Tag Archives: pompa air dangkal

Pompa dorong dan tekanan air

Waktu bikin rumah dulu…air dipompa dari tanah naik ke penampungan dulu di lantai 2. Dari penampungan, supaya kuat dorongannya… air turun ke pompa dorong yg kelas 125Watt dan ada otomatisnya. Dari situ mendorong ke semua keran termasuk shower kamar mandi. JAdi tekanan air cukup keras ..dan saluran pakai pipa yang 1 inch.

Pompa dorongnya baru ganti dengan panasonic..asumsinya otomatisnya tentu sudah distel atau diset ke situasi normal.Apalagi di tutup otomatisnya tertulis “jangan dibuka”. Anehnya habis pasang pompa dorong baru..air di keran malah pelan. apalagi shower mandi. heran..kenapa nih..ada beberapa kemungkinan yang perlu dicurigai.

Pertama kran nya tersumbat kotoran ..pasir misalnya. nah yang ini dulu diinvestigasi..3 kran dibuka saringan di ujungnya..dan memang ada pasirnya sedikit. jadi dibersihkan..lancar airnya. tapi tetap aja gak signifikan kerasnya. keran di garasi..gak pakai saringan di ujungnya..juga melemah tekanan airnya..kelihatan waktu siram tanaman…gak sejauh yg dulu. nah kalo yang ini kan gak ada sumbatan kotoran..tapi kok tetap pelan.
Kedua, ini yg rada beresiko..jangan jangan setelan otomatis pompa dorong nya yg gak pas nih. Otomatis pompa dorong ini bekerja kan berdasar tekanan air. Kalau keran dibuka, tekanan turun.dia hidup untuk mendorong…kalau tekanan sudah cukup, otomatisnya mengatur supaya pompa dorong mati.

citamedia.com

citamedia.com

Gw perhatiin bunyi pompanya kalo kran dibuka..3 keran dibuka sekaligus…seharusnya pompa dorong hidup terus kan. karena tekanan air drop banyak. Ini malah nyala mati dengan cepat bunyi cetak cetek aja..artinya per yang ngatur otomatis nya cepat sekali bereaksi untuk tekanan air. Yang kelihatan sekali bedanya untuk pengisian mesin cuci. Biasanya kalo isi mesin cuci..pompa dorong nyala konstan….ini malah nyala mati nyala mati..jadi air nya juga gak stabil.

Kayaknya setelah otomatisnya harus diatur dulu nih. Buka tutupnya..lalu putar pakai obeng minus ke arah jarum jam..jadi per nya tidak terlalu sensitif..artinya kalo tekanan air turun..dia nyala..tapi kalo tekanannya sudah naik..dia diharapkan tidak cepat cepat mati dulu..Simsalabim..diputar ke kanan sedikit..mulai panjang nyalanya kalo 2 keran dibuka..berarti kurang kekanan lagi nih….BEgitu aja prosesnya..dicoba coba sampai paling pas..kalo satu kran dibuka..selama kran dibuka pompa dorong nyala. Dari sisi bunyi sudah standar dan normal..pas ngeliat tekanan di kran nya..luar biasa. rupanya ini penyakitnya..keluar air dari kran sudah keras tekanannya..dan bunyi cetak ceteknya sudah berkurang banyak..kalo kran hidup..pasti pompa dorong hidup konstan…

citamedia.com

citamedia.com

Advertisements