Bangun rumah (9). Mandor resign alias minta berhenti..

Kebetulan lagi cuti..beberapa hari ini, nongkrong deh ngeliat para ahli pertukangan ini bekerja. Enak juga sih ngeliatnya..trampil gitu. Tapi sekaligus juga bisa tau kalo ternyata mandor, sebagai leader dari tim ini ternyata kerap tidak di tempat. beberapa kali terjadi bahkan pernah habis bahan dan tidak ada yang order..akibatnya pekerjaan pemasangan lantai hebelnya terlambat karena ring balk belum siap, semen tidak ada..dah diorder dari pagi..katanya. waduh..kacau nih. untung aja gw lagi berkunjung, segera beli semen n putuskan hubungan dengan toko material langganan. ternyata ada stock nya hanya dia anggap enteng..karena sudah siang, diputuskan dikirim besok pagi..gw ngotot, kirim sekarang juga..sekitar jam 3. ini semua harusnya mandor yang urus..misalnya pinjem dulu kek semen ke tetangga, ato beli cash dimana gitu..
Gw call mandor n complaint pertama gw layangkan. sekali lagi, logika para tukang termasuk mandor ini sulit sekali dimengerti yak. kerja malem buat nambah income n mempercepat kerjaan..gak disetujui. ngilang waktu bahan gak ada. tidak memberi advis apa yang diperlukan..sehingga scaffolding segala itu gw yg harus memperhatikan dan memutuskan perlu disewa.
Berikutnya, gw seharian di lokasi n beliau…pak mandor top ini..gak ada juga. rupanya lagi moonlighting alias ada job lain..jadi bolak balik gitu. waduh…kan gw bayarnya harian yak…n deal dari awal memang begitu. ternyata pengertian dia biar harian juga tapi tetap boleh nyambi..satu lagi logika yang gw susah mengerti…
alhasil diputuskan dengan berat hati untuk memberhentikan beliau..dengan segala konsekuensinya. tukang n kenek kan dia semua yg bawa..berarti rumah bakal brenti pembangunannya..dan harus taruh orang satu untuk nginep disana sementera tukang, kenek, mandor dicari…tapi biar aja, nekat aja..ntar sabtu gw akan putuskan mutual contractual construction service agreement…eh ternyata jumat beliau kirim SMS resign..tukang silakan dipakai kalau mau.
Darurat konstruksi nih..bener aja, gw ke lokasi pagi, tinggal kenek 3 orang..n gak tau mo mulai ngerjain apa. segera order pertama..kerjaan besi diselesaikan..tukang mana? lagi gak masuk..waduh, gw pikir pasti ikut mandor..ternyata tidak..memang kebetulan tidak masuk hari ini 2 orang. ya sudah..besoknya, sabtu dikonsolidasi dulu timnya..gimana, mau ikut ato ngga..kerja disini tanpa mandor itu. mereka menyatakan kesetiaan dan loyalitasnya kepada negara tercinta ini..ok kalo gitu siap. kita teruskan..sementara itu mandor sedang dicari…kalo ada yang gak ngerti, silakan ditanya..kalo ada yg mo pesan material, ini no telp toko material baru..nanti akan dimobilisasi logistik yang lebih baik..aqua gallon, magic jar, beras, kecap..in addition to kopi, gula, teko listrik. tujuannya simpel aja. sebagai manusia tentu kalau diperlakukan baik akan baik…(semoga) tapi kalaupun tidak baik, tetap kewajiban kita memperlakukan mereka dengan baik…satu lagi, uang dikit buat pulsa..kan mereka kirim sms ke toko material, ke kita…perlu pulsa toh.
Ini sudah 2 minggu jalan gak pakai mandor…amati aja apa yang terjadi. kalo ada yang perlu dibeli material tambahannya, tanya aja sama tukang yang paling senior..kunjungi tiap hari..kalo ada tukang gorengan lewat..jangan lupa, beli juga buat snack..kayak lagi workshop aja ..kita kan pasti disuguhi snack yak..

ternyata brenti mandor itu super gawat kalo lagi tahap pembangunan pondasi..n pasang tembok pertama..kalo itu dah lewat..di tahap itu..pembacaan gambar kerja sangat perlu..nentukan titik awal, pensejajaran dengan garis lain, pemasangan saluran air kotor, level nol…sangat perlu pengalaman mandor. jadi hati-hati kalo dia berhenti ditahap ini..atao bikin jelas dari awal kalo harian itu gak boleh ngobyek (dasar nih indonesia..serba sampingan..) ato sekalian borongan per tahap..misalnya borong upah sampai tembok berdiri.
Reputasi…elemen penting dalam mencari langganan kayaknya memang gak dipahami mereka ini. pokoknya sikat bleh..kalo memang ok, reputasi bagus…kan pasti kita omongin ke adik,kakak,tetangga,teman kantor dsb..bahwa saya punya tukang excellent…n manjang deh rejekinya….ini namanya memang logika gak nyambung yak.

ini mandor baru dah dapet..n bakal masuk beberapa hari lagi..ternyata gak ada ya mandor yg nganggur pas kita perlu..pasti butuh waktu ato paling jelek bahkan gak bisa gabung karena kerjaannya masih lama…kalo dapet yg pas, nganggur pas kita perlu..itu namanya goodluck. biasanya kita yang menyesuaikan diri dengan tenaga mandor.
ada kekuatiran dikit karena 6 orang crew yang sekarang ini kan bukan anak buah mandor baru..jadi mo liat juga gimana interaksi, ada problem gak..harusnya sih ada..apalagi mandor baru akan bawa tukang tambahan..pasti potensi konflik gede ya…moga2 nggak deh. tapi temen gw sih dah wanti-wanti..pasti ada problem..soalnya jarang tuh 2 kelompok tukang digabung untuk kelas rumahan…semoga ngga.

satu lagi, apa aja yang dihasilkan oleh mandor lama pasti diklaim bermasalah dan mandor baru akan sampaikan ke kita..tinggal deh kita terpusing-pusing. sebenernya sih wajar aja…mo nunjukin bahwa dia bisa ngerjain lebih bagus dari yang kemarin…tapi caranya bikin kita pusing…yg tembok gak siku lah, plesteran susah karena cor an atas ketebelan..dll dll…tapi tenang aja..bilang aja, atur aja boss..loe kan jago nya..he..he..he..moga2 jalan nih.

Advertisements

4 Comments

  1. Kami spesialis dak besi beton dan dak keraton daerah se jabodetabek.bila anda semua membutuhkan kami siap membantu .hubungi kami di 085853531401

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s