Tag Archives: gabung sertifikat

Penggabungan Sertifikat

Sesudah terkesan dengan pelayanan yang oke banget untuk peningkatan hak..dari HGB ke SHM yang hanya sejam ..di hari libur, kali ini dari 2 SHM yang ada mau digabung jadi satu sertifikat saja. Pengalamannya…lumayan menyedihkan..dari kantor yang sama padahal.

Ini tanah aslinya perbatasan..jadi dibeli temen gw dengan posisi satu sertifikat hak milik, satu lagi girik. Nah karena perbatasan jadi satu bidang tanah, sebagian SHM sebagian masih girik. yang girik kemudian ditingkatkan jadi HGB..sudah jadi. Gw tingkatkan lagi yg hgb jadi shm..lalu sekarang keduanya mo digabungkan..karena sudah berdiri rumah diatasnya..kan konyol kalo satu rumah dijual suratnya terdiri dari 2 shm..keduanya atas nama yg sama..nama gw.

Awalnya sih di google kayaknya gampang aja prosesnya..15 hari kerja standarnya. tapi waktu itu gw kasih ke notaris  untuk menggabungnya..eh malah nolak nolak..males ngerjainnya pak katanya..butuh setidaknya 2 bulan..dan 7 juta biayanya. karena dia males malesan juga…ya sudah deh coba aja sendiri. jadilah cuti di awal juni 2016 buat ngurus penggabungan ini.

Proses seperti biasa, ke loket..ajaib pertama, gak suruh beli map dari koperasi yang 10 ribu perak itu….tapi petugas penggabungan sedang tidak ada di tempat..waduh, gimana nih pelayanannya, gw sudah datang 35 kilometer jauhnya.bolak balik 70 km ..kalo gak ada penggantinya gawat nih..gw ngotot minta dicariin petugasnya…ya sudah ditunjuklah nama orang di gedung seberang..gw kesana bawa berkas 2 map..pertama pengukuran, kedua penggabungan. syarat-syaratnya gw  liat di web http:// bpn.go.id. Jadi sudah memenuhi syarat semua.

Gak meyakinkan banget pelayanannya…meja petugasnya dibawah tangga..kita menghadap dia..dengan jarak meja ke tembok hanya 1 meter kali..lalu diperiksa ini itunya dan dibilang akan diukur dulu..Gw mempertanyakan…pak, di web katanya kalau perlu aja diukurnya..oh ngga pak..semua harus diukur..waduh, ngapain juga ya diukur ulang..wong di masing masing sertifikat kan sudah ada hasil ukur..dan keduanya sebidang alias di bidang yang sama..ngapain juga  ya diukur lagi..tapi ya sudahlah. gw oke aja..kapan dan siapa yang akan mengukur..nanti akan ditunjuk..gw harus telfon dia dulu.
Continue reading

Advertisements