Bangun rumah (22) pelajaran yang bisa diambil

Bayar tukang harian memang ada plusnya..tapi juga ada minusnya, terutama kalo tukang rombongan dari daerah..10 orang gitu..dan tinggal di bangunan kita. susahnya begini..pada tahap pondasi..kita butuh banyak orang..yg ada cuma 10..jadi kita harus cari tenaga tambahan..tukang tanah misalnya..untuk bersih-bersih area kerja, kita bisa minta tolong tukang sampah di RT ..nah yg susah ketika kerjaan sudah rada menurun ..istilah gw kerjaan dikit-dikit tapi banyak..nah tukang tetap dengan komposisi 10 orang..jadi untuk kerjaan pasang lantai..dibutuhkan hanya 1 orang tukang ahli..juga untuk keramik kamar mandi..paling 2 orang kenek. padahal tersedia orang 10 ..jadilah yg lain ngerjain pagar, lantai carport..dsb..dsb..kita yang jadi pusing mikirin hari ini dia ngerjain apa..besok ngerjain apa lagi..soalnya kerjaan kecil2..sehari jadi.
enaknya kalo mandor alias kepala tukangnya tahu diri..jadi biasanya kalo dah tembok di plaster, diaci..lantai terpasang..sudah mulai dipulangkan tukang dan keneknya…menurun terus jumlahnya hingga akhirnya yg sisa tinggal tukang kepala..sama tukang cat tembok. nah kecepatan pengurangan ini yg penting dan akhirnya memang 2 bulan terakhir malah kecepatan menurun drastis…rasanya kalau mo efisien..begitu tembok terpasang semua, atap juga sudah..tinggal aja 4 tukang..buat 3 bulan..jadi kerjanya memang sengaja melambat..daripada banyak orang..kita binun yg sisanya ngerjain apa..kecuali memang kita kejar penyelesaian yg cepat.

mengelola biaya konstruksi dari pelbagai sisi diatas tentu saja gak ada artinya kalo dari material yg kita beli..justru terjadi pemborosan. yang paling gampang lihat saja soal pemilihan material saniter alias kamar mandi..berangkatnya lihat iklan american standard yg lagi sale..pulangnya dapet merk lain..yang lebih mahal pastinya dan barangnya bertambah dengan asesoris lain..he.he..biasa tuh. dari rumah dah niat granitnya 100 ribu aja, sampai disana..geser warnanya..eh keliatan yg lebih ok..lihat harganya..20 ribu lebih mahal..ok deh ambil aja. toh sepuluh tahun lagi juga belon tentu ganti..geser lagi, kok ada yang lebih terang..20 ribu lagi lebih mahal…pembenaran yang sama dipakai..alhasil pulangnya granit 160 ribuan yg diangkut. kebayang kan overbudgetnya bakal gimana….
belum lagi handle pintu..variasi merk dan harganya kan luas banget…percayalah ada harga ada rupa..tidak ada barang murah lebih bagus dari barang mahal..kalau ada, hanya keajaiban itu namanya..demikian juga barang mahal lebih jelek dibanding barang murah..kebodohan namanya kalo kita pilih. jadi wajarnya sih barang bagus mahal, murah jelek..tergantung kita mo beli yang mana..gak usah mo murah tapi bagus..habis waktu, capek..plus resiko terjerembab ke barang yang lebih mahal..karena keliatan lebih bagus…

jadi jangan habis2an diawal konstruksi..karena polanya justru biaya yang besar terjadi pada saat akhir..jadi besar waktu pondasi..mengecil waktu tembok dsb..membesar lagi waktu pintu, handlenya, lantai..ngecat..

akhirnya, selamat membangun..2 juta perak lebih dikit cukup kok..asal disiplin dan gunakan orang yang ahli…supaya efisien. beli di tempat yang tepat..supaya murah, gunakan material yang memadai..jangan murahan, jangan juga jor2an merek..

