IMB on-line di kecamatan DKI

Ngurus IMB di kecamatan DKI sekarang sudah harus online. Tetapi tahapan awal masih sama.
Pertama, dapatkan dulu yang namanya KRK alias Ketetapan Rencana Kota. KRK ini selembar kertas yang menyatakan tanah kita boleh atau tidak dibangun sebagaimana kita mohon. gw mohon untuk dibangun sebagai rumah tinggal. KRK sendiri bikinnya ada tahapan nya juga…meskipun lebih mudah. Datang aja ke counter pelayanan di kantor kecamatan..bawa (1) copy sertifikat, (2) pbb dan bukti bayar (3) copy KTP…dan isi formulir. Isi no hp yang bisa dihubungi..karena proses selanjutnya adalah ukur tanah kita. Mereka akan call hp ..biasanya mendadak, pagi call mo ngukur siang ini…he.he.he..jadi pastikan juga ada orang di lokasi. Ngukurnya rada serius..perlu masuk ke dalam lokasi untuk ukur lebar dan panjang tanah…

Biaya gak ada di counter..nanti ditelfon tukang ukur..sekitar 2-3 hari.  gw sih kasih ganti bensin mereka..dateng berdua..siang siang panas…rela 10000% gw. jangan lupa minta no hp tukang ukurnya.

dah gitu tunggu lagi…proses 2 minggu janjinya…yang ada dah 2 minggu gak ada kabar. Gw telfon aja tukang ukur yg waktu itu. Eh disampaikan ke temannya..dan 5 menit kemudian temannya telfon..sudah jadi !! ajaib deh..untung aja gw minta telp tukang ukurnya..kalo nggak kan terpaksa harus ke kecamatan lagi ya..untuk nanya aja.

Besoknya gw ambil..bukan di counter umum tapi langsung ke ruangan bagian Tata Ruang kantor kecamatan. disana diberi wejangan..kalo tanah gw hampir gak diijinkan..(kenapa ya? perasaan gw sih baik baik aja..semua syarat dipenuhi..) untung aja boss nya baik..he.he.he..coba kalo kayak ini pak ..dia kasih liat KRK yang isi nya DITOLAK..gw sih segera bilang terima kasih pak sudah membantu..pesan sudah dimengerti dan diterima dengan baik…untung gw dah bawa duit di amplop. diserahkan KRK nya..gw serahkan amplopnya…rela juga..tapi kenapa harus mengirim pesan yak..he.he.he…

Jadi bikin KRK itu seharusnya gratis, makan waktu 2-3 minggu aja. syarat mudah..tapi kalo gak sertifikat petugasnya bilang gak dikasih ngurus IMB. Dua tahun lalu SK dari kepala BPN sudah bisa buat ngurus imb….sekarang tidak bisa lagi. harus sertifikat HGB ato HM.

Kedua, urus imb online.

syarat dan tata cara bisa diliat di link ini :

http://dppb.jakarta.go.id/beranda/files/Panduan%20Pengguna%20IMB%20Online.pdf

lengkap, step by step dan sangat jelas buat gw. Pas buka aplikasinya..wedeh..inggris semua istilahnya..pake Oracle business process segala…rada gak jelas sih stepnya..dan gak user friendly.  tentu kita harus daftar jadi user dulu…kalo dah daftar baru bisa daftar imb online nya. tengah malam juga uploadnya gak masalah. secara umum websitenya lancar..hanya gak jelas aja di dalam kita suruh ngapain abis itu gimana..intinya mo upload dokumen dokumen yang disyaratkan..

