Bangun rumah (21) pelajaran yang bisa diambil

Pekerjaan cor (campur semen,pasir,batu belah-split,air) ada di hampir setiap tahapan. Rencananya mau pakai molen dari awal hingga akhir. jadi waktu itu ada teman punya molen nganggur, jadi pinjem aja. sayangnya pekerjaan pondasi sudah setengah selesai, tinggal sloof aja, dan molennya perlu perbaikan dulu…berisik bukan main dan bahkan macet, lager alias bearingnya rusak. Satu lagi, tukang tidak familiar dengan penggunaan molen di partai kecil. jadi tidak mau mengaduk sehari hanya satu kali…kalo yg dicor sedikit mereka pasti aduk manual. kalau kita punya waktu, tidak usah segan2 mmemerintahkan semua harus diaduk molen..wong gak susah kok makainya, malah meringankan kerja tukang aduk. dan yang terpenting, kualitas betonnya terjaga. jadi ini lebih untuk perbaikan kualitas material.
Ide awalnya bahkan plaster juga pakai molen. biar homogen gitu campurannya..ditentang tukangnya. katanya ribet, berisik. ya terserah deh..alhasil di beberapa tempat terjadi retakan..karena tidak homogennya campuran plaster plus pasir tidak bersih dari lumpur. molen itu harganya kalo mesin china, bodi lokal 7-8 juta di mangga dua. kalo bekas..bisa 5-6 juta. kalo mesin yanmar jepang..suara halus..tahan lama..mesin aja 8 juta kalo gak salah.
gw pikir idealnya cor itu kayak jaya beton, ready mix punya gitu..warnanya abu2 terang, rata banget karena airnya pas..pasti lebih kuat. kalo manual..kadang keenceran, kekentalan sampai batu belah masih keliatan..adukan belum sempurna..gregetan juga sih ngeliatnya.

Pasangan bata-dinding
bagian ini aku pakai hebel. secara matematis lebih mahal..apalagi harganya naik terus. ada yg kasih komentar ada produk sejenis hebel 600 ribu per kubik. lumayan tuh..aku beli dulu dah 700 ribu.sekarang mungkin dah 900 ribuan. tentu saja bata merah lebih murah. jadi dibidang ini ada potensi penghematan kalau pakai bata merah.
Sediain juga scaffolding dari awal. sewa aja satu set 30 ribu..sewa untuk 4 bulan juga gak apa..supaya gak usah bikin steger banyak2 yg makan kayu. belum lagi kalo cor konvensional untuk lantai dua. sewa murah, ongkos kirim mahal..he.he..ongkos kirim ambil 200 ribu, jaminan 2 bulan sewa..jadi kalo sewa per set 30 ribu per bulan, sewa 4 bulan kan 120 ribu, bayarnya 180 ribu. ongkos 200 ribu…mending sewa lebih banyak aja. toh ongkos angkut sama.
scaffolding mempercepat kerjaan, menghemat kayu tapi gak efektif untuk rumah kecil..ribet.
Lagi bata dipasang..perlu tukang batu..dan tukang besi silakan diminta mulai ikat besi buat balokan…