Advertisements

18 Comments

  1. Pak, tulisannya bagus dan informatif

    Kenapa gak pake Solusi Rumah Holcim, apa sudah pernah konsultasi sebelumnya ?

    thnks

    Ian

  2. sudah di pameran konstruksi waktu itu..beberapa materialnya rada aneh..bata misalnya, dari semen..jadi berat banget..tapi sloof n kolom boleh dicoba..praktis. cuma tukang normal bisa gak ya? disamping itu ketersediaan bahan itu di toko yg dekat rumah kita gak jelas…makanya aku coret deh solusi holcim. untuk ukuran rumah sih gak masuk akal.

  3. wahhh inspired banget tulisan nya,,, kebetulan saya juga lagi bangun gubuk kalo boleh minta referensinya beli granit yang murah dengan kualitas yang ok dimana??? boleh di email ke saya yundanchel@gmail.com terimakasih sebelumnya ya,,,

  4. kalo gubuk pake granit bisa jadi yg pertama di indonesia nih..he.he.he..aku beli di rawasari..karena jual plint nya dan ini beda jauh harganya dengan di fatmawati-blok A (7 ribu ke 2500 per potong) atau dengan depo bangunan -hanya tersedia jenis tertentu sehingga jadi belang dengan lantainya. aku masuk 2-3 toko..langsung menanyakan jenis dan type nya…sesudah lihat di fatmawati…ternyata harganya tidak berbeda satu toko dengan yang lain..paling cuma beda seribu dua ribu..rupiah per meter..sama pelayanan yang ogah2an dan ramah..selebihnya sama, wong kita sebut merek dan type kok..

  5. trimakasih banyak ya bang,,,tapi ngomong ngomong rawasari tepatnya dimana bang maklum saya orang bandung tapi lagi maen ke rumah saudara di bandung lagi lagi terimakasih sebelumnya:)

  6. waduh..mahap, asumsinya orang jakarta..tapi di google maps juga ada kok. kalo dari arah jalan pramuka..ketemu perempatan yg lurus ke pulogadung, kiri ke tanjung priok, kanan ke cawang..ambil yang kiri…nanti ada lampu merah pertama kira2 berjarak 400 meter dari perempatan pramuka tadi….ambil kiri..itu dia jalan rawasari..sepanjang jalan itulah toko keramik/granit…panjang jalannya…nanti tiba2 tembus ke jalan salemba depan UI.

  7. Halo pak,
    saya mau minta tolong untuk bisa di-share info tukang yang pernah bapak pekerjakan.
    saat ini saya sedang melakukan renovasi berupa bikin dak carpot dengan memakai hebel panel lantai.
    boleh di email ke yuska18@yahoo.com atau kontak saya di 08121632191.
    terima kasih.

    Yusman

  8. boleh minta rekomendasi jasa tukang donk tuk renovasi tdk besar kho rmh saya cm mau gnti atap dan bongkar beberapa ruangan< klo saya blh minta tlg tukang yg bs dipercaya cara kerja tlg info saya ke 085867230200 trima kasih

  9. kalo untuk renovasi sih tidka terlalu lama mas..jadi bagusnya yang dekat dekat rumah aja…karena tidak mungkin nginap di rumah….lalu kalau terlalu jauh..kasihan transportnya. jadi tukang disekitar rumah lebih efisien..mungkin bisa ditanya ke rumah yg sedang ada tukangnya…sambil dilihat hasil kerjanya.

  10. Pak, tulisannya jadi mencerahkan untuk saya yg mau rencana ngedak rumah. Berhubung bapak sudah pakai clc, hebel dan konvensional…menurut bapak diantara ketiga cara tersebut, yang cepat dan berbiaya tidak mahal cara yang mana? soalnya sy cuma mau ngedak 30m2 untuk kamar dan ruang bebas saja. terimakasih. Kalau bapak ada waktu, bisa ke email saya dee_dr@yahoo.com.

  11. menurut ku sih kalau untuk luas 30 meter dan dak tambahan pakai saja konvensional. terlihat mahal karena ada material terbuang tapi bisa diminimalkan dengan penggunaan scafolding, kayu bekas, tripleks kualitas bukan untuk furniture…

    2014-02-27 11:39 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

  12. I was curious if you ever considered changing the layout of your website?

    Its very well written; I love what youve got to say.

    But maybe you could a little more in the way of content so people could
    connect with it better. Youve got an awful lot of text for only having 1 or
    two pictures. Maybe you could space it out better?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s