bagun rumah (4) arsitek dan imb

sebelum rumah dibangun, rasanya memang harus menggunakan keahlian arsitek. pertama soal seni dalam artian disain yang enak dilihat (visual), juga disain yang secara teknis bisa operasional alias berjalan baik. kedua, ini yang gak kalah penting, memudahkan proses konstruksi sendiri dengan adanya gambar kerja yang dihasilkan.
setelah browsing sana sini, ada beberapa web yang menawarkan jasa arsitek. umumnya jasa ini dibagi dua macam. yang lengkap, jasa disain plus gambar kerja. yang minimum ya cuma jasa disain saja. Jasa disain kurang lebih menghasilkan gambar disain rumah, tampak muka, denah ruang. dari sini dapat dilihat kira-kira seperti apa jadinya itu rumah nanti. Untuk jasa disain, arsitek perlu cek lokasi dan perlu sedikit interview dengan kita. kira -kira ditanya mau berapa kamar, ada ruang-ruang yang dibayangkan harus ada, style atau gaya apa yang disukai, berapa besar keluarga kita, pergerakan sehari-hari dll. intinya arsitek ingin menggali kemauan dari pemilik serta mencoba mengakomodasikannya dalam gambar disain dan denah ruang.
kalau punya tanah kosong dengan ukuran tertentu, disain gampang saja didapat..google aja dengan keyword: jasa arsitek. pasti diperoleh banyak contoh-contoh disain dan denah ruang, tinggal pilih aja yang cocok. beberapa situs menawarkan disain gratis jika kita ambil jasa termasuk gambar kerja. Beberapa minta kita bayar 100 ribu aja dulu untuk kunjungan, nanti kalo sudah jadi disainya boleh diterusin dengan gambar kerja ato ngga. ada juga yg nyediakan template disain lengkap..cocok tuh buat yg tanah kosong, termasuk gambar kerja. dijual dengan harga 1 juta perak.
pokoknya macem-macem deh jasa arsitek ini. ada arsitek muda yang disainnya full minimalis, kalo kita dah berumur rada gak sreg juga sih..temen bilang, kadang arsitek muda ini suka gak pas ngedisainnya dibanding dengan teknis operasional. rada murah tapi ntar pintu pagar mobil gak bisa ditutup karena ukuran garasi kependekan misalnya.
rata-rata nawarin kalo jasa disain plus gambar kerja per meter persegi. jadi kita telfon, nanti ditanya berapa luas tanah..mo bikin tingkat ato ngga, barulah nanti dikenakan per meter perseginya berapa. Disini variasinya gila-gilaan. mungkin ini arsitek rada top..gw pernah telfon dikenakan 150 ribu per meter. jadi untuk tanah 200 meteri butuh dana 30 juta. pas gw terangin kalo disain aja berapa? 80 ribu per meter. untung aja gak jadi. karena ternyata kalo kita minta hanya jasa disain saja itu tidak membantu proses konstruksi nantinya.
ada juga yang lebih murah.kalau lihat di koran poskota, ada yg menawarkan hanya 10 ribu per meter. intinya sih, kalo jasa arsitek ini memang luar biasa variasinya. jadi mungkin lebih enak kalau minta referensi teman atau kita lihat yang sudah jadi, misalnya rumah tetangga.
gw cari di web saja ketemu indograha. call orangnya, mas herry arsiteknya, lalu janjian ketemuan di lokasi. dia dateng dengan orang sipil untuk memastikan struktur bangunan nantinya. jadi boleh aja disain kayak apa, tapi jangan lupa ada keterbatasan struktur bangunan. misalnya kalo kita ingin ruang terbuka tanpa tiang ukuran 7 meter kali 8 meter..nah ini bisa problem buat orang struktur karena harus ada tiang ditengah.
mas herry pake harga borongan aja. 5 juta perak, dah sampai gambar kerja. yang pertama dilakukan bertanya keinginan pemilik rumah. berapa kamar, berapa anak, bagaimana pergerakan sehari-hari, seperti apa inginnya model rumah, minimalis penuh kah, rada klasik kah? dsb..ruang apa yg harus ada…dsb.dsb. pokoknya bilang aja ke arsiteknya kita maunya kayak apa. nanti mereka kirim ke kita (via email aja) denah pembagian ruang…kita lihat dulu denahnya, tapi memang buat awam agak susah menterjemahkan ukuran ke dalam bentuk sebenarnya. misalnya, kamar 3×4 meter di denah..seperti apa ya besarnya. untuk itu denah dilengkapi dengan gambar tempat tidur, kursi, meja makan dsb..supaya ada bayangan kira2 besarnya seberapa tuh.
denah pertama dikirim…ada perubahan sana sini, denah kedua juga gitu..tapi sudah ada bentuk muka (fasadnya) revisi lagi sana sini..makanya cari arsitek yg bisa email-email an ..jadi gak repot buat kita sama dia..dikirim file pdf aja..jadi kita print, bahas…lalu kasih OK deh, termasuk bentuk muka yang kita inginkan.
kalau sudah, baru dibuat gambar untuk IMB kita. sudah ada satu set..tampak muka, samping, dsb…pokoknya arsiteknya sudah tau tuh buat IMB apa aja yang perlu.
karena sudah keburu mulai bongkar rumah lama, gambar kerjanya bertahap datengnya. pertama buat IMB dulu..jangan lupa. baca-baca di web kayaknya susyah nih kalo ngurus sendiri. minimal problemnya lama…padahal kalo bongkar sudah selesai kan sudah harus dimulai tuh pekerjaan konstruksinya…