kusen pintu jendela
Kusen atau rangka jendela/pintu..aku pakai yg alumunium. jadi masuknya belakangan..kalau mau pakai kayu..tentu harus dipesan sebelum konstruksi dimulai..karena begitu pondasi selesai, kusen dipasang duluan..bisa 2 minggu pengerjaan di tukang kusen…kayunya terdiri dari pelbagai jenis. Temen yg kontraktor bilang sih alumunium yg termurah pun masih lebih mahal dibanding kayu yg sedang…lain kalau kayunya yg bagus kayak kamper,merbau. apalagi kalo jati..gak usah dibahas yak. Kalau mau hemat sebenernya bisa kayu kusen bekas…tinggal bawa ukurannya..nanti dibikinkan dari kayu-kayu bekas bongkaran yg diserut lagi…kalo ada yg bolong ditambal…kalo nanti akhirnya akan dicat kusennya..bukan dipelitur yak..kusen bekas gak keliatan bedanya..harganya jauh lebih murah. gw pernah pesan pintu dan jendela jadi satu (kusen gendong) plus pintu triplek dua muka, jendela sedaun saja–buat rumah kos2an. hanya 825 ribu terima di tempat. itu bikin di daerah jatikramat…banyak tukang kayu bekas disana. temen gw yg kontraktor perumahan sulit untuk percaya harganya…tapi nyata. kalau rumahnya mau diplitur ya gak bisa, musti pakai kayu baru..
kalau mau dicat saja, apalagi pakai cat semprot..warna tua..gak beda tuh kusen bekas dengan baru.
Pintu jaman sekarang sih pakai aja lapisan HPL..per lembar ukurang triplek bisa 150 ribu hingga 500 ribu..tergantung motif dan kualitas. jadi pintu nya triplek aja bolak balik..kan murah tuh..lalu cari tukang kayu yg bisa main HPL..tinggal pilih motifnya, beli di klender..cari di internet tokonya…tinggal tempel..murah, bagus terlihatnya..dan yang terpenting ringan buat kusen alumunium..tidak bakal melengkung..kayak kalo kita ketipu dikasih kayu basah atau murahan..
Teralis gak bisa dikerjain tukang biasa..jadi harus ke tukang pagar. rata2 250 ribu per meter..tergantung motif dan jenis besinya sih. tapi ini nanti pekerjaan belakangan. handle pintu..kalo pake dekson..rasanya kualitas dah baik….200-250 ribuan per set..kalo lagi mujur, di depo bangunan dan mitra 10 suka sale..lumayan diskonnya..gw gak terlalu pusing sama modelnya..asal gak ekstrim jelek..beli aja. ke kenari mas..harganya gak beda dengan depo bangunan..kayaknya sudah diatur mekanisme harganya ya…jadi tergantung lagi pergi kemana..sekalian beli aja.
Pintu di rumah perlu 9 buah..diborongin aja..termasuk pasang, handle dari gw. rasanya bisa dihemat kalo ketemu tukang yg bisa main hpl…tinggal lapis aja..jadi kusen kayu bekas pesan termasuk pintu triplek..cari tukang kayu yang biasa main hpl..beli handle..borongin aja termasuk pasang per pintu…karena stel pintu ke engselnya dan pasang handle nya itu lama prosesnya…

Nah, tembok sudah terpasang..kalau mau lantai 2, bisa pakai panel hebel, bisa cor dak konvensional. Feeling aja nih..kayaknya hebel lebih mahal dikit..tapi lebih cepat banyak. jadi tergantung mana preferensinya. kalo rumah tinggal kamar kecil2 hebel gak masalah..kalo kamar besar ukurannya, hebel terbatas panjangnya..3.25 meter..jadi perlu ditambah balok lagi..kalo kamar ukuran 4×4 gitu..terpaksa buat balok ditengah menyilang. cor konvensional bisa dicoba..kalo pake scaffolding..pakai triplek cor pesan di tanjung priuk..lihat poskota di bagian bahan bangunan..pakai yg tebal 12 mm sudah cukup, 15 mm lebih kuat..tidak akan melengkung..18 mm nanti sisanya bisa bikin kitchen set..kalo gak hancur ya. diantar ditempat..harganya yg 15 mm di material (karena kurang) 150 ribu, disana 110 ribu..kalo beli 20 lembar..lumayan kan. triplek baru..tapi tidak semua mulus mukanya..jadi gak bisa buat furniture..yg kita beli di material..mulus banget..sayang sebenernya buat ngecor..kelewat bagus.Jangan lupa juga beli plastik bening..untuk alas cornya supaya triplek gak basah n rusak…
kalo mo hemat sih jangan ngecor sekaligus…dibagi 3 tahap atau 2 tahap.jadi triplek dan penyangganya gak perlu seluas rumah kita kan…sebelah dibuat bekisting cornya..sebelah diplaster…habis di cor nunggu 2 minggu supaya mantaf keringnya..nah selama ini tukangnya ngerjain yang bagian lain..itu salah satu advis teman supaya lebih murah cor lantai dua nya.

atap/rangka atap
untuk bagian ini, rasanya baja ringan sudah jadi menu wajib ya. range harganya antara 95 ribu hingga 110 ribu. untuk pryda bisa 160 ribuan. jadi kalo mo hemat sih pakai aja merk lain..lihat di poskota..banyak tuh. tapi yg lebih penting sebenarnya disain atapnya. yg paling mudah dan murah ya pelana..itu lho yg lurus ke depan/belakang..yagn lain dari itu lebih ribet dan makan rangka lebih banyak. satu lagi yang menentukan adalah berat gentengnya. kalo pakai genteng monier flat.jelas berat. jadi rangka harus lebih yakin kita. sekarang dah banyak yang pake genteng logam tapi permukaannya dilapis glasur pasir…ini amat sangat ringan..jadi beban rangka kecil banget. kalo rangka bajanya cuma yg 95 ribuan sih gak usah kuatir deh kalo pake genting seperti ini.