Gambar rumah versi IMB..nah ini yg selalu problem. Gw sih call aja tukang gambar yg dulu..kasih KRK nya..lalu dia gambarin. Supaya gak beda jauh, gw kasih juga gambar arsitek untuk rumah gw..jadi dia yg sesuaikan dengan peraturan KRK dan kebiasaan yang berlaku. Terutama untuk koefisien yg boleh dibangun..cuma 60%..lalu jarak dari jalan…gak boleh terlalu maju. ada batasnya tuh. Gambar skrg harus format digital..jadi autocad plus dikasih pdf juga. Tukang gambarnya bilang sekarang harganya naik..he.he..tahun lalu masih 800 ribu ..sekarang 1.5 Juta. ya sudahlah..yg penting jadi dan memenuhi syarat.

setelah upload..besoknya dapat notifikasi di e-mail..kalo dokumen gak lengkap. Kurang dokumennya. Yang kurang dokumen Surat Permohonan IMB lalu Surat Pernyataaan Tidak Sengketa nya tidak standar…harus ikut format mereka. Masalahnya di web itu gak tersedia ini formulir..ada contoh tapi dah diisi..masa harus nyalin lagi ya?

Browsing dikit..ada ternyata di website dinas nya:

http://dppb.jakarta.go.id/beranda/semua-download.html

Ya sudah..tinggal diisi..scan..lalu upload lagi. Sudah canggih sih mekanisme kerjanya..keliatan di log nya..siapa yang meriksa dokumen..lalu komentarnya apa..dan otomatis diimel ke kita…sudah gw upload perbaikan yg diminta..dan sekarang tinggal menunggu…berapa lama realisasinya dari janji yg kurang dari satu bulan itu…semoga lancar.

krk nomor 6
KRK dari tata ruang

Lama gak kedengeran permohonan IMB nya…kalo kita coba coba explorasi itu web nya..kelihatan memang prosesnya…jadi ada yg lagi periksa dokumen. kalo kurang diberitahu via email…lalu kita lengkapi dengan upload. selesai..kita lihat lagi..terakhir tanggal 24 november keliatan bahwa sudah ok verifikasi dokumen pendukung. Jadi diterbitkanlah Surat Keterangan Retribusi Daerah (SKRD) untuk IMB..nilainya 100 ribu dan dibayar di bank DKI.
SKRD ini kalo kita lihat di web nya sudah terbit..kita harus ambil sendiri ke kecamatan..ketemu dengan bagian IMB tentunya. Lalu kita setor ke bank DKI..halaman 1 yang sudah dicap untuk kita, sisanya untuk bagian IMB lagi.

Halaman satu nya lalu kita upload lagi di web dengan nomor pendaftaran kita yg awal..lalu tunggu lagi respond dari bagian IMB nya. Jangan lupa pada bagian komentar kita isi…aku isinya: SKRD sudah dibayar, bukti sudah diupload.

Selanjutnya, rajin rajin berkunjung ke web nya..yg paling gampang sih bookmark aja alamatnya..jadi waktu pendaftaran pertama mereka kirim email ..nah dari email ini kita berkunjung ke webnya..lalu dibookmark khusus nomor pendaftaran kita. ini jauh lebih mudah.karena kalau cari sendiri..lalu log in ..ribet

Muncul lagi komentar SKRD sudah divalidasi….dan akhirnya muncul komentar SK IMB sudah bisa diambil. Segera bergegas ke bagian IMB pagi pagi..bawa semua dokumen ASLI yang kita upload ke web tadi. Sertifikat, PBB, KRK, Peta…cukup ditunjukkan ke bagian IMB..lalu disuruh tanda tangan..jadi deh IMB nya.

Ini pendapatku pribadi  tentang web nya..Asli gak paham gimana bisa sih web untuk pelayanan kacrut begini. Gak informatif sama sekali…dan lebih sering down dari pada normalnya. …Mau cek status aja gak ngerti gimana caranya..yg paling jelas kalau mau daftar saja..ada petunjuk dalam versi pdf. Sisanya…bener bener kurang informatif. Jadi sabar aja..klik aja semua buat nyoba..

Jadi dari 22 Oktober pertama daftar online..jadinya tanggal 14 Desember..alias  hampir 2 bulan ato 6 minggu lah… Gak jelek jelek banget sih..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s