dateng aja deh ke kecamatan..cari bagian P2B..bawa gambar IMB, di kertas A4 juga gak apa, copy sertifikat, copy akta jual beli, semuanya sudah dilegalisir notaris yak..copy ktp. udah gitu aja, ketemu aja sama staff P2B nya n bilang kalo mo minta tolong bikin IMB tapi konstruksi dah mo mulai 3 hari lagi…he..he…he… tinggal bicara harga dengan mereka. rumahku tingkat, tanah 205 meter persegi…dan tidak melanggar apa2. jadi yg ideal ternyata garis sempadan jalan tidak dilampaui.artinya jarak dari tembok terdepan rumah ke pagar sedikitnya 1/2 kali lebar jalan depan. jadi kalau jalan depan 8 meter, jarak tembok terdepan ke pagar/selokan harus sedikitnya 4 meter. lalu ada lagi koefisien bangunan..gak terlalu jelas, tapi kira2 tanah yang bisa dibangun..max 60% ..jadi dihitung deh luas ruang terbuka. ini juga gw gak ngelanggar apa2..wong memang maunya rumah yg banyak tanah terbuka kok. kalo tingkat, minta ijin tetangga..he.he.kalo ini gak usah karena nembak saja.
tahap pertama kata orang kecamatan perlu dapat advis planning dari kecamatan juga tapi bagian advis planning. dateng orangnya, ukur2..lalu keluar advis planning yang bilang kalo tanah ini memang buat perumahan..wisma sedang istilahnya karena lebih dari 200meter. lalu sesudah advis planning keluar plat kuning, itu lho..yg biasa ditempel di depan bangunan..kalo sudah ada ini, tenang kita..pembangunan bisa dimulai. kira2 1 minggu deh prosesnya…
IMB nya sendiri baru keluar kira2 1 bulan lagi…baru deh sisa yg 10% kita lunasin. jadi bayarnya bertahap..advis planning keluar, plat kuning, baru imb. praktis cuma butuh 2 minggu..dan itu bisa sambil bongkar rumah..jadi gak ada keterlambatan karena IMB. kalo kita mo urus sendiri sih bisa kali ya..punya waktu n disain memang tidak melanggar…ada jarak dari tembok tetangga kalo gak salah..duh siapa sanggup bikin model begitu wong tanah cuma segitu..kalo diambil di depan sempadan jalan, diambil kiri kanan buat jarak tembok tetangga..nah ini dia yg jadi kartu mati buat orang ngurus sendiri. aturannya sendiri sudah hampir mustahil kita bisa penuhi.

Advertisements

3 Comments

  1. nih blog berguna bgt nih, kebetulan gw juga mau bangun rumah.. oh iya masalah IMB diatas agan tulis ada jarak dari tembok tetangga kalo gak salah. agak repot sih klo gitu aturannya. ada jalan keluar ga? gw mau buat sendiri, tapi bangun santai aja klo semua persiapan mantab baru gw jos waktu pengerjaan bangunnya.. n klo gw urus sendiri IMB nya kena brp ya bos? luas tanah gw 112, bangunan 54 n tumbuh.

  2. kalo gak salah jalan keluarnya tembok rumah yg depan harus mundur sedikit untuk pemadam kebakaran bisa masuk lebih dalam…jadi kalo minta digambarin mereka kira2 selalu tembok depan gak rata..masuk 1-2 meter..dia bilang sih buat kebakaran itu..tapi gw rata ini aja..gak pake masuk ke dalam..en mereka cuek aja tuh. kira2 berapa? wah pasti jauh lebih murah gan..feeling aja, gak nyampe 1 juta tuh..iurannya..gambarnya yg kudu disiapin dulu..n lulus menurut ukuran mereka..

  3. yah gmn mobil pemadam mau masuk klo yg dimundurin punya gw aja n tetangga2 gw ga mundur. lebar jalan depan tanah gw aja cuma 5 meter. klo dimundurin 2 meter jadi 7 meter berhubung kapling gw paling ujung ya mesti lewatin jalan tetangga yg 5 meter itu dong.. tp oke juga buat pengetahuannya nih, sambil nabung2 bos buat persiapan bangun rumah 1jt sih ga terlalu berat urus IMB 😀 & cari2 pengalaman orang yg udh bangun rumah, mudah2an sebelum ganti taun udh mulai ngebangun. doain ye bos biar lancar.. hahahha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s