Mendadak beberapa hari ini, air panas untuk mandi kadang bisa nyala, kadang mati. jam nya juga gak tentu..paling sering malam mati, padahal lagi mo dipakai. Seperti biasa, karena ini pakai gas alam..dugaannya tekanan gas lagi rendah, makanya mati hidup. Tapi ini sudah seminggu, kok masih gak ada perbaikan..malah lebih sering matinya dari hidup. Apalagi kalo malam..sudah hampir pasti mati. Kayaknya ini bukan tekanan gas alam dari saluran distribusinya yang salah nih..

Mulai aja dulu dari yang paling gampang. ganti baterai. cek dulu..ternyata pergantian terakhir tahun 2017.. sudah dua tahun yang lalu. baterainya pakai ukuran seperti ini dan butuh 2. Kalau mau lebih lama, mungkin pakai yg alkaline ya. tapi hanya ini yang ada di rumah..ya pakai ini saja lah.

Pemanas airnya pakai yang sejuta umat..wasser 506A tapi ada tambahan kata LNG..ini buat yang pakai gas alam. jadi agak beda sedikit dengan yg pakai gas elpiji ya…kalau kata teknisinya dulu..gas alam ini lebih rendah lagi tekanannya ..jadi perlu penyesuaian kalo pakai water heaternya gas yang biasa. jadi bagusnya cari serie yang buat gas alam aja sekalian…gak usah  ganti perangkat spuyer gasnya..Dulu pakai Paloma yang buat serie normal..alhasil harus ganti spuyer ato apa namanya..karena itu tadi, gas alam relatif lebih rendah tekanannya.

Satu lagi, ada suara kayak meleduk kalo pemanasnya bekerja normal..ini kata teknisinya: jangan disetel habis..maksimum panasnya..tandanya kalau bunyi meleduknya keras..itu malah gak terlalu bagus. jadi water heaternya setelan panas medium aja..di angka 3. kalo dinyalakan air panasnya..bunyi meleduknya halus…

Ini heater perlu tekanan air yg cukup kuat dan stabil..makanya setelah air dari jetpump..naik ke tanki penampung..turun lagi dan didorong sama pompa 125 watt panasonic..ke water heaternya. ini kayaknya sangat cukup tekanannya..dan seperti biasa, water  heater gas ini harus ditaruh di luar ruangan..karena ada api nyala..untuk memanaskan air….jadi ada jelaga nya nanti..perlu udara terbuka.

Baterainya ada dibawah sebelah kanan. terbungkus casing plastik. jadi harus diputar dulu ..nanti terbuka. setelah terbuka, pakai obeng plus..untuk melepas casing plus baterainya. jangan lupa lepaskan sambungan kabelnya. Sesudah baterai diganti..pasang lagi sambungan kabelnya..dan dikuatkan sekerup plus nya.tutup casing dan selesai.

Manjur ternyata..jadi kurang lebih 2 tahun..baterai sudah minta ganti rupanya..