mesin kepanasan…

Yang rada nyebelin kalo make si kuning…kadang2 kalo dah panas suka wafat mesinnya ! gak pake ba bu ba bu…koit aja…nah kan jadi gak nyaman ya..kalo matinya dipinggir jalan..kalo pas ditengah jalan macet…duh!

memang waktu itu ada problem dengan tempratur…kayaknya abis AC nya dibetulin..kalo pake AC bisa sampai 3/4 jarum tempraturnya..kalo gak pake AC ..bisa 1/2…lah buat ukuran toyota lama ..ini mah dah ketinggian deh rasa-rasanya…wong kijang aja dulu cuma 1/4 tempraturnya..kalo gak pake Ac ya…kalo pake tetap aja gak sampai 1/2. Baca sana sini..mungkin sistem pendinginan yang gak sempurna…mulai deh radiator dicopot..bawa ke tukang radiator ..minta dibersihin…karena radiator masih jaman dulu..tembaga..perlu di las keliling…70 ribu aja semua…

dah radiator bersih…mungkin pompa air dah lemah kali ya…iseng2 ganti pompa air…sendiri aja..n gak susah2 banget kok…cuma perlu beli pompa air…kalo gak salah 300 an gitu..beli juga sealer..yg orange ato abu2 warnanya…tinggal buka pompa lama, ganti dengan yg baru..kasih sealer dulu di sambungannya..packing dipasang..jadi deh…

jalan lagi sekitar 1/2 jam..kambuh lagi…duh ! akhirnya bawa deh ke bengkel wakidi..minta pasangin kipas tambahan aja…300 ribu jadi…jadi dari radioator dimundurin dengan cara kasih kaya spacer ato pipa besi tebal 3 cm kira2..jadi ada space antara grill dengan radioator..nah di space itulah dipasang kipas tambahannya….

nyalainnya pake hubungan dengan gas..jadi kalo digas..baru kipas nyala….

hasilnya gak terlalu ok..masih juga penyakitan..logikanya wakidi salah..kalo lagi macet mana mungkin ngegas..artinya lagi macet, butuh pendinginan ekstra..malah gak ada..kalo lagi jalan..karena ngegas ..malah nyala kipasnya…

pikir2 ke tempat mangara aja deh…doi kan spesialis mobil tua n hobby kalo dikasih problem…dicek..logika salah boss..akhirnya diputuskan untuk dilangsungin aja..jadi begitu kontak langsung kipas tambahan nyala…toh juga listrik yg dibutuhkan kecil aja kok untuk mobil ini..gak ada yg elektrik2..jadi gak papa pake listrik dari aki langsugn buat kipasnya….

kalo soal mati2 ditengah jalan..analisanya kena angin samping..(apaan tuh ya?) jadi karbu perlu dibongkar n bersihin.

ternyata manjur boss..sekarang, kalo gak pake AC…1/4 aja..kalo pake AC kurang dari 1/2..gak ada lagi tuh wafat ditengah jalan…mantaf terus….he..he..mangar dengan senang hati bisa dihubungi di 08129250932..aslinya sih bengkel dia bengkel VW..tapi sekarang mobil tua apa aja…dia usul gimana kalo kipas mesinnya diilangin aja..jadi full kipas elektrik..bisa bikin tarikan enteng…n lebih hemat bbm…pake kipas timor kalo gak salah dia bilang…duh ntar deh boss..nikmatin ini dulu deh…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s