plafon
bagian ini yg paling signifikan harganya adalah rangka (besi hollow) dan gypsum. kalo mau murah pakai aja hollow yang ijo..paling murah..lalu gypsumnya juga berkisar 54 ribu per lembar (elephant) hingga 35 ribu. nah gak jelas apa bedanya tapi kalo masangnya rapih n cat nya mantaf harusnya gak beda tuh penampakannya. jadi kalo buat efisiensi mah mending beli gypsum 35 ribu, rangka hollow ijo. ada lagi rumah yg model plafonnya gak pake list profil..ini lumayan menghemat ..karena jualnya per batang 2 meteran..kalo buat serumah kan panjang juga tuh..jadi kalo modelnya gak pake list plafon..gak usah beli kan. ato kalo terpaksa beli juga karena modelnya mengharuskan demikian, maka enaknya bikin aja..tinggal beli mal ato cetakannya 400 ribuan lalu buatlah sebanyaknya..

lantai
enaknya lantai kerja secepatnya dibuat..jadi pakai molen, aduk sisa-sisa ayakan pasir juga..jadilah lantai kerja yang rata dan baik..jalan lebih enak, lebih bersih..naro material lebih enak juga. nah untuk lantai rumah umumnya sekarang pakai granit. kalo mo pilih merk lokal malah lebih mahal dibanding yg china punya. jadi kalo mo efisien sih pake aja yg china..gw pake yg lokal..semeternya bisa 150 ribu, padahal yg china semeternya bahkan ada yg 80 ribu..ukuran sama,motif kurang lebih sama..nano polish pula..jadi kalo mo hemat sih tentu aja pake yg china ato pake yang lokal tapi seri yang biasa aja ..indogress aja ada yg 100 ribu kok. kalo essenza jelas tidak. kalo mo lebih murah lagi ..keramik. sangat variatif sekarang ini..dan gak kalah bagus. masangnya gampang,motongnya juga lebih mudah..pemeliharaan sangat sederhana. granit pada dasarnya gak keliatan bedanya..tipis-tipis aja kok bedanya kalo dah dipasang, dipel..

Advertisements

6 Comments

  1. .
    PERKENALAN.

    Saya seorang tukang mebel dari kota ukir jepara. Umur 33 tahun.
    Pengalaman kerja mulai th 1999 sudah terjun ke pekerjaan interior mebel. dan domisili sekarang di Jakarta.
    Sepesialis saya di interior rumah dan kantor.. kitchen set,lemari pakaian,gradensa,meja belajar,tempat tidur,meja resepsionis.partisi. rak pajangan, aku juga bisa bantu
    hitungin bahan dengan benar dan cepat.
    Tau semua harga2 material saat sekarang. System kerja saya bisa borongan sama materialnya,bisa juga borong tenaganya saja.
    Bahan yang biasa aku gunakan : playwood ( meranti/palm) , blokmil , bloktik, milaminto,
    tikwood jati, mega sungkai , megatik, dlll. Aku biasa mengerjakan melamikan, cat duco, atau kerja finshing HVL,DECOSIT, EDGING dll
    Jika anda berminat kerja sama dengan prinsip SAMA SAMA PUAS DAN SALING MENGUNTUNGKAN, , silahkan hub no hp ku 0813 2506 8797 ato 0819 1985 5655
    Atas nama SULAIMAN . nama panggilan LEMAN. Ingin lihat sekilas hasil kerja saya, bisa lihat di FACEBOOK atas nama BAIHAQI SULAIMAN.
    Jika bapak punya pekerjaan interior , saya juga siap membantu dengan sistim kerjasama.
    Terimakasih

  2. Salam kenal Pak Pahala…saya tertarik dengan pembuatan pintu lapis triplek dengan hpl. bisa diberikan kontak tukangnya Pak. Tks

  3. Normally I don’t learn post on blogs, but I would like to say that this write-up very pressured me to take a look at and do it!
    Your writing style has been surprised me. Thanks,
    quite nice article.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s