renovasi 3 kos kos an

Tadinya ini rumah pak Iyan, lalu gw beli. Lagi perlu uang, dijual…eh gak ada yang mau beli. Soalnya kondisinya jelek banget, lalu ada lantai 2 yang tanggung, belum dibangun. Jadi setelah Sertifikat HGB nya jadi…gw pikir mending bangun kos kos an aja lah. Kali aja bisa dijual kalo sudah seperti tempat kos. Ternyata benar. Harga jualnya lebih tinggi malah dibandingkan harga yang ditawarkan untuk dijual dulu..plus biaya bangun. Rupanya pembeli lebih suka lihat barang yang sudah jadi, siap operasi ya.

Materialnya serba murah tentunya. Biar cepat, dindingnya pake Hebel dari toko bangunan lokal aja. Lalu atap pakai asbes, plafon triplek tipis. WC nya closet jongkok aja, karena WC di luar juga kok. Ini jadinya 17 kamar. Depannya pintu plus Jendela buka. Belinya di Mas Wignyo..murah meriah. Dindingnya bahkan tidak diplester lagi..karena sudah rata Hebel, tinggal diaci aja langsung. Yang paling teringat itu lantainya. Ada diskon malam malam di Mitra 10. Dapat lantai keramik 40×40 KW P alias KW yang paling paling rendahnya.

Ini pelajarannya banyak. pertama harus sabar sama tukang. Pagi pagi gw minta kepala tukangnya untuk bikin pegangan tangan pagar balkon, karena nanti siang tukang las nya akan datang. Mungkin cara nyuruhnya salah kali ya..dia  hilang gengsinya didepan para anak buahnya. Gw ke kantor..jam 10 an mereka minggat semua. Gila dah..ditinggal gitu aja. Gw call HP nya gak diangkat lagi. Tapi gpp juga deh..kerjaannya jorok, gak rapih. Tapi paling ngga musti istirahat seminggu dulu..nyari grup tukang baru.

foto buncit 1 foto buncit 2 foto buncit 3

Advertisements

2 thoughts on “renovasi 3 kos kos an

  1. Vicky

    Pak, mau nanya gimana caranya dinding hebel langsung diaci tanpa perlu diplester? Berbagi donk ya Pak, saya juga lagi mau bangun rmh dgn dana terbatas. Hebel bapak merek apa? Tks banyak Pak.

  2. pahalanainggolan Post author

    ya biasa saja..sehabis hebel dipasang..dibersihkan nat nya..ato sambungan antar hebel..baru diaci yang agak tebal. supaya lebih mudah lagi, pasang hebelnya pakai thin bed..jangan semen pasir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s