukang plus cor nya mencakup plat dan balok.

Intinya susah bandinginnya..kecuali panel hebel plus balok/kolom/fondasi..dibandingkan dengan konvensional plat,balok,kolom,fondasi. Tapi kalau untuk kira kira aja sih..hitungannya begini.

Luas lantai yang dicor 70 meter persegi. terakhir di web hebel.co.id harga plat terpasang 345 ribu per meter persegi. jadi untuk plat lantai saja kalo pakai hebel 24,150 ribu.

sejauh ini biaya yang sudah keluar mulai dari status tembok lantai satu terpasang…lalu mulai pasang besi untuk balok (Besi 12)..pasang scaffolding..pasang bekisting triplek..pasang plastik…pasang besi untuk plat lantai (besi 8 di dobel)..lalu cor.

upah tukang termasuk tukang cor habis selama 4 minggu 11 juta. pasir, split, semen,plastik, kayu balok,kayu papan habis 16 juta. triplek tebal 4,800 ribu, sewa molen 760 ribu (termasuk overtime..aslinya sih 400 ribu), sewa scaffolding 1,500 ribu, besi 12 SNI sama besi 8 SNI total habis 27 juta plus 4,7 juta = 31,7 juta (ini untuk fondasi,kolom,balok semua…jadi gak buat lantai 2 aja), kaso 1.100 ribu. untuk besi 8 SNI..kira kira untuk plat saja habis 270 (hitungan teoritis) x 35 ribu = 9,450 ribu lalu untuk balok kira kira 30 batang besi 12 SNI @85 ribu = 2,550 ribu.

Nah total biaya tukang, material dan besi (kolom dan plat saja) habisnya = 47 150 ribu..untuk 70 meter persegi..jadi per meter sekitar 670 ribu…tetap susah deh membandingkan dengan panel hebel..karena balok juga memakan cor..memakan upah tukang..

yg paling gampang mungkin ambil triplek 4.8 juta, sewa molen 780 ribu, upah tukang cor 2.6 juta, sewa scaffolding 1,5 juta besi 9,45 juta plus 2.5 juta..lalu bahan yg 16 juta itu dibagi 2 lah..jadi 8 juta buat plat, 8 juta buat balok..kira kira aja. ..upah tukang juga dibagi 2 deh..buat plat 5.5 juta..buat balok 5.5 juta juga…nah untuk plat lantai aja kira kira habisnya 28 juta…weh malah lebih mahal yak dibanding panel lantai hebel.

tapi hitungannya bisa dikoreksi..dari bahan yg 16 juta itu…beli balok besar plus papan..kira kira habis 8 juta..nah ini bahan kan bisa dipakai lagi..begitu juga triplek tebal yang 4.8 juta..ini bisa dipakai untuk cor lagi. katakanlah bisa dipakai tiga kali..jadi per pemakaian itu habisnya 8+4,8 dibagi 3 =  4,3 juta lah..jadi total biayanya bisa turun sampai 24 juta..ya sama juga yak dengan hebel.

masih ada lagi satu lagi..untuk pemakaian panel  hebel..supaya gak bunyi duk duk…perlu balok yg lebih rapat..jaraknya bisa 2.5 meter..jadi lebih boros baloknya…(besi dan cor).

ya begitulah kira kira perhitungannya kasar dan amat sangat tidak berdasar teori..pokoknya semua biaya dikeluarkan dicatat aja…nanti kalo sudah jadi rumahnya..tinggal dibagi aja total biaya dibagi luas meter persegi…gampang aja kan.

balok dan plat sudah siap dicor
balok dan plat sudah siap dicor
balok baru diikat besi nya
balok baru diikat besi nya
rangkain besi 8 rangkap 2
rangkaian besi 8 rangkap 2-plat lantai

lagi ngecor ...
lagi ngecor …

january 17-2

lagi ngecor juga
lagi ngecor juga

setelah dicor...
setelah dicor…