Tag Archives: BPN Tangsel

Penggabungan Sertifikat

Sesudah terkesan dengan pelayanan yang oke banget untuk peningkatan hak..dari HGB ke SHM yang hanya sejam ..di hari libur, kali ini dari 2 SHM yang ada mau digabung jadi satu sertifikat saja. Pengalamannya…lumayan menyedihkan..dari kantor yang sama padahal.

Ini tanah aslinya perbatasan..jadi dibeli temen gw dengan posisi satu sertifikat hak milik, satu lagi girik. Nah karena perbatasan jadi satu bidang tanah, sebagian SHM sebagian masih girik. yang girik kemudian ditingkatkan jadi HGB..sudah jadi. Gw tingkatkan lagi yg hgb jadi shm..lalu sekarang keduanya mo digabungkan..karena sudah berdiri rumah diatasnya..kan konyol kalo satu rumah dijual suratnya terdiri dari 2 shm..keduanya atas nama yg sama..nama gw.

Awalnya sih di google kayaknya gampang aja prosesnya..15 hari kerja standarnya. tapi waktu itu gw kasih ke notaris  untuk menggabungnya..eh malah nolak nolak..males ngerjainnya pak katanya..butuh setidaknya 2 bulan..dan 7 juta biayanya. karena dia males malesan juga…ya sudah deh coba aja sendiri. jadilah cuti di awal juni 2016 buat ngurus penggabungan ini.

Proses seperti biasa, ke loket..ajaib pertama, gak suruh beli map dari koperasi yang 10 ribu perak itu….tapi petugas penggabungan sedang tidak ada di tempat..waduh, gimana nih pelayanannya, gw sudah datang 35 kilometer jauhnya.bolak balik 70 km ..kalo gak ada penggantinya gawat nih..gw ngotot minta dicariin petugasnya…ya sudah ditunjuklah nama orang di gedung seberang..gw kesana bawa berkas 2 map..pertama pengukuran, kedua penggabungan. syarat-syaratnya gw  liat di web http:// bpn.go.id. Jadi sudah memenuhi syarat semua.

Gak meyakinkan banget pelayanannya…meja petugasnya dibawah tangga..kita menghadap dia..dengan jarak meja ke tembok hanya 1 meter kali..lalu diperiksa ini itunya dan dibilang akan diukur dulu..Gw mempertanyakan…pak, di web katanya kalau perlu aja diukurnya..oh ngga pak..semua harus diukur..waduh, ngapain juga ya diukur ulang..wong di masing masing sertifikat kan sudah ada hasil ukur..dan keduanya sebidang alias di bidang yang sama..ngapain juga  ya diukur lagi..tapi ya sudahlah. gw oke aja..kapan dan siapa yang akan mengukur..nanti akan ditunjuk..gw harus telfon dia dulu.
Continue reading

Advertisements

Peningkatan HGB jadi SHM di Tangsel

Hampir hampir gak percaya..lihat di web bppn.go.id ..katanya ada pelayanan sabtu dan minggu. Kalo sabtu pernah lihat spanduknya di jakarta selatan. Tapi minggu? bener gak ya. Ada perlu meningkatkan status sertifikat hgb di bpn tangerang selatan. jadi hari minggu 15 mei..dateng deh kesana sekitar jam 9 an. lokasinya di ruko belakang ITC ato BSD junction. Ruko nya luas dan  tempat parkir memadai. jadi kalo mo jalan sedikit aja sih..silakan parkir di mana aja..toh kompleks ruko nya luas.

Jangan lupa..kalo ke bpn, bawa meterai 6000 yang banyak. soalnya perlu dan kadang gak ngerti juga mo nyari kemana. Pulpen? jelas..musti bawa sendiri. Dokumen dokumen mending bawa aja deh..dari pada kurang nanti mending lebih. toh gak berat juga kan dokumennya.

Tanggal 15 ternyata libur..he..he..he…ada pertemuan di jakarta pak, kata satpamnya. enaknya dia minta maaf berkali kali..ok, sial aja gw nih. Minggu depannya, 22 Mei..gw dateng jam 9 lagi..ternyata jam 9-11 siang itu cuma untuk terima berkas aja. Nanti jam 1-2 siang, dokumen kayak sertifikat yg sudah jadi baru dipanggil karena dah selesai. yang penting buka ..padahal hari waisak tuh.

Untuk peningkatan gak perlu banyak kok..ktp/kk..standar deh, lalu sertifikatnya sendiri, pbb tahun terakhir plus bukti bayar..gw sih pake struk atm aja..dan sppt nya belum dapet dari pak rt..tapi diterima tuh Terakhir IMB..

Masuk..ditanyai satpam..mo meningkatkan status sertifikat…ada layar sentuh, nanti keluar nomor antrian. tapi gak berlaku nih..gw dikasih map plus bbrp formulir yang harus diisi. gw bilang berapa harganya..gratis pak. waduh, dulu sih harus beli di koperasi 10 ribu..kemajuan nih bpn. Isi formulir plus nempel meterai..tumpuk deh di meja counternya. Nanti ada petugas yg periksa…kelengkapan dokumen. ini yg paling krusial..kalo dia bilang kurang..ya balik lagi deh. gw kuatir soal pbb..soalnya gak punya sppt..dan cuma punya bukti bayar atm bca aja..ternyata lolos tuh…ditanya tanya..tapi gw jawab dengan sopan..apalagi dia tau gw jauh jauh dateng buat urus ini saja….
Continue reading